4 tips matematika yang membuatnya tidak lagi menakutkan

7 April 2017

Belajar menjadi sebuah kewajiban bagi anak-anak yang masih bersekolah. Biasanya ada saja mata pelajaran yang kurang disukai, salah satunya pelajaran matematika. Pelajaran yang berhubungan dengan hitungan ini sering sekali membuat anak enggan mempelajari, apalagi mendalaminya. Padahal asal tahu trik-triknya, tidak ada lagi kata sulit dalam mempelajari matematika.

Tips matematika bisa membantu anak lebih mudah memahami dan membuat mereka tidak cepat bosan mempelajarinya. Biasanya trik-trik ini lebih mudah diingat dan lebih mudah diterapkan. Anak yang biasanya cepat bosan bisa jadi suka dengan pelajaran satu ini.

Nah, berikut ini 4 tips matematika untuk anak yang bisa diterapkan agar lebih asik dipelajari dan tidak lagi menakutkan.

1. Bermain dengan angka

Belajar Angka - pixabay.com

Belajar Angka – pixabay.com

 

Untuk anak-anak kecil, mengajarkan sesuatu pada mereka sangat tepat jika dibarengi dengan bermain. Ini karena mereka biasanya lebih cepat bosan pada sesuatu hal. Sebaliknya, mereka tidak pernah bosan untuk bermain. Orang tua tidak lagi perlu merasa pusing dengan hal ini karena ini bisa dijadikan sebagai trik tersendiri misalnya saat mengajarkan matematika.

Anak bisa diajarkan berhitung dengan menggunakan permen atau buah—bisa dalam bentuk asli, atau kalau tidak ada, dalam bentuk gambar. Benda atau gambar yang disukai anak tentu bisa sangat membantu proses pembelajaran, karena akan menimbulkan rasa tertarik.

Selain itu, beberapa permainan sederhana juga sudah dikenal dan secara tidak langsung menambah level menghitung anak. Salah satunya adalah monopoli. Monopoli tidak hanya membuat anak mengenal angka dan jumlah uang tetapi juga anak bisa lebih jago dalam berhitung.

2. Buat rumus sendiri

Rumus - pixabay.com

Rumus – pixabay.com

 

Bagi yang tidak suka melihat rumus-rumus panjang pada matematika, mereka bisa menyiasatinya dengan membuat rumus sendiri. Tentunya hitungan dalam matematika tidak bisa dilakukan secara asal.

Cara mendapat rumus matematika unik adalah mengikuti kursus. Biasanya salah satu keuntungan yang bisa didapat adalah mereka bisa mendapat tips mate-matika yang unik dan lebih mudah diingat.

Dengan cara yang lebih mudah, anak jadi lebih mudah paham dan tidak perlu lagi berlama-lama melakukan proses hitung.

3. Gunakan dalam keseharian

Menghitung Uang - pixabay.com

Menghitung Uang – pixabay.com

 

Jangan lupa untuk menerapkan cara berhitung matematika yang kebih mudah ini. Untuk menghindari lupa, berusahalah untuk menyisipkan ilmu ini ke dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dengan menyuruhnya membeli sesuatu di toko dan menyuruhnya menghitung barang belanjaan atau mengajaknya bermain congklak.

4. Catat dan ingat

Catatan - pixabay.com

Catatan – pixabay.com

 

Matematika dan bahasa Indonesia tentu berbeda cara belajarnya. Jika dalam bahasa Indonesia, anak lebih dituntut untuk menghafal, lain halnya dengan matematika. Dalam hitungan matematika, kamu tidak bisa hanya menghafal saja. Mencatat rumus-rumus juga penting untuk memudahkan proses mengingat.

Pastikan catatan tersebut rapi dan teratur, atau kalau perlu tambahkan warna-warna berbeda agar terlihat lebih jelas dan untuk membedakan.

Jika diperlukan, tempelkan rumus-rumus tersebut di tembok kamar atau di meja belajar juga bisa dimanfaatkan. Selain lebih terlihat, anak-anak menjadi lebih cepat hafal, karena sering melihatnya.

Setiap anak memiliki cara belajarnya sendiri dan untuk orang tua, pastikan untuk tidak memaksakan anak mengikuti cara belajar anak lainnya. Selain hal ini mungkin bisa membuat anak lebih tertekan, anak juga jadi malas untuk belajar.

Itu tadi beberapa tips matematika untuk anak-anak, semoga membantu dan bisa diterapkan di rumah. Selamat mengajarkan mate-matika pada anak, ya!

Leave a reply
4 hal penting agar kamu siap kuliah di luar negeri5 keuntungan berorganisasi saat kuliah

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!