Kenalkan Kuman Dan Bakteri Ke Anak

21 April 2020

Ketika anda sedang mengajarkan anak anda untuk membersihkan tangan mereka, terkadang terasa sangat sulit karena anak biasanya akan mencari alasan untuk membersihkan tangan atau mencuci kaki mereka, dan anda sendiri harus segera menyiasati hal tersebut dengan memberitahu kepada anak anda tentang kuman dan bakteri yang ada di sekeliling kehidupan kita.

Terkadang memang kita tidak sabar untuk meminta anak kita membersihkan tangan atau kaki mereka sehabis mereka main dari luar, terutama ketika sedang banyak virus Covid-19 yang terjadi belakangan ini, tentu saja anda lebih peduli tentang kebersihan anak anda, dan untuk itu anda harus bisa perkenalkan kuman dan bakteri pada anak anda dengan cara yang tepat, agar anak anda mengerti betapa bahayanya kuman dan bakteri tersebut.

Kami akan beri panduan bagaimana anda harus memberikan pengertian kepada anak anda mengenai kuman dan bakteri yang tentu saja bisa berbahaya bagi anak anda dan bisa membuat anak anda menjadi sakit karena kedua hal tersebut, karena ketika anak anda mengerti, maka anak anda akan mengerti mengapa mereka harus membersihkan tangan dan kaki mereka sehabis mereka dari luar rumah atau bermain.

Ketika menjelaskan kepada anak anda, anda harus memiliki beberapa cara agar ketika anda memberitahu kepada anak anda, anak anda tidak merasa bosan, karena tentu saja ketika anak anda bosan, maka mereka akan merasa jenuh dan malas untuk mengerti hal tersebut.

Dan untuk itu, anda harus bisa mengajari anak mengenai hal tersebut dengan cara menarik, simak yuk tips dari kami.

Pakai perumpamaan

Anak kecil sebenarnya sudah bisa memahami apa yang kita ingin jelaskan, dan tentu saja hal itu harus kita jelaskan dengan cara yang tepat, salah satunya pakailah perumpamaan, anda bisa memberi contoh apabila kuman tersebut sebagai sebuah binatang kecil yang bisa membuat seseorang sakit.

Dan ketika binatang kecil ini menggigit atau hinggap pada si kecil, maka si kecil akan menjadi sakit, dan anda bisa menjelaskan kembali bahwa serangga kecil tersebut hanya bisa dilihat dengan mikroskop dan tidak bisa dilihat dengan mata normal.

Jelaskan ada dua jenis bakteri

Ketika anak anda sudah mulai besar, maka anda harus jelaskan kembali mengenai bakteri yang sejak kecil mereka mengerti atau pahami, anda bisa jelaskan bahwa bakteri ada dua jenis, yaitu bakteri baik dan juga bakteri jahat dimana bakteri baik namanya seperti probiotik, sedangkan yang buruk seperti virus influenza.

Ketika anak sudah besar, maka anda bisa menjelaskan perbedaan antara kedua-nya, dan dimana bakteri baik ada di obat seperti antibiotik, dan juga jelaskan kepada anak anda berulang kali di lain kesempatan agar anak anda tidak salah memahami hal tersebut, hal tersebut harus anda pastikan agar anak anda tidak salah paham mengenai hal tersebut.

Bantuan dari game

Anda bisa memakai bantuan dari game karena tentu saja game merupakan salah satu hal yang menarik perhatian si kecil untuk mempelajari mengenai kuman dan bagaimana cara menghentikannya.

Selain itu, anda bisa memberikan permainan kepada anak anda seperti memberikan gliter atau hal yang bisa mengotori tangan anak anda dan kemudian anda meminta anak anda membersihkan tangan mereka dari gliter atau hal kotor lainnya, dengan hal tersebut anak anda mengerti perbedaan tangan yang kotor maupun yang bersih dan anak anda mengerti hal tersebut dan akan lebih peduli dengan kebersihan tangan mereka.

Dengan memperhatikan kebersihan tangan anak anda, dan anak anda sudah mengerti mengenai kuman dan bakteri, maka anak anda akan lebih peduli mengenai kebersihan dan tentu saja hal tersebut akan membuat anak anda terhindar dari penyakit.

Leave a reply
Anak Tidur Malam Hari? Ini SebabnyaIni Perbedaan Alergi Dan Autoimun

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!