5 Cara Memanfaatkan Gadget Untuk Mendidik Anak

20 February 2019

Gawai atau gadget identik dengan barang yang dapat membuat anak malas belajar. Namun apakah gadget selamanya memberikan dampak negatif bagi anak? Sebenarnya tidak lho, karena Anda bisa memanfaatkan gadget untuk mendidik anak.

Ya, gadget seperti ponsel atau tablet misalnya, pada dasarnya dibuat untuk mempermudah kehidupan manusia. Jadi, gadget untuk mendidik anak tentunya juga merupakan salah satu fungsi yang dapat dioptimalkan, bukan? Nah, jangan selalu berprasangka buruk terhadap benda ini, manfaatkan gadget untuk mendidik anak dengan cara-cara berikut:

Mengunduh aplikasi pelajaran

Di Play Store/App Store, ada banyak aplikasi belajar untuk anak berbagai usia. Nah, unduhlah aplikasi belajar sesuai dengan usia anak. Misalnya, apabila anak Anda kini berusia dua atau tiga tahun, maka Anda dapat mengunduh aplikasi belajar huruf atau kata.

Ada pula aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang pelajaran anak SD, SMP, dan juga SMA. Aplikasi-aplikasi ini bisa membantu anak dalam memahami pelajaran yang diberikan di sekolah dengan cara yang lebih interaktif dan dapat dipelajari di mana saja.

 

Mencari informasi di Internet

Gadget untuk mendidik anak juga dapat dioptimalkan fungsinya dengan cara menggunakan peramban dan mesin pencarian. Ada banyak lho, situs yang memberikan jawaban mengenai soal-soal pelajaran yang rumit atau video tentang rumus-rumus mata pelajaran tertentu.

Nah, dengan mengoptimalkan fungsi mesin peramban, Anda dan anak bisa mendapatkan berbagai informasi yang menunjang proses belajar mengajar di sekolah dengan mudah dan tak berbelit-belit. Namun, Anda harus pandai-pandai memilah mana informasi yang akurat, mana yang tidak, ya.

 

Mengunduh aplikasi tambahan

Bukan hanya mata pelajaran, ada banyak aplikasi yang menunjang bakat non-akademis anak, lho. Contohnya seperti aplikasi belajar menulis, belajar melukis, aplikasi belajar bahasa, atau aplikasi latihan coding. Semua itu dapat menjadi bekal bagi masa depan anak.

Meskipun dalam kurikulum sekolah beberapa hal tersebut tidak diajarkan, tetapi hal-hal itu akan sangat berguna bagi masa depan anak di kampus dan di dunia kerja. Tidak hanya pintar mengikuti pelajaran di sekolah, anak juga harus dibekali skill lain sejak dini.

 

Mengenal dunia

Dunia ini luas dan memiliki budaya yang beraneka ragam. Supaya menjadi individu dengan pemikiran yang terbuka, sudah seharusnya anak Anda diajak menyelami berbagai hal yang ada di dunia ini. Tidak, Anda tak harus mengajaknya keliling dunia bila dana Anda terbatas.

Anda bisa menyetel video-video tentang wisata di berbagai tempat dunia melalui Youtube misalnya. atau melihat gambar-gambarnya di Internet. Ingat, jangan lupa untuk tetap mengawasi anak supaya anak tidak membuka-buka laman atau video yang tak seharusnya dibuka olehnya.

 

Belajar berkreasi dengan software

Daripada menjadi konsumen, mengapa tidak ajarkan anak menjadi produsen lewat gadget? Ya, Anda dapat melakukan hal tersebut dengan cara mengajarkan anak bagaimana cara mengutak-atik gadget. Mulailah dengan cara-cara yang sederhana dan sesuai dengan usia anak.

Nah, hal ini akan sangat berguna lho bagi anak Anda di masa depan. Anak tidak hanya menjadi konsumen gadget yang pasif saja, tetapi anak Anda juga bisa menjadi kreator. Anak dapat memanfaatkan gadget untuk melakukan hal-hal produktif yang amat menunjang karir dan kehidupannya di masa depan.

Jadi, siapa bilang gadget tidak berguna? Selama Anda dapat mengarahkan anak dengan baik, maka anak pun dapat memanfaatkan gadget supaya di masa depan mereka dapat menjadi pribadi yang kreatif dan produktif. Nah, gunakan gadget untuk mendidik anak dengan baik ya.

Leave a reply
5 Hal yang Membuat Anak Tidak Suka Bergaul dan Cara MengatasinyaIni Dia 5 Cara Mengarahkan Anak ke Jurusan Kuliah Idaman Sejak Dini

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!