5 Tips Mengatasi Anak Rewel di Kendaraan Umum

25 April 2019

Bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, membawa anak-anak bepergian dengan kendaraan umum bisa menjadi mimpi buruk. Selain bisa mengganggu kenyamanan orang lain, anak rewel juga akan membuat Anda sulit beristirahat saat menempuh perjalanan jauh.

Mengatasi anak rewel di kendaraan umum bukanlah hal sepele. Kondisi ruangan yang sempit dan serta rasa tidak nyaman karena berada terlalu lama di kendaraan bisa membuat Anda kesulitan untuk menenangkan si buah hati.
Untungnya, ada 5 tips yang bisa Anda praktikkan guna mengatasi masalah ini, yaitu:

1. Bawa Benda Kesayangan Anak

Anak Rewel

pixabay.com

Anak-anak pada umumnya memiliki benda kesayangan yang mampu menenangkan mereka, mulai dari boneka, mainan, hingga bantal kesayangan. Bawalah benda tersebut saat bepergian bersama anak di kendaraan umum, tapi jangan sampai anak tahu bahwa Anda membawanya. Ketika mereka mulai rewel, Anda bisa mengeluarkan benda kesayangan mereka sebagai ‘senjata rahasia’. Anda pun bisa mengganti benda-benda tersebut dengan hal lain yang mereka sukai, misalnya permen atau camilan ringan favorit.

2. Ajak Anak Berinteraksi

Anak Rewel

pexels.com

Anak-anak merupakan makhluk yang sangat mudah bosan tapi juga mudah untuk dialihkan. Untuk itu, cobalah ajak anak Anda berinteraksi saat ia mulai rewel dan merengek. Cara ini cukup ampuh untuk mengalihkan perhatian mereka.
Apabila anak rewel, alih-alih menyuruh mereka untuk diam, cobalah untuk memulai percakapan yang menarik. Pilihlah topik percakapan yang berhubungan dengan hal kesukaan si kecil. Misalnya, jika anak Anda menyukai mobil-mobilan, Anda bisa mengajaknya menghitung mobil-mobil yang lewat di jalan.

3. Bepergian di Malam Hari

Anak Rewel

pixabay.com

Apabila Anda hendak bepergian dalam jarak jauh bersama anak-anak, mengambil waktu keberangkatan di malam hari adalah pilihan yang paling aman. Anak dikenal sebagai makhluk yang sangat terikat pada kebiasaan biologisnya. Oleh sebab itu membawanya bepergian di malam hari akan memudahkan Anda untuk menidurkannya di dalam mobil.
Sebagai saran, bawalah selimut yang cukup tebal saat bepergian malam. Sebab keadaan di dalam kendaraan jauh lebih dingin daripada di siang hari.

4. Gunakan Kendaraan Berpendingin Ruangan

Anak Rewel

pixabay.com

Jika Anda berangkat di pagi atau siang hari, menggunakan kendaraan umum berpendingin ruangan adalah hal yang wajib dilakukan agar si kecil merasa nyaman. Kondisi kendaraan yang panas dapat membuat anak mudah rewel dan mengganggu kenyamanan penumpang lain. Selain itu, kondisi yang panas juga bisa menyebabkan anak mabuk kendaraan.
Meskipun berangkat di siang hari, sebaiknya tetap siapkan jaket untuk anak. Pendingin ruangan kendaraan berada di ruang tertutup, hal tersebut membuat suhu di dalam mobil menjadi sangat dingin.

5. Posisikan si Kecil di Dekat Jendela

Anak Rewel

pixabay.com

Anak kecil jauh lebih tenang apabila ditempatkan di dekat jendela. Pemandangan jalan yang unik dan dipenuhi kendaraan yang berlalu-lalang akan membuat perhatian mereka teralihkan sehingga tidak mudah rewel.
Apabila Anda tidak mendapatkan kursi di dekat jendela, cobalah untuk meminta anak berdiri menghadap ke depan. Cara ini sangat efektif untuk membuat si kecil merasa lebih ceria sehingga ia tidak mudah rewel.

Demikianlah ulasan mengenai 5 tips mengatasi anak rewel di kendaraan umum. Mempraktikkan tips-tips tersebut jauh lebih baik daripada memarahi anak di depan umum. Seiring dengan kemajuan zaman, moda transportasi yang ada di Indonesia kini sudah semakin baik dan nyaman untuk digunakan. Hal ini jelas dapat mengurangi risiko anak rewel saat bepergian, terutama saat menempuh jarak jauh.

Leave a reply
4 Mitos Seputar Kesehatan Anak yang Salah Kaprah5 Trik Membuat Anak Bersemangat untuk Pergi Sekolah

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!