Polusi Udara? Lindungi!

16 March 2020

Tinggal di kota besar tentu saja Anda akan memiliki beberapa masalah polusi, salah satunya tentu saja dengan polusi udara, dan warga Jakarta maupun sekitar-nya juga merasakan masalah polusi tersebut, langit yang biasanya berwarna biru akan menjadi seperti mau hujan sepanjang waktu, dan melihat awan putih akan menjadi suatu hal yang langka.

Polusi udara sendiri sangat berbahaya bagi kesehatan setiap orang, termasuk anak kecil, dan keberadaan polutan di dalam tubuh bisa meningkatkan risiko penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau yang sering disebut ISPA hingga asma.

Tentu saja untuk menghindari hal tersebut terjadi pada anak Anda, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk meminimalisir dampak polusi tersebut.

 

  • Hindari Tempat Polusi

Hal yang tentu saja paling mudah yang Anda bisa lakukan adalah menjauhlah dari sumbernya, begitu juga dengan polusi, Anda bisa menghindari aktivitas di luar bersama anak Anda pada jam sibuk, karena waktu tersebut adalah waktu dimana tingkat polusi akan berada di puncaknya.

Hindari juga tempat rawan polusi seperti di jalan raya, ataupun tempat seperti teminal bus dan sekitarnya, jika Anda ingin mengajak anak Anda jalan-jalan atau rekreasi di luar rumah, sebaiknya Anda memilih tempat yang jauh dari sumber polusi seperti taman atau area hijau lainnya.

 

  • Gunakan Masker

Jika memang harus atau mau tidak mau berada di tempat yang berpolusi, maka Anda bisa mengenakan masker untuk meminimalisir polutan yang Anda bisa saja hirup.

Ada berbagai jenis masker yang bisa Anda jadikan pilihan, dari masker sekali pakai hingga masker yang Anda bisa pakai berkali-kali, dan saat Anda membeli masker, Anda bisa memperhatikan keterangan tersebut, keterangan masker N95 adalah masker ideal yang bisa meminimalisir polusi karena masker tersebut bisa menyaring partikel PM 2.5 yang berarti bahwa partikel yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikrometer yang tentu saja tidak bisa disaring oleh masker biasa, bahkan masker jenis tersebut bisa menyaring PM 2.5 hingga 95%.

 

  • Minum Air Putih

Air juga menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia yang bisa memiliki banyak manfaat, selain mencegah dehidrasi, air putih juga bisa diAndalkan untuk melawan polusi, ketika tubuh mendapatkan asupan air putih yang cukup, maka ia bisa menghilangkan polutan yang ada di dalam tubuh.

Kebutuhan air putih untuk anak berusia empat tahun sendiri adalah sebanyak 1,6 liter atau enam hingga tujuh gelas setiap hari-nya.

 

  • Batasi Waktu

Meski ada polusi, bukan berarti anak Anda tidak boleh berada di luar rumah, anak tetap harus pergi ke sekolah dan tetap bermain karena itu merupakan masa emas bagi mereka.

Tidak perlu Anda larang, tetapi Anda bisa membatasi hal tersebut, jika biasanya anak bermain hingga jam empat sore, maka Anda bisa membatasi jam tersebut hingga tiga sore, karena tentu saja setelah itu jam sibuk dan akan membuat polusi semakin banyak juga.

Memang sulit untuk membatasi aktivitas anak saat masa aktif mereka, tetapi hal tersebut perlu dilakukan karena terkadang memang anak masih belum mengerti kalau udara kotor bisa mengganggu kesehatan mereka.

 

  • Tanam Tanaman Hijau

Jika Anda memiliki tanah atau taman, Anda bisa menanam tanaman hijau agar bisa mengurangi polusi udara di sekitar rumah, tanaman sendiri memang mampu membersihkan udara dimana beberapa tanaman bisa menyaring polutan seperti karbon monoksida dan nitrogen oksida.

Anda bisa menanam lidah buaya sebagai contoh jika Anda ingin melakukan penghijauan di area rumah Anda.

 

Leave a reply
Susu Bisa Bikin Kecanduan Loh!Pertolongan Jika Si Kecil Mimisan!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!