Ini Dia Manfaat Kerajinan Tangan Bagi Perkembangan Anak

9 January 2018

Para orang tua dapat membantu tumbuh kembang anak dengan mengarahkan mereka untuk melakukan kegiatan yang produktif sekaligus mengasah imajinasi dan kreativitas. Salah satu kegiatan yang dapat membantu tumbuh kembang mereka adalah membuat kerajinan tangan. Tidak hanya sekadar mengisi waktu luang, membuat kerajinan tangan dapat mengasah kreativitas dan kemampuan motorik yang sangat baik bagi perkembangannya. Berikut ini ada beragam manfaat kerajinan tangan bagi perkembangan anak yang perlu diketahui oleh para orang tua.

Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi Anak

Manfaat Kerajinan Tangan Bagi Perkembangan Anak

yecraftideas.com

Manfaat kerajinan tangan bagi perkembangan anak yang pertama adalah meningkatkan kreativitas dan imajinasinya. Bagus atau tidaknya hasil yang didapatkan bukanlah hal terpenting karena karya yang dibuat oleh si kecil adalah hasil dari imajinasi mereka. Imajinasi akan mengajarkan anak dalam menyelesaikan permasalahan mereka dengan cara sendiri.

Membuat kerajinan tangan menuntut si kecil untuk membuat sesuatu yang sesuai dengan apa yang mereka pikirkan. Kreativitas anak pun akan semakin berkembang melalui kegiatan ini.

Melatih Kemampuan Motorik

Manfaat Kerajinan Tangan Bagi Perkembangan Anak

magazine.orami.co.id

Melatih kemampuan motorik anak adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh para orang tua. Setiap anak memiliki kemampuan motorik yang berbeda-beda. Tidak perlu khawatir, kegiatan membuat kerajinan tangan dianggap efektif untuk membantu mengasah kemampuan motorik sang buah hati. Kegiatan motorik yang akan terasah saat membuat suatu prakarya adalah memotong, mengukur, menempel, mencocokkan, dan lain sebagainya.

Mengajarkan Kesabaran dan Ketelitian pada Anak

Manfaat Kerajinan Tangan Bagi Perkembangan Anak

roseart.com

Membuat prakarya yang bagus tentunya membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Melalui kegiatan membuat kerajinan tangan, para orang tua dapat mengajarkan kepada si kecil untuk sabar dan teliti agar hasil yang didapatkan maksimal. Anda bisa mendampingi si kecil dengan memberikan contoh atau instruksi agar mereka tidak kesulitan.

Mengendalikan Emosi Anak

Manfaat Kerajinan Tangan Bagi Perkembangan Anak

magazine.orami.co.id

Manfaat kerajinan tangan bagi perkembangan anak selanjutnya adalah mengendalikan emosinya. Sebagai contoh, kegiatan menggunting yang menuntut konsentrasi tinggi untuk mendapatkan potongan terbaik menuntut seseorang untuk bersabar. Dengan demikian, si kecil harus lebih bersabar dan hati-hati dalam menggunting agar hasilnya sesuai. Di sinilah anak akan belajar dalam mengendalikan emosi.

Mengajarkan Anak Mengikuti Instruksi

Manfaat Kerajinan Tangan Bagi Perkembangan Anak

magazine.orami.co.id

Saat anak membuat sebuah kerajinan tangan, mereka akan mempelajari pentingnya mengikuti instruksi yang ada. Permbuatan prakarya akan memberikan pelajaran secara tidak langsung pada si kecil untuk mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan agar hasilnya maksimal. Namun, hindari membatasi kreativitas mereka ya.

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Manfaat Kerajinan Tangan Bagi Perkembangan Anak

magazine.orami.co.id

Rasa percaya diri pada sang buah hati adalah hal yang penting untuk ditanamkan sejak dini agar tidak mudah minder. Kegiatan membuat kerajinan tangan dipercaya dapat membantu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

Menciptakan Momen yang Akan Diingat oleh Anak

Manfaat Kerajinan Tangan Bagi Perkembangan Anak

2.bp.blogspot.com

Manfaat kerajinan tangan bagi perkembangan anak yang tak kalah pentingnya adalah menciptakan momen menyenangkan. Membuat prakarya bersama orang tua adalah kegiatan yang bagus untuk dilakukan. Bukan tidak mungkin jika momen ini akan selalu diingat oleh sang buah hati saat usianya beranjak dewasa.

Nah, itu dia beragam manfaat kerajinan tangan bagi perkembangan anak yang penting untuk diketahui oleh para orang tua. Jadi, tidak ada salahnya mengisi waktu luang untuk membuat kerajinan tangan bersama anak. Selain baik bagi pertumbuhan anak, membuat kerajinan tangan juga dapat meningkatkan hubungan Anda dengan sang buah hati lho!

Leave a reply
Ingin Memilih Mainan untuk Anak? Tidak Harus Mahal, Berikut Ini Hal yang Perlu DiperhatikanTidak Selalu Buruk, Ini Dia Manfaat Main Game Bagi Anak yang Perlu Bunda Ketahui

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!