Tips Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak yang Mudah dan Menyenangkan

23 August 2017

Mengajarkan bahasa Inggris pada anak kini menjadi suatu kebutuhan sekaligus tantangan, khususnya bagi para orang tua di kota-kota besar. Dengan menguasai bahasa Inggris, anak bisa mengetahui lebih banyak informasi dan pengetahuan dari seluruh dunia.

Namun sayangnya, mengajarkan bahasa Inggris pada anak tidak selalu mudah. Sebab, ia tidak terbiasa mendengar bahasa asing tersebut dari lingkungan tempat tinggalnya. Cara terbaik agar anak mampu berbahasa Inggris dengan baik adalah dengan membuat mereka menyukai bahasa asing tersebut.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda praktikkan saat mengajarkan bahasa Inggris pada anak agar lebih mudah dan menyenangkan.

Buku Bacaan Penuh Warna dan Ilustrasi

Buku bacaan penuh warna

Buku bacaan penuh warna

Buku yang penuh gambar berwarna-warni terbukti cukup efektif menarik perhatian anak. Saat mulai mengajarkan bahasa Inggris pada anak, Anda bisa mengenalkannya pada tokoh-tokoh hewan, tumbuhan, anggota badan, dan silsilah keluarga, dalam bentuk gambar, yang disertai dengan istilah penyebutan dalam bahasa Inggris beserta artinya.

Jika kosakata yang dimiliki anak sudah cukup banyak, Anda bisa mulai mengajarinya membaca buku cerita atau dongeng. Tentu saja, buku yang Anda pilih harus disertai gambar serta dilengkapi kalimat-kalimat sederhana bahasa Inggris yang mudah dipahami anak.

Belajar Sambil Bernyanyi

Belajar sambil bernyanyi

Belajar sambil bernyanyi

Salah satu aktivitas menyenangkan yang paling disukai anak-anak adalah bernyanyi. Strategi ini juga bisa Anda terapkan saat mengajarkan bahasa Inggris. Dengan mengenalkan lagu-lagu anak berbahasa Inggris, buah hati Anda tidak hanya akan memperoleh kosakata baru, tetapi juga mengetahui cara melafalkan kosakata tersebut dengan tepat. Satu lagi, mereka juga bisa belajar dengan lebih bersemangat.

Belajar Sambil Berwisata

Belajar sambil Berwisata

Belajar sambil Berwisata

Belajar bahasa Inggris di rumah terkadang bisa membuat anak jenuh. Untuk menyegarkan pikiran, ajaklah ia berwisata ke kebun binatang, taman, atau pantai, sambil belajar bahasa Inggris. Saat melihat berbagai hewan, Anda bisa memintanya mengucapkan nama-nama hewan tersebut ke dalam bahasa asing tersebut. Selain itu, sering-seringlah ajak ia ke supermarket supaya bisa mengenal lebih banyak nama barang dalam bahasa Inggris.

Mendengarkan Audio

Mendengarkan audio

Mendengarkan audio

Selain membaca, aktivitas menerima pengetahuan juga bisa diperoleh anak melalui kegiatan mendengarkan. Dengan lebih sering mendengar cerita atau percakapan bahasa Inggris, anak akan lebih terbiasa dengan bahasa asing tersebut. Apalagi, anak balita umumnya juga bisa lebih mudah meniru orang lain. Jadi, semakin sering ia mendengar ucapan bahasa Inggris, semakin pandai pula ia mengucapkan bahasa tersebut.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah membacakannya dongeng sebelum tidur. Selain mudah dimengerti, mengajarkan bahasa Inggris pada anak dengan cara ini juga bisa membuatnya termotivasi. Sebab, ia tahu bahwa orang tuanya memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus. Dengan demikian, ada sosok yang bisa dicontoh oleh anak saat di rumah.

Permainan Kuis

Permainan kuis

Permainan kuis

Mengajarkan bahasa Inggris pada anak memang membutuhkan kesabaran karena harus melalui proses yang panjang. Agar kemampuan bahasa Inggris anak bisa terus meningkat, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberinya tantangan secara berkala. Tujuannya adalah untuk mengetes seberapa jauh kemampuan yang sudah dimilikinya saat ini.

Tantangan yang cukup menarik bagi anak yang sedang belajar bahasa Inggris dapat Anda berikan melalui metode permainan, misalnya kuis atau tebak-tebakan. Anda bisa langsung bertanya kepadanya tentang istilah-istilah bahasa Inggris, atau dengan menggunakan media kartu. Jika anak mampu melewati semua tantangan dari Anda dengan baik, ada baiknya Anda memberinya hadiah sederhana sebagai bentuk apresiasi untuknya. Dengan demikian, ia pun akan lebih bersemangat untuk belajar bahasa Inggris dan siap menerima pelajaran yang lebih sulit berikutnya.

Saat mengajarkan bahasa Inggris pada anak, pastikan Anda bisa membuatnya menyukai bahasa asing tersebut terlebih dahulu. Dengan demikian, tahapan belajar yang ia lewati pun akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Leave a reply
Tips Mengatasi Anak yang Suka MenangisTips Mengajarkan Anak Melindungi Diri

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!