7 Tanda Anak Anda Memasuki Usia Threenager

11 May 2018

Usia Threenager merupakan suatu istilah untuk mendeskripsikan anak yang spesifik berusia tiga tahun yang ajaibnya memiliki perilaku seperti remaja berusia 13 tahun.

Bagi Anda yang saat ini memiliki anak berusia rentang tiga tahunan kemungkinan besar pernah menemui kondisi di mana anak sangat cepat sekali berubah keputusan, keras kepala, dan bila sedang menginginkan sesuatu, dia harus mendapatkannya secara cepat.

Menurut Nessi Purnomo, seorang psikolog Rumah Sakit Panti Rapih, seorang anak usia threenager sedang ingin memberitahu kepada dunia bahwa dia bisa melakukan banyak hal secara mandiri. Bila di usianya yang dua tahun, anak banyak meminta bantuan orang tua atau orang lain di sekitarnya, saat berusia tiga tahun, anak ingin melakukannya sendiri.

Berikut merupakan beberapa situasi kalau Anda benar-benar sedang serumah dengan anak usia threenager.

  1. Anda sudah memasak menu roti sarapan anak dengan bentuk yang biasa dia mau, misal bentuk hati. Ketika dihidangkan, ternyata anak menginginkan bentuk bintang. Seketika itu juga Anda menggantinya dengan bentuk bintang. Di tengah proses menggantinya, anak meminta kembali bentuk hati yang di awal sudah disiapkan
  2. Banyak hal yang biasanya anak menurut ketika Anda meminta tolong padanya, sekarang dia lebih banyak menolak
  3. Pernah bernegosiasi dengan anak? Ya, Anda tak sendirian. Anda tiba-tiba seolah sedang berhadapan dengan ahli negosiasi paling jago sedunia
  4. Anak ingin melakukan segala sesuatunya sendiri. Bahkan termasuk pergi ke rumah tetangga yang termasuk jauh untuk anak
  5. Ketika memilihkan sesuatu, misal baju untuk anak Anda pakai, kemungkinan besar pilihan Anda tidak sesuai dengan seleranya
  6. Bila tidak ada aturan rumah yang jelas, anak akan menonton televisi atau bermain gawai seharian
  7. Tidur merupakan aktivitas harian yang sepertinya menjadi kurang menyenangkan bagi mereka. Pernah menemani mereka lebih dari 30 menit, tetapi energi mereka masih saja ada?

Apakah Anda sedang mengangguk-anggukkan kepala saat ini?

Tenang, berikut merupakan tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi anak usia threenager.

Melakukan semuanya bersama

Usia Threenager

orami.co.id

Anda bisa membuat anak tiga tahun menjadi lebih bekerja sama dengan banyak terlibat dalam kegiatan atau permainannya sehari-hari. Dengan menemaninya, anak akan memahami bahwa dirinya sudah setara dengan orang tuanya, memberitahu dunia bahwa dia bukan anak kecil lagi. Perasaan ‘aku bukan anak kecil lagi’ akan memudar karena orang tua terlibat bersamanya, bukan menyuruh belaka.

Santai dalam menghadapinya

Usia Threenager

blog.medel.com

Cara klise yang sangat ampuh menghadapi situasi apa pun termasuk pada anak usia threenager. Konsep santai di sini tentunya tidaklah mudah, mengingat kita tak pernah tahu kapan anak ‘mengetes’ ketenangan Anda.

Ketenangan yang Anda usahakan akan klop dengan aturan kesepakatan bersama yang ditegakkan dengan baik. Tegak berarti konsisten. Anak usia threenager berpolah, itu wajar. Tapi apabila ada aturan terlanggar, Anda sebagai orang tua harus tegas mengingatkannya.

Memberikan “kebebasan”

Usia Threenager

merries.co.id

Anak tiga tahun memiliki kesulitan untuk menyatakan apa yang dimau karena kadang berseberangan dengan apa yang orang tua inginkan. Hal ini menyebabkan anak dan orang tua sering terlibat pertengkaran yang kurang penting.

Threenager memiliki ide-ide yang menurut mereka penting. Ketika berseberangan dengan keinginan orang tua, cek seberapa penting keinginan Anda untuknya. Bila hanya tentang pakaian atau hal-hal kecil lainnya, biarkan anak bebas memilih. Batasan paling mudah untuk diterapkan adalah, apakah pilihan anak membahayakan atau tidak.

Separah-parahnya perilaku dan kondisi anak tiga tahun, dia tetap anak Anda. Yang dulu dinanti-nanti kelahirannya, yang hampir selalu Anda timang-timang kehadirannya. Usia threenager akan lebih mudah dilewati dan nikmati, ketika Anda memahami itulah kondisi anak seutuhnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
5 Tips Sukses Toilet Training AnakKurangi Risiko Jajan di Luar, Ini Resep Camilan Sehat untuk Anak Usia 2-6 Tahun

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!