6 Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

18 November 2017

Kesehatan si kecil menjadi salah satu hal utama yang harus mendapatkan perhatian lebih dari orang tua. Bukan hanya dari segi makanan dan minuman yang dikonsumsi saja, pola tidur anak pun harus diperhatikan. Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa ternyata ada banyak manfaat tidur siang yang baik untuk tumbuh kembang si kecil.

Mulai sekarang, yuk biasakan si kecil untuk tidur siang, minimal 2 jam saja setiap harinya agar tubuh si kecil bisa merasakan 6 manfaat tidur siang berikut ini:

Tidur Siang akan Membuat Anak Menjadi Lebih Cerdas

Membuat Anak Lebih Cerdas - Men's Health

Membuat Anak Lebih Cerdas – Men’s Health

Saat si kecil tidur siang, otak akan melepaskan Growth Hormone atau Hormon Pertumbuhan yang akan merangsang pertumbuhan tubuhnya. Hormon ini akan melebur dan saling bekerja sama dengan hormon-hormon lainnya pada tubuh, sehingga selain pertumbuhan fisik, kinerja otak pun akan meningkat, sehingga si kecil akan menjadi lebih cerdas.

Meningkatkan Kreativitas Si Kecil

Meningkatkan Kreatifitas - The Creativity Post

Meningkatkan Kreatifitas – The Creativity Post

Selain lebih cerdas, ternyata tidur siang juga berpengaruh terhadap tingkatan kreativitas si kecil. Beberapa ahli syaraf mengatakan bahwa anak-anak yang terbiasa tidur siang akan mampu menciptakan karya dan mengusulkan ide yang lebih cemerlang dibandingkan dengan mereka yang hanya tidur malam. Pastinya, Bunda juga ingin si kecil lebih cerdas dan kreatif, kan? Biasakan ia untuk selalu tidur siang ya.

Membuat Si Kecil Merasa Lebih Bahagia

Membuat Lebih Bahagia - Vix

Membuat Lebih Bahagia – Vix

Manfaat tidur siang lainnya adalah si kecil akan terbangun dengan perasaan bahagia. Tidur siang merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi stres. Anak yang jarang tidur siang akan terlihat lemas dan kurang bersemangat. Hal ini disebabkan karena mereka banyak menghabiskan waktu untuk bermain saja, sementara tubuh juga perlu beristirahat total meskipun di siang hari.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Epochtimes.com

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh – Epochtimes.com

Salah satu penyebab berkurangnya daya tahan tubuh adalah karena kurang tidur. Tentunya, si kecil akan mudah terserang penyakit jika daya tahan tubuhnya lemah. Terlebih lagi, si kecil pasti melakukan banyak aktivitas setiap harinya. Jika ia tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, tubuhnya akan menjadi kurang fit dan segala jenis penyakit pun akan mudah menyerang.

Si Kecil akan Lebih Mudah Mencerna Informasi

Mudah Mencerna Informasi - Parents Magazine

Mudah Mencerna Informasi – Parents Magazine

Meningkatnya konsentrasi dan mudah mencerna informasi menjadi manfaat tidur siang lainnya. Tidak hanya tubuh, otak juga perlu beristirahat, dan hal ini hanya bisa didapatkan jika si kecil terlelap. Saat terbangun, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih segar, dan hal ini akan membantu meningkatkan konsentrasi dan membuat si kecil lebih mudah mengingat dan mencerna segala informasi yang diperolehnya.

Mengembalikan Energi dan Stamina Tubuh

Mengembalikan Stamina Tubuh - The Soccer Mom Blog

Mengembalikan Stamina Tubuh – The Soccer Mom Blog

Di usianya yang masih sangat belia, si kecil pasti selalu ingin menghabiskan waktu dengan bermain. Namun, ia juga pasti merasa lelah. Jika tidak diimbangi dengan tidur yang cukup, tubuh si kecil akan lemas karena energi dan stamina yang ia gunakan untuk bermain tidak terganti. Oleh karena itu, Bunda bisa membatasi waktu bermain si kecil dan mengajaknya tidur siang untuk mengembalikan energi tubuhnya.

Masih banyak manfaat tidur siang lain yang bisa si kecil dapatkan, seperti mencegah terjadinya obesitas dini, melatih anak menjadi lebih disiplin, dan mengembalikan suasana hatinya menjadi lebih baik. Semakin beranjak dewasa, anak akan semakin sulit mendapatkan waktu untuk tidur siang karena padatnya rutinitas yang harus mereka jalani, mulai dari sekolah, tambahan pelajaran, beragam kegiatan ekstrakuliler, dan lain-lain.

Leave a reply
6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Saat Musim Hujan TibaAnak Terlalu Pasif? Berikut 5 Kursus Untuk Anak Pemalu

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!