5 Kiat Sederhana Mengajari Anak Memakai Baju Sendiri

25 September 2017

Menginjak usia tiga tahun, rasa ingin tahu anak pasti akan semakin berkembang. Jadi, jangan heran jika mereka senang menyentuh benda apa pun yang berada di dekatnya tanpa mengetahui apa yang sedang dipegangnya. Atau ingin mencoba apa saja yang menarik perhatiannya, seperti memakai baju. Sebagai orang tua, Anda tentunya perlu mengajari anak memakai baju sendiri ketika mereka mulai menunjukkan ketertarikan pada hal tersebut.

 

Ternyata, aktivitas ini sangat penting untuk mengasah kemampuan motorik si kecil. Selain itu, bisa memakai baju sendiri akan menumbuhkan kemandirian pada diri si kecil. Agar semakin mahir, yuk gunakan kiat sederhana berikut saat Anda melatih si kecil memakai pakaiannya sendiri.

 

Mulailah dengan Mengajari Si Kecil Memakai Kaus

Mengajari Si Kecil Memakai Kaus

Mengajari Si Kecil Memakai Kaus

Memang, semua yang baru pertama dilakukan oleh si kecil pasti akan terasa sulit bagi mereka. Termasuk ketika mengenakan pakaian. Anda bisa mengawalinya dengan mengajari anak memakai baju berbahan kaus. Setelah memasukkan kepala, tuntun si kecil untuk memasukkan tangan kanannya melalui lubang lengan, dilanjutkan dengan tangan kirinya. Jangan lupa untuk memberitahunya mana bagian depan dan belakang kaus, ya.

 

Lanjutkan dengan Mengajari Mereka Mengenakan Celana

Mengajari Si Kecil Mengenakan Celana

Mengajari Si Kecil Mengenakan Celana

Jika si kecil mulai bisa memakai kaus, kini saatnya Anda mengajari mereka untuk mengenakan celana. Sebaiknya, mulailah dengan celana pendek terlebih dahulu. Pintalah si kecil memegang tepi celananya dan memasukkan kaki kanannya ke lubang celana terlebih dahulu, disusul dengan kaki kirinya. Lalu, tuntun tangannya untuk menarik tepi celananya hingga ke pinggang.

 

Beritahu Si Kecil Cara Mengancingkan Kemeja

Beritahu Si Kecil Cara Mengancingkan Kemeja

Beritahu Si Kecil Cara Mengancingkan Kemeja

Kemeja jelas lebih rumit jika dibandingkan dengan pakaian berbahan kaus. Oleh karena itu, Anda harus ekstra sabar ketika mengajari anak memakai baju jenis ini, terutama saat mengaitkan kancingnya. Jika si kecil telah berhasil memasukkan kedua tangannya di lubang kemeja, tuntun mereka untuk memasukkan kancing ke dalam lubangnya secara berurutan. Beritahu dengan lembut jika si kecil memasukkan kancing ke lubang yang tidak tepat.

 

Mengajari Si Kecil Menarik Ritsleting

Si keci Memakai jaket

Si keci Memakai jaket

Kini, saatnya mengajari si kecil bagaimana menarik ritsleting ketika mengenakan celana jin atau jaket. Bagian yang paling sulit tentu ketika mengaitkan ujung kanan bawah dan kiri agar menyatu, sehingga saat ditarik ritsleting bisa terkait dengan sempurna. Oleh karena itu, tuntun kedua tangan si kecil untuk mengaitkan ujung ritsleting. Ulangi beberapa kali hingga si kecil berhasil melakukannya sendiri. Setelah itu, ajari mereka menarik dan menurunkannya.

 

Biarkan Si Kecil Memilih Pakaian Sendiri

Biarkan Si Kecil Memilih Pakain Sendiri

Biarkan Si Kecil Memilih Pakain Sendiri

Setelah berhasil mengajari anak memakai baju, Anda mulai bisa menerapkannya setiap kali si kecil akan berganti pakaian. Biarkan si kecil memilih sendiri pakaian yang akan mereka kenakan. Jika ternyata pakaian yang dipilih tidak sesuai, Anda bisa menasihatinya dengan memilihkan pakaian yang lebih tepat. Sebaiknya letakkan pakaian di tempat yang mudah dijangkau oleh si kecil.

 

Memang, Anda harus mengajari anak memakai baju secara rutin setiap hari, karena satu kali latihan pasti tidak akan langsung membuat si kecil bisa memakai bajunya sendiri. Tetap berikan arahan dan semangat setiap kali si kecil melakukan kesalahan dan terlihat ingin berhenti berlatih. Supaya lebih mudah, Anda bisa memberikan contoh pada si kecil, karena umumnya, anak cenderung meniru kebiasaan yang dilakukan orang tuanya.

 

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi saat si kecil berhasil memakai baju sendiri. Tidak perlu hadiah, pujian dari Anda sudah cukup untuk menjadi motivasi yang kuat. Dengan demikian, si kecil akan terus bersemangat untuk berlatih memakai pakaian sendiri.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Selempang atau Ransel, Manakah Tas yang Tepat untuk Si Kecil?5 Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!