5 Tahap Mengajari Anak Mencuci Baju Sendiri

4 November 2017

Sebagai Ibu, Bunda tentu memiliki segudang pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, seperti membersihkan rumah, mencuci pakaian, sampai mengurus semua keperluan Ayah dan si kecil. Namun, tidak ada salahnya kok mengajari anak mencuci baju, supaya si kecil bisa meringankan tugas Bunda. Selain itu, mencuci baju sendiri akan membuat si kecil memiliki sifat mandiri dan bertanggung jawab serta mengurangi sifat manja mereka sebagai anak-anak.

Bunda mungkin akan merasa kesulitan ketika mengajari si kecil mencuci pakaian. Terlebih jika si kecil tidak menyukai kegiatan tersebut. Bunda dituntut untuk ekstra sabar saat melatih si kecil. Agar tidak terasa sulit, gunakan 5 tahap berikut ini ketika Bunda mengajari anak mencuci baju sendiri:

 Ajari Si Kecil Memisahkan Pakaian yang Akan Dicuci

Ajari Si Kecil Memisahkan Pakaian yang Akan Dicuci - magazine.orami.co.id

Ajari Si Kecil Memisahkan Pakaian yang Akan Dicuci – magazine.orami.co.id

Tahap awal mengajari anak mencuci baju bisa dimulai dari mengajari si kecil memisahkan mana baju yang luntur dan tidak. Hal ini penting untuk mencegah baju yang luntur mengenai baju-baju lainnya. Pakaian yang luntur misalnya celana jin atau batik. Bunda juga perlu memberitahu si kecil untuk memisahkan baju berwarna putih dalam ember cuci lain dan memberikan pemutih agar warna pakaian tidak memudar.

Lanjutkan dengan Mengajari Merendam Pakaian

Lanjutkan dengan Mengajari Merendam Pakaian - healtheconnect.bannerhealth.com

Lanjutkan dengan Mengajari Merendam Pakaian – healtheconnect.bannerhealth.com

Setelah si kecil mengetahui bagaimana memisahkan pakaian yang akan dicuci, selanjutnya Bunda bisa mengajarinya bagaimana merendam pakaian. Si kecil mungkin bertanya mengapa pakaian harus direndam terlebih dahulu sebelum dicuci. Sembari merendam, Bunda bisa menjelaskan pada si kecil jika merendam pakaian bertujuan untuk menghilangkan noda dan membuat pakaian lebih bersih.

Waktu yang dibutuhkan untuk merendam pakaian maksimal adalah 1 jam. Jika terlalu lama, pakaian justru akan menjadi bau. Beritahu si kecil tidak perlu menghabiskan banyak detergen untuk merendam pakaian, karena akan menyebabkan pakaian harus dibilas berulang kali. Cukup satu sendok atau tutup botol detergen untuk satu ember atau maksimal 20 potong pakaian.

Berikan Contoh Bagaimana Mengucek atau Menyikat Pakaian

Berikan Contoh Bagaimana Mengucek atau Menyikat Pakaian - 1.bp.blogspot.com

Berikan Contoh Bagaimana Mengucek atau Menyikat Pakaian – 1.bp.blogspot.com

Langkah selanjutnya saat mengajari anak mencuci baju adalah memberi contoh cara mengucek atau menyikat pakaian. Namun, Bunda perlu memberitahu si kecil terlebih dahulu jenis pakaian yang mana yang harus disikat, misalnya pakaian berbahan jin. Sementara kemeja dan kaus cukup dikucek. Sambil mengucek, Bunda juga bisa mengajak si kecil bermain gelembung sabun.

Ajarkan Bagaimana Caranya Membilas Pakaian

Ajarkan Bagaimana Caranya Membilas Pakaian - d3t543lkaz1xy.cloudfront.net

Ajarkan Bagaimana Caranya Membilas Pakaian – d3t543lkaz1xy.cloudfront.net

Pakaian yang telah dikucek selanjutnya harus dibilas. Umumnya, proses pembilasan dilakukan dua kali untuk menghindari penggunaan air yang terlalu banyak. Pada pembilasan tahap pertama, kucek pakaian di dalam ember yang sudah terisi dengan air bersih. Pakaian yang sudah dibilas kemudian dipindahkan ke ember lain yang sudah diberi pengharum untuk pembilasan kedua.

Ajak Si Kecil Belajar Menjemur Pakaian

Ajak Si Kecil Belajar Menjemur Pakaian - learning4kids.net

Ajak Si Kecil Belajar Menjemur Pakaian – learning4kids.net

Menjemur pakaian bisa menggunakan gantungan baju atau penjepit agar pakaian basah yang dijemur tidak jatuh saat tertiup angin. Pada tahap ini, Bunda bisa mengajari si kecil bagaimana cara menggunakan gantungan baju dan menjepit pakaian yang benar saat menjemur.

Selain secara manual atau disikat, Bunda juga bisa mengajari anak mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci. Cara ini memang dinilai lebih menghemat tenaga dan waktu jika dibandingkan dengan mencuci pakaian secara manual. Akan tetapi, karena mesin cuci merupakan alat elektronik yang membutuhkan listrik, sebaiknya jangan ajari si kecil mencuci dengan mesin cuci sampai ia berumur 7 tahun agar si kecil terhindar dari bahaya kesetrum.

Leave a reply
Trik Mudah untuk Memupuk Kepedulian Terhadap Lingkungan pada AnakBermain atau Belajar? Inilah Strategi Mengatur Waktu yang Tepat
All comments (1)
  • IDN Live
    28 October 2019 at 18:35

    Nice article, waiting for you next article

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!