5 Obat Batuk Alami untuk Si Kecil

22 December 2017

Cuaca yang tak menentu membuat tubuh si kecil rentan terserang berbagai penyakit, mulai dari radang tenggorokan, batuk, pilek, diare, hingga tifus dan demam berdarah. Oleh karena itu, orang tua harus selalu waspada dan memperhatikan kesehatan si kecil juga keluarga. Meskipun sepele, batuk menjadi penyakit musiman yang tak bisa dianggap remeh. Namun, tak harus ke dokter, Ayah Bunda bisa memanfaatkan bahan-bahan di dapur untuk membuat obat batuk alami.      

Mengunjungi dokter saat si kecil terserang penyakit bukan menjadi hal yang salah, karena Bunda pasti ingin si kecil segera sehat kembali. Namun, mengonsumsi obat-obatan generik tidak terlalu bagus untuk kesehatan ginjal. Sebaliknya, obat-obatan dari bahan alami tak memberikan efek samping dan pengaruh berbahaya lainnya untuk tubuh. Bunda bisa membuat obat batuk alami berikut untuk meredakan batuk si kecil:

Jeruk Nipis

obat batuk alami

dedaunan.com

Meskipun berukuran kecil, buah jeruk nipis memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh, seperti meringankan batuk kering dan menjaga daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan karena buah berwarna hijau dengan rasa asam ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Cara membuat obat batuk alami dari bahan jeruk nipis ini sangat mudah. Cukup siapkan segelas air putih hangat, dan peraskan jeruk nipis. Lalu aduk hingga tercampur dan minumkan pada si kecil. Bunda juga bisa mengganti air putih hangat dengan teh tawar.

Jahe dan Kencur

obat batuk alami

4.bp.blogspot.com

Tak hanya sebagai bumbu penyedap masakan, jahe dan kencur ternyata juga berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan meredakan batuk, masuk angin, serta pilek yang mengganggu. Bunda bisa memilih salah satu dari kedua bahan tersebut untuk membuat obat batuk alami. Apabila menggunakan jahe, Bunda bisa merebus jahe merah hingga mendidih. Berikan air rebusan tersebut pada si kecil. Agar lebih nikmat, Bunda bisa menambahkan susu atau madu.

Meracik kencur menjadi obat batuk alami juga tak sulit kok. Cukup parut kencur secukupnya, peras, dan ambil airnya. Agar rasanya tidak perlalu pekat di lidah si kecil, Bunda bisa menambahkan air, garam, dan sedikit madu.

Kunyit

obat batuk alami

hellosehat.com

Sama halnya dengan jahe maupun kencur, kunyit pun tak hanya bisa melezatkan masakan, tetapi juga ampuh untuk menyembuhkan batuk. Bahkan, dibalik rasanya yang asam dan sedikit pahit, bahan alami ini juga berfungsi untuk mengurangi bau badan tak sedap dan memperlancar menstruasi pada wanita.

Untuk membuatnya, Bunda cukup siapkan satu atau dua buah kunyit. Cuci sampai bersih, lalu potong menjadi beberapa bagian dan rebus hingga mendidih. Diamkan sebentar sampai airnya cukup hangat sebelum diminumkan pada si kecil. Tambahkan madu atau susu untuk mengurangi rasa asam dan pahit yang mungkin asing di lidah si kecil.

Madu dan Lemon

Madu dan Lemon - aws-dist.brta.in.com

obat batuk alami

Obat batuk alami berikutnya adalah madu dan lemon. Baik madu maupun lemon sama-sama mampu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan. Bunda pun bahkan tak perlu repot meraciknya karena madu bisa langsung dikonsumsi kapan saja. Agar hasilnya lebih maksimal, campurkan madu dan perasan lemon bersama dengan segelas air atau teh tawar hangat.

Daun Sirih

obat batuk alami

cdn.idntimes.com

Tak hanya mampu mengatasi berbagai masalah mulut, daun sirih juga memiliki manfaat sebagai obat batuk alami. Cukup siapkan 5 lembar daun sirih dan satu buah jeruk nipis, haluskan daun sirih dengan segelas air, lalu saring dan tambahkan perasan jeruk nipis sebelum diminum. Siapkan madu untuk mengurangi rasa pahit di lidah si kecil.

Nah, itu dia 5 obat batuk alami untuk si kecil. Semoga bermanfaat!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
5 Menu Sarapan Sehat untuk Mengawali Aktivitas Si Kecil4 Kebiasaan yang Mendukung Proses Tumbuh Kembang Anak

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!