Ingin Gigi Anak Sehat? Yuk, Ajak Buah Hati Mengonsumsi Makanan Ini

10 March 2018

Sebagai orang tua, tentu Anda menginginkan gigi anak sehat dan terawat. Gigi anak sehat merupakan tanda bahwa seorang anak tumbuh dengan baik. Salah satu cara untuk merawat kesehatan gigi, adalah dengan menyikatnya secara teratur. Menyikat gigi penting untuk meminimalkan kerusakan gigi dan gusi. Selain itu, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk  meningkatkan kesehatan gigi dan gusi anak Anda. Berikut adalah makanan dan minuman tersebut.

Susu

Susu-sapi.co.id

Susu-sapi.co.id

Susu mengandung kalsium tinggi, vitamin D  dan fosfat yang bisa memperkuat tulang. Kandungan tersebut juga mampu merawat gigi agar tumbuh dengan sehat dan mencegahnya dari kerusakan dan gigi berlubang. Manfaat lain dari susu adalah melindungi anak dari penyakit gusi (periodontal), serta menjaga kesehatan tulang rahangnya agar selalu sehat dan  kuat. Penyakit gusi lebih banyak menyerang kaum perempuan, oleh sebab itu berikan susu lebih banyak pada anak perempuan Anda.

Keju

Keju-1.medium.com

Keju-1.medium.com

Keju merupakan produk olahan berbahan baku susu, jadi keju juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi gigi. Kandungan kalsium dan fosfor dalam keju dapat menghambat pelepasan email gigi. Hal tersebut karena keju mampu merangsang produksi air liur serta menghilangkan asam di rongga mulut. Nutrisi lemak yang terdapat dalam keju juga bisa mengurangi bakteri dan plak di dalam mulut.

Selain mampu mencegah kerusakan gigi, keju juga dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan gigi berlubang. Mengonsumsi keju secara teratur disertai sikat gigi sebelum tidur dan sehabis makan akan mempercepat proses penyembuhan. Terakhir, kandungan protein dalam keju juga bermanfaat sebagai pelindung mulut dan gigi.

Apel

Apel-i.ytimg.com

Apel-i.ytimg.com

Apel termasuk buah yang bisa memacu produksi air ludah yang berguna menjaga kesehatan mulut serta mencegah terjadinya gigi berlubang. Teksturnya yang keras saat dikunyah, membuat buah ini bisa berfungsi sebagai pengganti sikat dan membantu membersihkan noda yang terdapat pada gigi dan gusi. Kandungan mineral dan vitaminnya juga bermanfaat menjaga agar gigi anak sehat.

Jeruk

Jeruk-www.khasiat.co.id

Jeruk-www.khasiat.co.id

Buah yang mengandung banyak vitamin C ini memiliki beberapa fungsi bagi gigi, di antaranya merawat kesehatan gusi, memperkuat pembuluh darah serta jaringan ikat di rahang, dan mengurangi radang gusi (gingivitis). Rutin meminum jus jeruk mampu membantu Anda mengeluarkan bakteri di mulut. Namun, setelah mengonsumsi jus jeruk Anda mesti minum banyak air putih untuk melenyapkan rasa asam di mulut.

Cokelat Hitam

Cokelat Hitam-cloudfront.net

Cokelat Hitam-cloudfront.net

Pastikan cokelat hitam yang anak Anda makan bebas dari gula dan pemanis lainnya. Kandungan tanin dalam cokelat hitam bisa menghilangkan plak yang apabila bercampur dengan asam dapat memicu penyakit gusi. Cokelat hitam juga memiliki kandungan antioksidan berupa polifenol dan flavonoid. Polifenol berfungsi mengurangi jumlah bakteri jahat dalam mulut sehingga bisa mencegah penyakit gusi, napas tidak sedap, serta lubang gigi. Sedangkan flavonoid merupakan zat antikanker yang juga mampu mengurangi risiko gigi berlubang.

Kacang

Kacang-rajakacang.com

Kacang-rajakacang.com

Nutrisi yang dimiliki kacang-kacangan sangat banyak, seperti kalsium, kalium, fosfor, seng dan magnesium. Jenis kacang-kacangan yang paling banyak kalsiumnya adalah kacang almond dan kacang brazil; sedangkan kandungan serat terbanyak terdapat pada jenis kacang tanah, walnut, kacang mete, dan almond. Walaupun mempunyai kandungan agar gigi anak sehat, sebaiknya Anda berhati-hati saat mengunyah kacang karena teksturnya yang cukup keras dapat menyebabkan kerusakan gigi.

 

Demikianlah daftar makanan dan minuman yang mampu merawat gigi anak sehat. Semua makanan tersebut dapat dengan mudah Anda temukan di pasar atau toko dengan harga terjangkau. Selamat mencoba!

Leave a reply
5 Aktivitas Fisik yang Bermanfaat bagi Tumbuh Kembang AnakRamuan Alami untuk Menjaga Kesehatan Rambut Si Kecil

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!