Tips Ampuh Menghadapi Anak Susah Minum Obat

5 March 2018

Minum obat menjadi salah satu ritual yang menyeramkan bagi sebagian besar anak-anak. Anak susah minum obat biasanya karena mereka berpikir bahwa obat adalah sesuatu yang sangat pahit dan tidak layak untuk diminum. Meskipun begitu, ketika anak sedang sakit, maka anak tetap harus minum obat. Lalu, bagaimana cara membuat anak menjadi tak takut ketika akan minum obat? Ini dia caranya.

Beri Pengertian pada Anak

Beri Pengertian pada Anak-rockingmama.id

Beri Pengertian pada Anak-rockingmama.id

Beri pengertian yang baik dan tepat pada anak sejak dini. Ketika anak sudah mulai sadar bahwa ketika ia sakit maka ia harus minum obat, di situlah saat yang tepat untuk memahamkan anak. Pahamkan kepada mereka bahwa obat bukanlah satu hal yang harus ditakuti. Obat bisa membantu si kecil dalam mendapatkan kesembuhannya kembali. Dengan adanya sugesti yang positif, perlahan-lahan anak akan mau menerima dan mau meminum obat tanpa rewel.

Latihlah Anak untuk Melakukan Simulasi Minum Obat dengan Permen

Latihlah Anak untuk Melakukan Simulasi Minum Obat dengan Permen-www.autoimuncare.com

Latihlah Anak untuk Melakukan Simulasi Minum Obat dengan Permen-www.autoimuncare.com

Sebagai latihan bagi anak susah minum obat, ajarkan si kecil untuk melakukan simulasi. Dalam simulasi ini, berikan ia satu butir permen padat yang berukuran sebesar tablet kecil. Mintalah anak untuk berlatih meminumnya dalam sekali telan dengan bantuan air putih atau teh. Dengan cara ini, anak akan berlatih minum obat dengan cara yang menyenangkan.

Latih Anak untuk Minum Obat dengan Bantuan Makanan

Latih Anak untuk Minum Obat dengan Bantuan Makanan-magazine.orami.co.id

Latih Anak untuk Minum Obat dengan Bantuan Makanan-magazine.orami.co.id

Jika dengan cara nomor dua tersebut anak masih sulit untuk menelan obat dengan air, maka Anda bisa mengajarinya untuk minum obat dengan makanan. Makanan yang digunakan bisa bervariasi, misalnya bubur, pisang, roti, bahkan nasi.

Mintalah anak untuk mengunyah makanan tersebut hingga halus dan larang ia untuk langsung menelannya. Kemudian, ajarkan ia untuk meletakkan sebutir permen padat kecil yang diibaratkan sebuah obat tablet di tengah makanan tersebut. Lalu, minta si kecil untuk menelan makanan yang ada di mulutnya.

Lakukan latihan ini berulang-ulang. Namun, yang wajib Anda ingat adalah jangan memaksakan latihan ini jika anak tak mau melakukannya. Sebaiknya, beri ia pengertian terlebih dahulu mengapa ia tak boleh takut minum obat. Jika ia sudah menunjukkan keberaniannya, maka orang tua bisa melanjutkannya ke tahap simulasi minum obat.

Berikan Minuman atau Makanan yang Ia Sukai sebagai Reward

Berikan Minuman atau Makanan yang Ia Sukai sebagai Reward-magazine.orami.co.id

Berikan Minuman atau Makanan yang Ia Sukai sebagai Reward-magazine.orami.co.id

Ketika anak susah minum obat, maka orang tua bisa melakukan beragam variasi cara untuk membuat anak bisa minum obat tanpa terpaksa. Salah satunya adalah dengan memberinya iming-iming makanan atau minuman yang disukainya jika ia mau minum obat tanpa rewel. Anak-anak biasanya akan bersemangat dalam melakukan sesuatu jika ia diberikan iming-iming suatu hadiah.

Namun, jangan terus-menerus memberikan iming-iming tersebut ya. Anda boleh sesekali memberikan hadiah untuk si kecil ketika ia mau minum obat. Ketika memberikan hadiah pada sang buah hati, sisipkan nasihat padanya untuk belajar minum obat tanpa harus diberi hadiah.

Suruh Anak Mengulum Es Batu sebelum Minum Obat

Suruh Anak Mengulum Es Batu sebelum Minum Obat-magazine.orami.co.id

Suruh Anak Mengulum Es Batu sebelum Minum Obat-magazine.orami.co.id

Es batu bisa membuat syaraf di lidah menjadi mati rasa sementara. Maka, suruh anak untuk mengulum es batu berukuran kecil tepat sebelum ia minum obat. Es batu yang diberikan pun cukup yang kecil saja, kira-kira seukuran permen. Setelah es batu mencair, suruh anak untuk meminum obatnya.

Tips kelima ini hanya boleh dilakukan oleh anak yang sudah berusia dua tahun ke atas ya. Anak di bawah 2 tahun belum bisa mengulum es dengan sempurna. Maka, risiko tersedak pun bisa mengintai anak. Hati-hati juga ketika mengaplikasikan tips ini. Pastikan anak tak sedang demam dan batuk, karena suhu dingin pada es batu bisa memperparah demamnya dan mengiritasi tenggorokannya.

Itu tadi 5 cara mengatasi anak susah minum obat. Cara mana yang akan Anda gunakan untuk mengatasi masalah anak susah minum obat?

Leave a reply
Jangan Lakukan Kebiasaan-Kebiasaan Ini Jika Tak Mau Punya Anak ManjaTertarik Mengaplikasikan Cat Rambut pada Anak? Ketahui Dulu Risiko dan Bahaya yang Mengintai

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!