ORANG TUA HARUS TAHU: MAINAN PASIR KINETIK

December 05, 2017

Semakin berkurangnya kebiasaan anak bermain di luar, semakin banyak pula permainan edukatif diperkenalkan kepada orang tua. Salah satunya adalah mainan pasir kinetik. Tidak hanya bisa dibeli di toko, di berbagai mal Indonesia juga banyak gerai pasir kinetik, di mana anak bisa bermain secara langsung. Di internet juga banyak artikel yang menjelaskan tentang cara pembuatan pasir kinetik sendiri. Hal ini membuat mainan ini semakin populer.

Nama “Kinetic Sand” atau pasir kinetik ini merupakan merek dagang milik perusahaan mainan dari Amerika bernama Waba Fun (saat ini bernama Relevant Play). Mainan ini juga disebut pasir ajaib atau magic sand.

Terinspirasi dari struktur pasir basah atau pasir pantai, permainan ini disukai anak-anak karena bentuknya yang bisa dibuat sesuka hati dan warnanya yang menarik. Daripada bermain kotor-kotoran dengan tanah, agaknya tidak banyak orang tua yang protes jika anak suka bermain dengan yang satu ini. Meskipun terlihat kotor, ternyata pasir kinetik sangat mudah dibersihkan. Pasir mainan ini tidak lengket, tapi mudah menempel dengan sesama pasir.

Namun, sebelum mulai mengajak anak bermain, sebaiknya Anda sebagai orang tua mengenal lebih banyak mengenai mainan pasir kinetik ini.

Manfaat bermain pasir kinetik

Pasir Kinetik - YouTube

Pasir Kinetik – YouTube

Sebagai salah satu mainan yang paling diminati, pasir kinetik menjanjikan banyak manfaat kepada anak-anak yang memainkannya. Simak beberapa penjelasannya sebagai berikut.

1. Melatih kreativitas
Sebagaimana permainan edukatif pada umumnya, pasir kinetik mampu membantu mengembangkan kreativitas anak. Anak bisa membuat bermacam-macam bentuk dengan mainan ini layaknya bermain pasir di pantai. Anak akan terangsang untuk berimajinasi dan menyatakannya melalui mainan ini. Dengan bantuan bermacam bentuk cetakan, anak semakin mudah berkreasi.

2. Melatih motorik
Selama anak menyibukkan diri dengan mainan ini, mereka akan melakukan banyak hal dengan tangannya. Mengeruk, menggenggam, menekan, membentuk, dan gerakan lainnya yang sangat penting untuk membiasakan motoriknya.

3. Melatih kemampuan kognitif
Melalui mainan pasir kinetik ini anak akan mengenal dan mempelajari beraneka hal dengan mata dan tangannya. Mereka bisa membedakan tekstur, seperti halus dan kasar, basah dan kering, dan sebagainya.

4. Melatih anak bersosialisasi
Saat bermain bersama temannya, anak akan belajar bersosialisasi dan mengembangkan kemampuan komunikasinya. Misalnya, mereka hendak membuat bangunan yang besar dengan mainan pasir tersebut atau mereka harus mau berbagi peralatan jika dalam keadaan terbatas.

Bahaya pasir kinetik

Pasir Kinetik - YouTube

Pasir Kinetik – YouTube

Tidak banyak isu yang mencuat ke media terkait permainan edukatif ini. Pasir kinetik yang dijual di pasaran telah dinyatakan lulus uji dan aman bagi anak. Namun, bagaimana pun juga orang tua tetap harus waspada terhadap berbagai potensi bahaya yang mengintai. Pasir kinetik tetap harus digunakan dengan wajar dan diletakkan pada tempat yang semestinya.

1. Terpeleset
Meskipun mainan, tekstur dari pasir kinetik tentu menyerupai aslinya. Jika dibiarkan tercecer di lantai rumah, mainan ini dapat menyebabkan kotor dan bisa membuat orang terpeleset. Pastikan mainan pasir kinetik diletakkan kembali di tempatnya selesai digunakan

2. Tertelan
Sebaiknya permainan ini diberikan kepada anak usia 3 tahun ke atas yang sudah lebih memahami apa yang baik dan tidak dimasukkan ke dalam mulut. Mainan ini merupakan campuran antara pasir dan sejenis silikon. Tentu sangat berbahaya jika sampai tertelan.

Mungkin terlihat sekadar mainan. Namun, Anda bisa menjadikan mainan pasir kinetik sebagai sarana untuk menjaga relasi dengan anak. Selalu jaga anak ketika bermain. Sekali-kali Anda juga bisa ikut bermain agar anak lebih dekat dengan orang tuanya.

Leave a reply
ORANG TUA HARUS TAHU: MAINAN FIDGET SPINNERORANG TUA HARUS TAHU: MAINAN SLIME

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts