Memilih Makanan Terus? Ini Caranya

28 April 2020

Ketika sudah masuk MPASI, setiap orang tua pasti akan mencari makanan yang bisa dimakan oleh anak mereka, dan tentu saja anda akan mempersiapkan yang terbaik untuk anak anda, tetapi anda juga harus mengetahui bahwa anak kecil biasanya suka memilih makanan, dan ada beberapa cara agar anak tidak memilih makanan yang tentu saja bisa membantu anda.

Dan anda harus biasakan anak anda untuk mencoba berbagai jenis makanan pada anak anda, tentu saja agar anak anda tidak memilih makanan mereka, meski anda tidak menyukai suatu makanan, tetapi anda harus tetap memberikan makanan tersebut kepada anak anda, anda harus biasakan anak anda merasakan makanan lain agar anak anda terbiasa dengan rasa dan tekstur yang ada.

Ketika ternyata anak anda sudah memilih-milih, maka anda harus baca artikel ini agar kebiasaan anak anda bisa berkurang.

Jangan paksa anak makan

Banyak orang tua yang tiak sabar melihat anak mereka makan, apalagi jika anak anda tidak meminta untuk makan awalnya.

Anda tidak boleh memaksa anak anda untuk makan ketika anak anda tidak merasakan lapar, karena hal itu hanya akan membuat anda frustasi.

Berikan makanan kepada anak anda ketika mereka sudah merasa lapar, anda juga bisa memberikan sedikit makanan dahulu dan biarkan ia menghabiskannya, dan jika sudah habis, maka anda bisa menambahnya kembali secara perlahan.

Atur jadwal makan yang teratur

Anda juga tidak boleh memberikan terus menerus kepada anak anda makanan, anda harus membuat jadwal yang teratur, dimana ada makanan ringan atau cemilan dan juga makanan utama yang bisa membuat perut anak anda kenyang.

Dan jika sudah terbiasa dengan pola makan tersebut, maka anak anda akan merasakan lapar saat jam makan mereka sudah tiba, dan anda perlu bersabar untuk mengatur jadwal tersebut, karena tentu saja jadwal tersebut akan membutuhkan waktu yang berbeda.

Bikin saat makan menyenangkan

Anak kecil biasanya suka suatu yang menarik perhatian mereka, dan jika anak anda sulit untuk makan, anda bisa membuat makanan tersebut lebih bervariasi seperti favorit anak anda, anda bisa menggunakan cetakan makanan dan membuat berbagai bentuk.

Jika anda belum pandai membuat makanan seperti itu, maka anda bisa mencontek kelas bento yang ada di dunia internet.

Berikan menu baru

Ketika anda ingin memperkenalkan makanan jenis baru atau rasa baru, anda bisa berikan tersebut secara perlahan dan tidak perlu terburu-buru.

Anda bisa memberikan porsi kecil terlebih dahulu dan juga dengan menu favorit anak anda, apabila respon anak anda baik, maka anda bisa memberikan kembali makanan tersebut kepada anak anda, dan biarkan ia mengeksplorasi rasa, warna, dan juga tekstur yang ada.

Minta anak membantu anda

Ketika anak sudah balita, dan bisa di ajak kerja sama, anda bisa meminta anak anda untuk menyiapkan, memilih, dan juga membeli bahan makanan mereka sendiri.

Sesampai di rumah, anda bisa mengajak anak anda untuk menyiapkan makanan bersama diri anda, hal ini akan membuat anak senang dan juga bisa membuat anak anda menjadi mandiri.

Jauhi hal yang ganggu waktu makannya

Ketika anda memberikan makanan kepada anak anda, anda bisa berikan makanan anda dengan tertib dan rapih di kursi makan, hal ini perlu dibiasakan agar anak anda memiliki waktu makan yang tidak mengganggu mereka seperti televisi, bermain, dan juga lainnya.

Hal itu anda bisa terapkan dan akan membuat anak anda terbiasa hingga anak anda dewasa nanti-nya.

 

Leave a reply
Rambut Anak Kusut? Ini Cara Atasinya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!