Yuk, Dongkrak Nilai dengan Lima Teknik Belajar Cepat Berikut!

25 March 2017

Tidak dapat dimungkiri, belajar–bagi sebagian besar orang adalah hal yang menjemukan. Ada rasa bosan di sana; bahkan sering kali lelah dan kesal–lantaran materi yang diujikan sulit sekali dicerap oleh otak. Akibatnya bukan hanya soal nilai yang merosot. Lebih buruk lagi, kepercayaan diri pada satu mata pelajaran tertentu pun berisiko hilang. Padahal, ada teknik belajar cepat  yang bisa Anda jadikan solusi, lho. Hitung-hitung mendongkrak nilai menjadi lebih baik.

Adapun dengan metode yang tepat, siapa pun bisa jadi “pintar”. Alih-alih menghafal yang berpotensi bikin kepala penuh; seseorang akan dituntun untuk memahami dan mengerti. Memang, tidak menutup kemungkinan, tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama dalam menyerap materi. Itu sebabnya, belajar juga butuh teknik. Teknik sendiri dibutuhkan, supaya proses pembelajaran bisa lebih efektif dalam banyak hal seperti waktu, memori, hingga energi tubuh.

Nah, sebagai inspirasi belajar dengan lebih menyenangkan, berikut adalah lima teknik belajar cepat yang bisa langsung Anda praktikkan!

  1. Lingkungan Belajar yang Nyaman
Belajar - pixabay.com

Belajar – pixabay.com

Belajar memang bisa dilakukan di mana saja. Namun, tempat dan lingkungan yang nyaman tentu berpengaruh dalam proses belajar yang lebih efektif dan efisien, bukan?

Satu teknik belajar cepat dasar yang bisa Anda coba, yakni menentukan tempat belajar. Selain faktor kenyamanan (tidak terlalu panas/dingin); pilih pula lingkungan yang jauh dari keributan. Tujuannya, agar Anda bisa lebih fokus dalam belajar.

Oh ya, lantaran masing-masing orang punya “siklus produktif” yang berbeda, jangan lupa untuk belajar pada waktu yang mendukung. Entah saat subuh, sehabis bangun tidur, sebelum tidur, atau di tengah malam–pastikan Anda sedang dalam kondisi yang “segar” fisik maupun emosi, ya.

  1. Lebih Banyak Membaca
Membaca

Membaca – Pixabay.com

Untuk beberapa mata pelajaran yang dianggap sulit, cobalah untuk mengakalinya dengan mempelajari ulang setelah kelas selesai. Satu cara ringan yang bisa Anda coba; yakni dengan membaca materi minimal dua kali per hari, untuk membantu memori menyimpan materi tersebut dengan lebih lama.

  1. Jangan Sekadar Menghafal
Merangkum Materi pelajaran

Merangkum Materi pelajaran – Wikimedia.org

Setelah membaca, Anda bisa membuat rangkuman singkat (kesimpulan) dari bahan bacaan tersebut. Nah, alih-alih menghafal, cobalah untuk terlebih dulu mengumpulkan poin penting, lalu ambil satu kata kuncinya. Kata kunci ini sendiri berguna–untuk menyingkat maksud dari bab/kalimat/paragraf yang sedang Anda baca. Adapun secara otomatis, otak akan “memanggil” seluruh pengetahuan yang kita simpan sebelumnya; begitu kita mengingat kata kunci tadi. Lebih mudah, bukan?

  1. Jangan Memaksa
Belajar

Belajar – pixabay.com

Otak, sebagai bagian dari tubuh juga punya kapasitasnya sendiri. Jangan terlalu memaksakan diri untuk belajar; apalagi dengan sistem SKS (sistem kebut semalam). Itu sebabnya, Anda disarankan untuk fokus pada satu mata pelajaran saja dalam satu waktu. Ibarat botol air yang akan tumpah jika dituang air dalam jumlah banyak, belajar dengan sistem SKS akan membuat otak Anda kelebihan “muatan”.

Berilah tubuh sedikit jeda, terutama ketika Anda sudah merasa jenuh atau hilang. Adapun jenis istirahat ini beragam, bisa dengan mendengarkan musik, bermain, atau sekadar jalan-jalan di luar rumah.

  1. Buat Kelompok Belajar
Belajar kelompok

Belajar kelompok – pixabay.com

Membuat kelompok belajar merupakan satu teknik belajar cepat yang umum digunakan, terutama untuk beberapa materi yang dianggap sulit, misalnya, matematika. Harus dipahami, hal ini bisa sangat efektif–terutama ketika Anda memiliki teman belajar yang serius. Adapun fungsinya, agar Anda bisa saling “menguji”, mengoreksi, dan mendiskusikan materi dengan saling bertanya.   

Itulah lima teknik belajar cepat yang dapat Anda praktikkan. Harus dipahami, kelima cara ini belum tentu cocok untuk semua orang. Nah, bagi Anda yang memiliki satu rekomendasi cara bikinan sendiri, bisa ikut berbagi dengan menuliskannya di kolom komentar.

Leave a reply
Tips Memilih Pre-School Terbaik bagi Anak5 Tips Menenangkan dan Mengatasi Anak Hiperaktif
All comments (1)

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!