5 Manfaat Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini

1 April 2017

 

Pendidikan karakter merupakan salah satu jenis pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter seseorang. Zaman sekarang, keberadaan media sosial dan internet membuat jangkauan informasi menjadi tidak terbatas. Anak-anak bisa bebas mengakses segala hal yang belum tentu sesuai dengan umur mereka.

Akibatnya, anak muda masa kini mengalami degradasi moral. Mereka mulai bersikap di luar batas norma sosial dan agama yang seharusnya menjadi pedoman dalam hidup. Hal inilah yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk mengajarkan pendidikan karakter, terutama pada anak usia dini.

Kenapa anak usia dini?

Karena, anak usia dini lebih mudah menerima pelajaran yang mereka terima daripada remaja yang sudah memiliki keinginan dan rasa egois. Selain itu, jika anak-anak menerima pendidikan karakter sejak dini, secara otomatis mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang senantiasa berpedoman pada norma sosial dan agama.

Nah, setelah membaca pengertian pendidikan karakter di atas, selanjutnya mari kita bahas tentang manfaat pendidikan ini. Berikut merupakan 5 manfaat pendidikan karakter pada anak usia dini, di antaranya:

  1. Menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter
Anak Bangsa - cirebonmedia.com

Anak Bangsa – cirebonmedia.com

Ada dua hal yang bisa menentukan maju tidaknya sebuah bangsa, yang pertama adalah sejarah dan yang kedua adalah generasi mudanya. Jika generasi muda suatu bangsa tidak memiliki karakter, di masa yang akan datang negara mereka akan mudah dihancurkan dan terpecah belah.

Agar anak-anak muda Indonesia tidak menjadi penyebab kehancuran bangsa tercinta, tanamkan pendidikan karakter sejak mereka berusia dini. Karena karakter yang kokoh akan bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

  1. Melatih mental dan moral anak usia dini

Belajar – pixabay.com

Tidak dapat dipungkiri lagi. Bahwa selain dapat membentuk karakter, pendidikan ini juga bermanfaat untuk melatih mental dan moral. Anak yang sudah dibekali pendidikan karakter sejak usia dini secara otomatis akan memiliki landasan mental dan moral yang cukup kuat.

Mereka tidak akan mudah menyerah atau bertindak di luar batas moral. Karena sudah dididik sejak dini, mereka juga akan terbiasa melakukan sesuatu sesuai dengan batasan atau berpedoman pada peraturan negara, masyarakat dan agama.

  1. Menjadi pribadi yang bijaksana
Belajar - pixabay.com

Belajar – pixabay.com

Anak yang sudah diajarkan pendidikan karakter sejak dini akan tumbuh menjadi orang dewasa yang mampu mengambil segala keputusan secara bijaksana. Hal ini karena mereka memiliki pedoman bagaimana harus bersikap dan bertindak sesuai dengan ketentuan masyarakat dan agama.

Ini tentu saja berbeda dengan mereka yang tidak pernah menerima pendidikan karakter. Anak yang tidak pernah dibentuk karakternya akan cenderung emosional ketika menghadapi sesuatu. Mereka menganggap satu-satunya solusi untuk mengatasi sebuah masalah adalah dengan meluapkan semua emosi, entah itu kemarahan atau kesedihan.

  1.  Mampu bekerja sama dengan orang lain
kerja sama - pixabay.com

kerja sama – pixabay.com

Manfaat pendidikan karakter lainnya adalah untuk  melatih anak agar mudah bekerja sama dengan orang lain. Landasan karakter yang kuat juga dapat meningkatkan kemampuan sosialisasi mereka sehingga mudah berinteraksi dengan berbagai jenis orang yang memiliki berbagai macam sifat.

  1. Meningkatkan kemampuan anak untuk mengatasi masalah
Mengatasi masalah - pixabay.com

Mengatasi masalah – pixabay.com

Anak –anak cenderung masih bergantung pada orang di sekitarnya ketika mereka menghadapi suatu masalah. Jika sejak dini mereka sudah dibekali dengan pendidikan karakter yang matang, secara otomatis anak akan mampu mengatasi masalah yang dihadapi tanpa meminta bantuan.

Landasan karakter yang kuat akan membuat mereka percaya diri, bijaksana, dan memiliki kestabilan mental ketika menemui masalah.

Itulah beberapa manfaat pendidikan karakter. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan mengenai manfaat dari pendidikan karakter, terutama untuk anak usia dini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Manfaat Tabungan Pendidikan untuk AnakKenali Potensi Anak Sejak Dini dengan Tes Bakat dan Minat
All comments (1)
  • Manfaat Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini – Willy BLOG
    12 December 2019 at 12:28

    […] Meningkatkan kemampuan anak untuk mengatasi masalahAnak –anak cenderung masih bergantung pada orang di sekitarnya ketika mereka menghadapi suatu masalah. Jika sejak dini mereka sudah […] Read More[…] Meningkatkan kemampuan anak untuk mengatasi masalahAnak –anak cenderung masih bergantung pada orang di sekitarnya ketika mereka menghadapi suatu masalah. Jika sejak dini mereka sudah dibekali dengan pendidikan karakter yang matang, secara otomatis anak akan mampu mengatasi masalah yang dihadapi tanpa meminta bantuan.Landasan karakter yang kuat akan membuat mereka percaya diri, bijaksana, dan memiliki kestabilan mental ketika menemui masalah.Itulah beberapa manfaat pendidikan karakter. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan mengenai manfaat dari pendidikan karakter, terutama untuk anak usia dini.Sumber : https://www.appletreebsd.com/pendidikan-karakter/ […] Read Less

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!