Keracunan Makanan? Ini Yang Harus Di Lakukan

18 June 2020

Perut anak-anak yang sensitif dan juga tidak pernah diam-nya anak kecil tentu saja akan membuat kita kerepotan sebagai orang tua, terlebih jika anak suka jajan sembarang atau makan sembarang, bukan tidak mungkin jika anak anda mengalami keracunan makan, dan untuk itu anda harus tahu bagaimana pertolongan pertama jika anak keracunan makanan.

Banyak jenis makanan yang bisa membuat anak anak keracunanan makanan, dari makanan mentah, makanan yang kurang di olah dengan baik, atau makanan yang kotor dan tidak terjaga kebersihan dari makanan tersebut.

Gejala keracunan tersebut biasanya terjadi dikarenakan adanya bakteri E. Coli, Salmonella, atau Listeria yang tidak cocok dengan anak anda, meski anak anda nanti mengalami keracunan, anda harus tidak boleh panik, salah satu gejala yang biasanya terjadi adalah diare, dehidrasi, demam, muntah, dan juga ada-nya kandungan darah pada feses anak saat anak sedang buang air besar. Perlu anda ingat, anda tidak boleh panik karena hal itu akan membuat kondisi makin menjadi buruk.

Berikan banyak air putih

Diare, dan juga muntah-muntah merupakan salah satu gejala keracunan makanan yang sering terjadi pada anak-anak, dan hal itu biasanya akan membuat anak-anak mengalami dehidrasi, dan untuk itu anda harus berikan air putih dalam jumlah yang banyak, meski begitu bukan berarti anda harus berikan cairan tersebut langsung, anda harus berikan dalam jumlah sedikit tetapi dengan frekuensi yang sering.

Anda juga bisa memberikan minuman elektrolit atau oralit agar anak anda tercegah dari dehidrasi.

Makanan dalam porsi kecil

Diare dan muntah muntah yang di alami anak akan membuat perut mereka kosong, dan untuk itu anda harus juga bisa berikan makanan kepada anak anda agar perut anak anda tidak kosong dan membuatnya malah mengalami sakit lainnya, dan karena itu anda harus bisa dengan perlahan memberikan makanan kepada anak anda, sedikit-pun tidak masalah apabila anak anda memang tidak nafsu untuk makan, yang terpenting adalah pastikan bahwa makanan tersebut cocok untuk anak anda agar anak anda tetap terjaga.

Belilah obat di apotek

Ketika anda sedang mengalami diare, anda biasanya akan langsung ingin memberikan obat kepada anak anda, tetapi jangan sampai salah, karena hal tersebut bisa saja membuat anak anda bukannya sembuh malah akan menjadi tambah sakit, untuk itu anda harus lebih perhatikan mengenai kandungan obat, atau jika perlu anda bisa beli lagi di apotek atau anda konsultasikan kepada dokter jika memang anak anda sakit.

Perhatikan warna muntah dan feses

Jika anak anda masih muntah dan buang air besar, anda bisa juga perhatikan warna tersebut, karena warna tersebut bisa menjadi indikator tingkat keparahan keracunan yang di alami oleh anak anda, untuk itu anda harus perhatikan juga keseringan anak anda muntah.

Jika memang ada warna hijau di muntahan si kecil, maka anda bisa langsung membawa anak anda ke dokter, dan jika ada darah atau nanah maupun lendir pada feses anak anda, anda juga bisa langsung bawa anak anda segera ke dokter secepat mungkin.

 

Itulah beberapa pertolongan pertama untuk anak anda dan tentu saja hal tersebut bisa memberikan anak anda beberapa pertolongan pertama yang tentu saja bisa membantu anak anda jika memang mengalami keracunan makanan.

Jangan lupa perhatikan makanan maupun apapun yang anak anda konsumsi yah agar anak anda tetap sehat selalu.

Leave a reply
Memilih Makanan Terus? Ini CaranyaEdukasi Anak Selama di Rumah

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!