Terapkan 5 Kebiasaan ini Sedini Mungkin agar Anak Tidur Nyenyak

3 April 2019

Anak tidur nyenyak memiliki peran yang sama dengan nutrisi untuk tubuh. Dilansir dari hellosehat.com, jika hal tersebut terpenuhi, mereka akan terhindar dari risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, sleep apnea, sampai gangguan mental seperti depresi dan ADHD.

Untuk itu, agar anak tidur nyenyak, terapkan lima kebiasaan berikut ini sedini mungkin, yaitu agar mereka mendapatkan manfaat untuk pertumbuhannya.

 

Menerapkan Batas Penggunaan Gawai dan Peralatan Elektronik

Anak Tidur Nyenyak

klikdokter.com

Gawai dan peralatan elektronik seperti laptop dan ponsel memiliki pancaran sinar biru yang bersifat seperti cahaya alami matahari. Jika anak tetap menggunakan saat jam tidur, mereka akan merasa seolah-olah masih siang. Hal tersebut dikarenakan ada pembatalan dalam memproduksi hormon melatonin sebagai pembangkit rasa kantuk.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membatasi penggunaan gawai dan peralatan elektronik minimal satu sampai dua jam sebelum anak tidur agar mendapatkan tidur yang nyenyak. Bahkan, meski mereka tetap mendapatkan durasi istirahat cukup, mereka akan lebih susah bangun dan merasa lemas.

Agar kebiasaan pada poin ini dapat diterapkan dengan baik, orangtua juga harus memberikan contoh pada anak untuk tidak menggunakan gawai dan peralatan elektronik menjelang tidur.

 

Membersihkan Diri

Anak Tidur Nyenyak

tanyapepsodent.com

Soal kebersihan, anak-anak memang kurang memiliki kesadaran. Di sinilah diperlukan peran orangtua dalam membiasakan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengajarkan untuk membersihkan diri sebelum tidur. Jelaskan pula akibat jika mereka terlelap dalam keadaan kotor. Hal ini penting agar mereka lebih bertanggung jawab, terutama saat akhir pekan atau liburan.

 

Pastikan Anak Kenyang Sebelum Tidur

Anak Tidur Nyenyak

hellosehat.com

Perut yang keroncongan akan membuat tidur seseorang tidak nyenyak. Oleh karena itu, usahakan agar sepanjang siang anak mendapatkan makanan cukup serta perhatikan pula perihal kandungannya. Hindari konsumsi kafein, seperti cokelat, teh, atau kopi menjelang waktu istirahat.

Jika setelah makan malam anak masih merasa lapar, berikan camilan pengganjal, seperti biskuit dengan segelas susu hangat, semangkuk sereal, atau buah segar. Hal ini akan membuat anak tidur nyenyak, ketimbang menyantap kudapan berat yang justru akan membuat mereka kekenyangan.

 

Bacakan Cerita Sebelum Tidur

Anak Tidur Nyenyak

educenter.id

Membacakan cerita sebelum tidur pada anak akan mempererat hubungan dengan orangtua. Bahkan, merupakan salah satu rahasia membuat buah hati bahagia. Kegiatan ini dapat sekaligus mengajarkan buah hati untuk belajar membaca, mengasah imajinasinya, hingga menumbuhkan minat bacanya.

Sebagai permulaan, ajak anak membaca buku dongeng bergambar untuk menarik perhatian. Setelah kegiatan tersebut sudah menjadi kebiasaan, berikan bacaan yang lebih panjang. Jangan lupa untuk memperhatikan pemilihan cerita yang sesuai dengan usia anak, yang tentunya memiliki pesan moral untuk kehidupannya.

 

Mengajak Anak untuk Menceritakan Pengalaman Sehari-hari

Anak Tidur Nyenyak

hellosehat.com

Sedari kecil, dorong anak untuk menceritakan pengalaman sehari-hari mereka agar kebiasaan ini terus berlanjut sampai dewasa. Adapun hal positif lain yang akan dirasakan orang tua adalah lebih mudah mengontrol pergaulan, memahami perasaan buah hati, dan dapat memberikan dukungan dan motivasi saat mereka merasa tidak bersemangat.

 

Agar anak tidur nyenyak, orangtua harus menerapkan kebiasaan positif sedini mungkin, mulai dari membatasi penggunaan gawai serta alat elektronik hingga mengajak mereka menceritakan pengalaman sehari-hari. Sama seperti nutrisi dalam tubuh, waktu istirahat pun harus diperhatikan untuk tumbuh kembangnya, baik dari segi mental maupun fisik.

Leave a reply
7 Tips Menyenangkan dalam Mengajarkan Anak Sikat Gigi5 Cara Asyik Menghadiri Pensi agar Tidak Kikuk

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!