Takut Anak Konsumsi Zat-Zat Berbahaya dalam Permen? Yuk, Praktikkan 3 Resep Permen Sederhana Ini

Anak-anak cenderung menyukai penganan manis, terlebih yang memiliki tampilan menarik. Mereka bisa menemukan produk semacam itu dengan mudah di pasaran, bahkan harganya relatif murah. Khawatir si kecil mengonsumsi zat-zat berbahaya, orang tua pun kerap membatasi mereka untuk membeli salah satu jajanan tersebut.

Sebagai gantinya, Anda bisa membuat penganan manis sendiri. Jelas aman dan terjamin kebersihannya. Yuk, simak resep permen sederhana berikut ini.

Permen Pepaya

pixabay.com

Anda bisa menggunakan bahan-bahan murah serta mudah ditemukan, misalnya pepaya. Tidak hanya manis, buah yang satu ini juga memiliki sedikit rasa asam. Kombinasi rasa tersebut menjadikannya cocok diolah sebagai camilan. Nah, apa saja yang perlu dipersiapkan?

Siapkan 1 buah pepaya mengkal; 350 gram gula pasir; 1 sendok teh sitrun; 2 tetes perwarna makanan merah, hijau, serta kuning (untuk rasa bisa disesuaikan dengan selera, misalkan pandan, kokopandan, dan nanas).

Tahapan yang harus Anda lakukan dalam membuat resep permen sederhana ini, antara lain:

Permen Meringue

pixabay.com

Bisa dibilang, resep permen sederhana yang satu ini menjadi salah satu solusi putih telur yang tidak terpakai setelah Anda membuat kue. Alih-alih dibuang, manfaatkan kembali untuk menciptakan penganan manis bernama meringue.

Bahan-bahan yang Anda butuhkan dalam membuat meringue adalah 200 gram putih telur (6 butir), 1 buah jeruk nipis, 300 gram gula bubuk, dan 2 tetes perisa vanila.

Adapun langkah-langkah membuatnya yakni sebagai berikut:

Sebagai tips, jika Anda ingin membuat porsi lebih, selesaikan memasak satu adonan terlebih dahulu. Pasalnya, adonan lama kelamaan akan mengeras apabila tidak kunjung dimasak.

Permen Kaca

pixabay.com

Resep permen sederhana yang satu ini memiliki sensasi menghangatkan lantaran menggunakan jahe. Sementara itu, tampilan kaca didapatkan dari 1/3 gelas kacang hijau, air secukupnya, 1/4 gula jawa, 1/2 sendok teh vanila bubuk, 2 bungkus agar-agar hijau, 1/2 sendok makan tepung maizena, dan 1/2 sendok teh garam.

Cara membuatnya, antara lain:

Selain tiga contoh di atas, ada banyak sekali resep permen sederhana yang bisa Anda temukan di internet. Anda tinggal memilih mana yang ingin dibuat terlebih dahulu. Penganan manis favorit bisa mereka nikmati, tambahan nutrisi harian pun terpenuhi. Kabar baiknya, olahan makanan tersebut juga menjadi salah satu cara dalam mengatasi permasalahan picky eater. Selamat mencoba!

Exit mobile version