Atur Jam Tidur Terbaik Anak Anda

24 August 2020

Saat ini biasanya setiap orang tua akan memiliki masalah dengan anak mereka dan salah satunya adalah waktu tidur anak, banyak penelitian yang mengatakan bahwa anak-anak biasanya memiliki kekurangan waktu tidur kurang lebih satu jam, dan tentu saja hal tersebut terkadang membuat orang tua menjadi pusing karena mereka ingin tidur mereka lebih cepat dan agar tidur mereka cukup dan anda harus bisa atur jam tidur terbaik anak anda agar anak anda memiliki waktu tidur yang cukup.

Hal tersebut tentu saja bisa mempengaruhi gaya hidup anak mereka, dan tentu saja bisa mengganggu orang tua dikarenakan anak yang kurang tidur maka anak akan rewel dan tentu saja akan membuat segalanya menjadi runyam bukan, karena anda tahu sendiri jika anak mengalami tidur yang kurang, maka itu akan menjadi hal yang tentu saja membuat orang tua repot.

Menurut beberapa penelitian, anak-anak sebelum tidur lebih baik tidak boleh bermain dengan gadget, televisi, laptop, ataupun layar hp mereka, karena hal tersebut bisa mengganggu jam tidur anak anda, dan tentu saja anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan.

Sebagai orang tua, kita juga harus bisa menjadi contoh agar anak kita mengikuti gaya tidur kita, dan untuk itu juga kita juga harus menghindari alat elektronik tersebut, hindari memainkan hp maupun gadget anda ke kamar, karena itu akan menjadi dampak positif bagi anda, dan juga untuk anak anda, selain jam tidur anak anda akan menjadi baik, jam tidur anda juga menjadi teratur juga, karena seperti kita ketahui, kekurangan tidur akan menjadi masalah serius bagi anak-anak dan juga orang dewasa.

Beberapa hal termudah yang anda bisa lihat adalah konsentrasi si kecil akan terganggu ketika mereka sedang belajar di sekolah, dan juga bisa membuat imun si kecil menjadi lemah, meningkatkan obesitas, dan juga suasana hati si kecil tentu saja tidak akan teratur. Setelah anda sudah menerapkan jam tidur tersebut pada keseharian si kecil, anda bisa hitung tidur anak anda, karena di usia 5 hingga 12 tahun, anak anak harus tidur berkisar 10 hingga 11 jam di malam hari, sedangkan ketika usia remaja, mereka butuh waktu tidur 8 hingga 10 jam, tetapi menurut beberapa penlitian hanya ada 15% remaja yang bisa tidur cukup.

Selain menghindari elektronik sebelum waktu tidur, anda bisa melakukan beberapa hal agar jam tidur anak anda tidak terganggu setiap malamnya.

Kurangi kafein

Memang ketika membaca ini anda akan bingung karena anak anda tidak mungkin minum kopi bukan ketika kecil, tetapi anda perlu tahu, kafein dari minuman seperti minuman bersoda, bahkan ada juga di permen cokelat yang mungkin saja mereka makan, hal tersebut bisa membuat mereka tetap segar hingga malam hari, karena itu anda tidak boleh untuk membiarkan anak anda mengonsumsi soda maupun makan permen ketika mereka sudah ingin tidur, ketika anak anda lebih sensitif, maka anda bisa melarang anak anda mengonsumsi dua hal tersebut setelah jam makan siang usai.

Ikuti jam tidur

Ini adalah tugas terberat bagi orang tua dimana anda harus memastikan jam tidur anak anda agar dapat beristirahat dengan benar, dan anda juga harus minta untuk konsisten agar anak anda dapat melakukan hal tersebut, jika anak anda sudah terbiasa tidur jam 9 malam, dan bangun jam 6 pagi, maka anda bisa membiasakan hal tersebut setiap malam pada jam 9 agar anak anda tidur, anda sendiri bisa menyalakan di perangkat elektronik anda untuk program “do not disturb” yang ada agar pada jam tersebut, perangkat elektronik anda tidak bisa diganggu, maka jam tidur anda dan anak anda akan menjadi lebih nyenyak.

Jangan menonton film horor

Ketika anak anda sedang ingin menonton, anda harus ingat bahwa jangan pernah mengajak anak anda menonton film horor dikarenakan hal tersebut bisa membuat anak anda menjadi ketakutan dan membuat mereka takut untuk tidur atau sulit tidur, dan lebih baik jika anak anda menonton tersebut, maka anda bisa mengajak anak anda menonton genre film lain, karena itu bukanlah hal yang tepat jika anda ingin mengajak nonton anak anda film horor.

Mandi sore

Anda juga bisa mengajak anak anda mandi sore sebelum tidur karena akan menjadikan anak anda memiliki efek mengantuk pada malam hari, anda bisa menggunakan. air hangat agar tidur si kecil menjadi lebih pulas, dan anda perlu ingat, ketika anak anda usai mandi, jangan biarkan anak anda berkeringat yang bisa membuat anak anda tidak nyaman ketika mereka ingin tidur.

 

Jadi anda harus biasakan jam tidur terbaik anak anda agar anak anda bisa menjalankan keseharian mereka dengan baik dan tentu saja agar jam tidur anda juga tidak terganggu dengan hal tersebut.

Leave a reply
Permainan Menurut Gender, Perlukah?Bawa Ini Ketika Ajak Anak Mandi

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!