Cara Mengajari Anak Membaca dengan Cepat dan Menyenangkan

13 April 2017

Membaca merupakan salah satu kemampuan akademis yang harus dimiliki seorang anak begitu mereka memasuki usia sekolah. Mengajari anak membaca tidaklah semudah yang dibayangkan. Sebagai orang tua dan pendidik, kita harus mengetahui cara mengajari anak membaca yang tepat dan efisien.

Kita juga harus tahu caranya membuat anak merasa nyaman sehingga mereka tidak mudah bosan atau bahkan takut ketika belajar membaca. Nah, di bawah ini merupakan beberapa tips atau cara mengajari anak membaca, agar mereka bisa cepat menguasai kemampuan ini dengan metode yang menyenangkan.

  1. Mengenalkan huruf sambil bernyanyi
Belajar Baca - pixabay.com

Belajar Baca – pixabay.com

Sebelum membaca, anak harus mengenal huruf terlebih dahulu. Pengenalan huruf ini berkaitan dengan cara melafalkan huruf dengan benar. Agar anak tidak merasa sedang belajar, ajak mereka untuk bernyanyi sambil menghafalkan macam-macam huruf.

Jika sudah terbiasa, anak akan mudah melanjutkan pembelajaran ke fase selanjutnya, yaitu mengenal bentuk huruf.

  1. Mengenal bentuk huruf melalui media audio visual
Video Belajar Amaul Husna

Video Belajar Amaul Husna

Anak-anak mudah tertarik dengan segala hal yang berwarna, bergambar, dan memiliki suara yang menarik. Hal inilah yang membuat mereka mampu duduk berlama-lama di depan televisi, saat sedang menonton acara kartun favorit.

Agar belajar membaca terasa menyenangkan, download video atau aplikasi tentang pengenalan huruf. Ajak anak menonton video atau bermain dengan aplikasi tersebut sambil sesekali menerangkan bentuk-bentuk huruf dengan bahasa yang mereka mengerti.

Anda juga bisa membuat kartu huruf sendiri menggunakan bahan sederhana. Lengkapi kartu huruf dengan gambar dan warna yang menarik. Cara mengajarkan anak membaca menggunakan media audio visual ini cukup efektif. Anak jadi tidak mudah bosan karena merasa sedang bermain bukan belajar.

  1. Belajar membaca secara rutin
Belajar Membaca - pixabay.com

Belajar Membaca – pixabay.com

Jika kita adalah orang tua yang bekerja, luangkan sedikit waktu untuk mengajari anak membaca setiap hari. Jangan pasrah pada pendidikan di sekolah atau tempat les. Jika tidak diulang di rumah, anak akan cepat lupa dan sulit untuk mempelajari hal baru.

Paling tidak, dalam sehari luangkan waktu Anda sekitar 15 sampai 30 menit untuk mengajari anak membaca. Pilihlah bacaan sederhana yang membuat anak antusias. Sesekali selingi kegiatan tersebut dengan permainan, agar Anda dan anak tidak merasa bosan.

  1. Bacakan cerita sebelum mereka tidur
Cerita Sebelum Tidur - pixabay.com

Cerita Sebelum Tidur – pixabay.com

Cara mengajari anak membaca selanjutnya adalah membacakan buku cerita sebelum mereka tidur. Selain menghibur, membaca cerita mampu memperkaya kosa kata. Anak yang terbiasa mendengar cerita, lama kelamaan akan penasaran dan mencoba untuk membaca cerita tersebut sendiri.

Dari sinilah motivasi mereka untuk bisa membaca seperti orang tuanya muncul. Belilah buku-buku cerita sederhana dengan gambar, warna, dan kisah yang menarik. Sesekali minta anak untuk bercerita isi buku yang dibaca dengan bahasanya sendiri.

  1. Beri pujian dan reward
Mengajari Anak - pixabay.com

Mengajari Anak – pixabay.com

Kemampuan setiap anak berbeda antara satu dengan lainnya. Sebagai orang tua, kita harus memahami hal ini. Daripada kesal dan marah saat mereka tidak kunjung bisa membaca dengan lancar, beri mereka pujian dan hadiah setiap kali mereka berhasil melafalkan satu atau dua huruf.

Cara mengajari anak membaca dengan memberi pujian dan reward ini cukup efektif. Karena selain merasa dihargai, anak tidak akan merasa terbebani. Pujian juga dapat memotivasi anak untuk belajar lebih giat dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Hal yang paling penting saat kita mengajari anak membaca adalah tetap sabar dan telaten. Karena setiap hal membutuhkan proses, begitu juga dengan membaca. Cepat tidaknya seorang anak bisa membaca, tergantung dari seberapa besar motivasi yang kita berikan.

Itulah beberapa tips atau cara mengajari anak membaca dengan cepat dan menyenangkan. Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat mecoba.

Leave a reply
5 Tips Mengasah Kecerdasan Logika Anak5 Manfaat Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini
All comments (1)
  • klasiccustom
    17 July 2018 at 13:45

    makasi ilmunya Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru? Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info […] Read Moremakasi ilmunya Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru? Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya. Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :) Read Less

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!