Wasir Pada Si Kecil? Lakukan Ini

13 April 2020

Saat ini sering sekali orang dewasa yang mengalami ambeien atau nama lainnya yang sering juga di sebut dengan wasir, tahukah anda bahwa wasir tersebut sebenarnya bisa terjadi pada bayi atau anak-anak dalam waktu tertentu.

Banyak orang tua yang masih belum sadar bahwa anak mereka tengah merasakan sakit saat buang air besar karena anak mereka mengalami ambeien tersebut, dan untuk membantu anda mengetahui hal tersebut dengan lebih baik, akan kami rangkumkan untuk anda dari kami.

Penyebab anak bisa mengalami wasir

Ambeien atau wasir biasanya terjadi dimana pembuluh darah pada anus menjadi besar atau bengkak dan juga mengalami peradangan, dan penyebab paling umum yang disebabkan adalah sembelit, hal tersebut karena kurangnya asupan serat dari sayur ataupun buah.

Ketika anda mengubah makanan anak anda dari makanan cair ke padat juga bisa menjadi pemicu anak mengalami sulit untuk buang air besar, transisi dari ASI ke susu formula juga bisa menjadi salah satu penyebab hal tersebut.

Ketika sembeli tidak ditangani secara serius, maka hal tersebut akan membuat anak mengalami hal tersebut terus menerus dan tentu saja membuat mereka merasa sakit atau kesulitan ketika sedang buang air besar.

Gejala

Selain beberapa hal yang ada di-atas, ada beberapa gejala yang anda bisa perhatikan dimana anak anda mengalami wasir, beberapa hal seperti adanya pendarahan ketika anak sedang membuang air besar atau adanya darah yang keluar menetes dari anus si kecil.

Ketika anak sedang buang air besar, maka dari anus si kecil akan keluar anus dan hal itu juga dibarengi dengan si anak merasa sakit saat buang air besar, setelah itu anda juga bisa memperhatikan tekstur feses si kecil yang keras dan juga kering, anak juga sering mengeluh rasa gatal atau nyeri di anus dan yang terakhir ketika anda memperhatikan anus si kecil, ada benjolan yang keluar dari anus si kecil.

Dan jika anak anda menunjukkan tanda di atas, maka kemungkinan besar anak anda sedang mengalami wasir tersebut.

Cara menyembuhkan wasir

Ketika anak anda sedang merasa sakit karena diare yang membuat mereka wasit, segera selesaikan masalah diare anak anda terlebih dahulu, dan begitu juga ketika anak sembelit, maka anda harus menyelesaikan masalah itu terlebih dahulu.

Dan ketika wasir anak sedang bengkak, anda bisa membersihkan dan merendam air hangat di area anus anak sekitar 2 hingga empat kali dalam sehari selama 10 hingga 15 menit, hal tersebut bisa membuat gatal dan nyeri anak berkurang, dan jika terjadi pada bayi, mama bisa membersihkan area tersebut dengan tisu basah dimana anda harus pastikan tisu basah tersebut tanpa pewangi atau alkohol, hal tersebut bisa mencegah iritasi di sekitar anus anak.

Mencegah-nya

Cara terbaik untuk membuat anak terhindar dari wasir adalah dengan mengajarkan si kecil bagaimana hidup dengan sehat dimana anda bisa memberikan makanan empat sehat lima sempurna dalam menu hariannya.

Protein maupun serat sangat penting bagi si kecil, asupan air putih juga bagus untuk anak apabila anda memberikannya cukup di setiap harinya, dan jika si kecil tidak mau minum air putih, anda bisa mengakali hal tersebut dengan memberikan madu maupun jus yang kaya air untuk anak anda minum.

Jangka waktu

Sakit ambeien atau wasir biasanya akan membaik atau menghilang dalam waktu seminggu ketika anda memberikan perawatan kepada-nya dengan cara yang tepat, meski begitu jika anda masih melihat ciri-ciri tersebut masih ada atau juga menjadi semakin parah, anda bisa berkonsultasi hal tersebut ke dokter, karena jika parah, mau tidak mau harus dilakukan operasi.

 

Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa memberikan makanan yang seimbang bagi anak anda agar anak anda bisa buang air besar dengan lancar dan terhindari dari penyakit seperti itu.

Leave a reply
Tips Memilih Sepatu Untuk BatitaPujian Tidak Selalu Dibenarkan Lho

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!