Obat Kumur Untuk Balita? Amankah?

19 April 2020

Gigi anak merupakan salah satu yang harus anda rawat kebersihan dan kesehatannya, meski gigi tersebut merupakan gigi susu, jika gigi anak tersebut bolong atau ompong, hal tersebut dapat mempengaruhi kenyaman anak anda saat sedang makan lho, pertumbuhan gigi tersebut saat anak dewasa juga akan mempengaruhi kesehatan anak juga, dan terkadang kita sebagai orang dewasa terpikirkan untuk memberikan obat kumur pada anak kita.

Karena itu sejak anak kecil anda tidak boleh melupakan kebiasaan anak untuk menggosok gigi setiap hari, dan biasanya gigi harus digosok dua kali sehari dimana sarapan setelah pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

Selain anda menggosok gigi, memakai obat kumur juga disarankan agar gigi lebih bersih, larutan untuk mulut itu sendiri merupakan cairan antiseptik yang tentu saja bisa membantu membersihkan sela gigi dan juga membersihkan permukaan lidah, gusi, dan juga mulut, dan obat kumur sendiri sering diperkirakan bisa menghilangkan bau mulut.

Meski anda ingin mengikuti saran tersebut, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu apakah anda benar benar boleh memberikan larutan tersebut pada anak balita.

Berbagai macam kandungan

Anda harus mengetahui kandungan yang ada dalam larutan tersebut terlebih dahulu, kandungan obat kumur memang bermacam-macam, tergantung pada manfaat yang diberikan, tetapi pada umumnya obat kumur memiliki beberapa bahan dasar seperti berikut, antimikrobal, astringent salt, fluoride, peroksida, dan juga zat perisa.

Selain itu, beberapa larutan tersebut biasanya mengandung alkohol dan juga antiseptik, dan larutan yang mengandung antiseptic adalah obat kumur sakit gigi yang dapat digunakan sesuai resep dokter.

Tidak hanya hilangkan bau mulut

Dengan beberapa kandungan yang ada di-atas, obat kumur sendiri memiliki banyak manfaat kebersihan dan kesehatan gigi anda dan juga anak anda, selain menghilangkan bau mulut, obat kumur bisa mencegah plak, mengurangi peluang gigi berlubang, dan juga memperkuat gigi.

Larutan tersebut dapat menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan, dan dipercaya dapat mencegah penyakit gusi maupun mengatasi sariawan pada bibir anak.

Gunakan ketika anak berusia enam tahun

Anda harus ingat ketika anak anda masih dibawah lima tahun, maka anak anda masih belum bisa memakai larutan tersebut.

Ketika memang anda ingin memberikan cairan tersebut kepada anak anda, anda harus berhati-hati karena memang cairan tersebut ditujukan untuk anak berusia enam tahun. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan dimana pada anak dibawah umur lima tahun, mereka masih belum bisa meludah atau membuang kumurannya tersebut dan tentu saja risiko obat kumuran tersebut tertelan lebih besar dibandingkan anak yang berusia diatas lima tahun.

Pakai kain

Dibandingkan anak menelan-nya, alangkah baiknya anda mencari alternatif lain jika anda ingin membersihkan mulut dan gigi anak anda dengan obat kumur.

Salah satunya dengan menggunakan kain yang dibasahi oleh larutan tersebut., lalu kain tersebut anda pakai untuk mengelap gigi dan juga gusi anak secara perlahan, dengan cara itu, maka cairan tersebut tidak akan tertelan, sebelumnya anda harus memastikan bahwa anda tidak boleh mengandung kandungan yang ada alkohol ya.

Obat kumur berbeda dengan gosok gigi

Anda harus ingat ketika anda menggosok anak anda dengan obat kumur mereka harus tetap menggosok gigi mereka, karena cairan tersebut tidak dapat menggantikan peran gosok gigi, dan biasakan anak anda menggosok gigi setiap hari, selain itu juga anda harus ajakarkan cara menggosok gigi yang benar agar gigi anak anda bersih dengan maksimal.

Dan jika disimpulkan maka akan lebih aman bagi anda memberikan anak anda menggosok gigi dibandingkan memberikan cairan tersebut yah.

Leave a reply
Inilah Gejala Virus Corona Pada AnakAnak Tidur Malam Hari? Ini Sebabnya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!