Belajar dengan Aplikasi untuk Playgroup dan Anak TK

13 December 2016

Sudah lumrah terjadi, anak TK di masa kini menggunakan gadget di tempat umum ataupun di rumah. Seharusnya orang tua bisa membatasi anaknya menggunakan gadget. Namun demikian, orang tua sudah tidak perlu khawatir karena saat ini ponsel pintar dan tablet bisa dimanfaatkan untuk hal edukasi. Para pendiri melakukan inovasi dalam menyajikan aplikasi untuk anak TK dan playgroup.

Aplikasi ini dapat membantu anak belajar membaca, mengasah keterampilan, dan pengetahuannya. Contohnya, aplikasi yang memberikan pengetahuan tentang hewan-hewan di sekitar yang dilengkapi dengan suara, aplikasi yang mengajak anak untuk belajar matematika sejak dini, dan aplikasi yang mengajak anak untuk membaca.

  1. Toddler Counting 123 Kids Free

    kindergarten-206883_1280

    kindergarten-206883_1280

Dibuat oleh GiggleUp Kids Apps and Educational Games, adalah aplikasi yang mengajak anak TK dan playgroup untuk belajar menghitung dengan cara yang menyenangkan dan sangat mudah.

Setelah diunduh, laman akan menunjukkan gambar beragam hewan dengan tanda “?” lalu tekan tanda tersebut. Kemudian, akan masuk ke tahap menghitung. Ketika baru memasuki laman berhitung, akan muncul kata pengantar bersuara yang menjelaskan jika si anak harus menghitung gambar yang akan muncul. Akan disebutkan juga nama benda yang harus dihitung, sehingga anak-anak juga dapat belajar mengenal nama-nama benda.

  1. Marbel Belajar Huruf Alfabet

    Marbel Belajar Huruf Alfabet

    Marbel Belajar Huruf Alfabet

Aplikasi yang dibuat oleh Educa Studio ini sangat menarik untuk anak yang ingin belajar mengenal huruf. Pasalnya, aplikasi ini sudah didukung dengan Bahasa Indonesia. Anak akan diajak untuk mengenal bentuk dan suara huruf tersebut untuk belajar menyebutkan hurufnya.

Dengan menekan tanda panah pada bagian aneka warna, huruf akan bergeser dan akan terdengar suara yang menyebutkan huruf yang tergeser tersebut. Kemudian anak akan diajak untuk mengetahui nama benda apa saja, yang mempunyai huruf depan sesuai abjad tersebut. Seperti contoh, “A” untuk anggur, “B” untuk buku, “L” untuk lampu, dan seterusnya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyajikan permainan menarik untuk anak lainnya, seperti bernyanyi lagu anak. Ada banyak permainan menarik tentang huruf yang bisa dimainkan oleh anak, yaitu tebak huruf, gelembung huruf, mencocokkan huruf, tebak gambar, puzzle huruf, dan masih banyak lagi.

  1. Anak-anak Matematika TK

    Anak-anak Matematika TK

    Anak-anak Matematika TK

Anak TK sebaiknya dikenalkan dengan pelajaran matematika lebih dini melalui permainan sederhana, agar nantinya tidak terjadi suatu hal yang menakutkan ketika mendengar kata matematika. Aplikasi buatan Kids Game Learn ini adalah aplikasi yang mengajarkan anak berhitung, mengetahui operasi angka positif atau negatif, dan melakukan perkalian dan pembagian. Aplikasi ini bisa digunakan anak hingga mereka masuk ke jenjang Sekolah Dasar kelas 4.

Berbeda dengan cara belajar seperti halnya di sekolah, aplikasi ini membuat anak merasa senang karena dipenuhi dengan warna. Untuk operasi bilangan tambahan akan ada gambar seperti 5 anak perempuan dan 2 anak laki-laki dengan tanda “+” di antaranya. Kemudian si anak diminta untuk menghitung jumlah orang yang ada pada gambar. Sangat disayangkan bila aplikasi ini dilewatkan untuk membantu anak berkreasi dan mengembangkan kreativitasnya.

  1. 100 Suara Binatang

    100 Suara Binatang

    100 Suara Binatang

Micky Appz menciptakan permainan untuk belajar mengenal hewan secara digital. Permainan ini tidak hanya menampilkan gambar ataupun foto hewan, namun juga dengan suara 100 macam hewan yang ditampilkan pada gambar.

Ada beberapa pilihan klasifikasi hewan di halaman utama. Ada hewan ternak, mamalia, burung, hewan liar, hewan peliharaan, hewan air, serangga, reptil, hewan kartun, dan piano hewan. Anak pasti senang bermain dengan aplikasi ini, karena mereka dapat mengetahui beragam jenis hewan serta suaranya yang bisa mereka tirukan.

Demikian beragam aplikasi yang bisa orang tua unduh untuk anak TK dan Playgroup. Semoga bermanfaat.

Leave a reply
Tips Melatih Kemampuan Kognitif Anak Sejak DiniKetahui Kemampuan Anak Saat Ingin Masuk Sekolah TK

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!