Anak Rewel Saat Makan? Begini Cara Mengatasinya

6 January 2018

Orang tua kerap kali merasa kebingungan menghadapi anak rewel saat makan. Mereka menjadi pemilih dan cenderung enggan melahap makanan yang sudah Bunda siapkan. Nafsu makan anak memang kerap kali berubah, tapi tentu saja Anda tidak boleh membiarkan hal ini terjadi berlarut-larut.

Ada berbagai penyebab yang memicu anak rewel saat makan, salah satunya adalah makanan yang tidak disukainya. Melibatkan sang buah hati dalam mempersiapkan makanan dianggap ampuh untuk meningkatkan nafsu makannya. Selain itu, ada juga cara-cara lain yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi anak rewel ketika makan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Membiasakan Makan Bersama Anak

anak rewel saat makan

cdns.klimg.com

Membiasakan makan bersama si kecil adalah salah satu cara jitu untuk mengatasi anak rewel saat makan. Anda bisa membiarkannya duduk dan makan dengan cara sendiri, meskipun makanannya berantakan. Anda bisa memperbaiki cara makan anak dengan memberi contoh yang baik.

Menghilangkan Gangguan Ketika Makan

anak rewel saat makan

fthmb.tqn.com

Saat anak rewel dan enggan untuk makan, maka Anda perlu menghilangkan segala jenis gangguan. Beberapa anak terbiasa makan dengan melakukan beberapa hal lain, seperti menggambar, menulis, bermain, dan aktivitas lainnya. Cara ini dianggap ampuh untuk membuat si kecil mau makan, tapi ternyata kegiatan-kegiatan tersebut malah memicu si kecil jadi susah untuk makan. Sebaiknya, ajarkan anak untuk makan dengan cara yang tepat agar mereka terbiasa melakukannya.

Menerapkan Aturan

anak rewel saat makan

oatmeal.perutgendut.com

Orang tua juga perlu menerapkan aturan yang tepat agar anak mengerti bagaimana cara makan dengan baik. Buatlah aturan yang sederhana, seperti makan saat lapar, tidak berteriak ketika makan, dan kapan harus berhenti untuk menyantap hidangan. Aturan-aturan tersebut dianggap dapat mendisiplinkan anak sehingga tumbuh kembang mereka dapat dimaksimalkan dengan baik.

Tidak Memaksa Anak

anak rewel saat makan

images.parents.mdpcdn.com

Hindari memaksa anak saat dia sedang rewel. Jika Anda terus menekannya, mereka akan semakin enggan untuk makan. Sebaliknya, cobalah untuk membujuk dengan lembut dan berikan pengertian kepada mereka untuk melahap makanannya. Selain itu, jangan menyuruh si kecil melanjutkan makanannya saat dia sudah merasa kenyang karena ini akan memicu mereka menjadi muntah dan mengeluarkan semua makanannya.

Membuat Kreasi Makanan yang Menarik

anak rewel saat makan

cdn.skim.gs

Pernahkah Anda berpikir kalau si kecil rewel saat makan karena hidangannya tidak sesuai dengan selera? Yuk, coba kreasikan makanan untuk sang buah hati agar mereka tidak bosan menyantapnya. Anda bisa mengubah setiap menu dengan potongan sayur berbentuk karakter lucu. Dijamin, anak akan lebih senang melahapnya.

Melibatkan Anak di Dapur

anak rewel saat makan

img.aws.livestrongcdn.com

Cobalah untuk sesekali melibatkan anak saat membuat makanan di dapur. Namun, cara ini harus disesuaikan dengan usia si kecil. Anda bisa memberikan sayuran atau buah dan mintalah mereka untuk berkreasi dengan beberapa perlengkapan yang Anda berikan. Pilihlah perlengkapan yang aman dan hindari benda tajam agar tidak membahayakannya.

Hindari Membentak Anak

anak rewel saat makan

media3.s-nbcnews.com

Membentak bukanlah cara yang tepat untuk menghadapi anak rewel saat makan. Membujuk si kecil memang gampang-gampang susah sehingga perlu kesabaran untuk melakukannya. Berikanlah pengertian kepada anak agar mereka mengerti bahwa makan adalah aktivitas penting dalam hidup.

Nah, itu dia beberapa cara jitu yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak rewel saat makan. Jadi, mulai sekarang Bunda tidak perlu lagi merasa bingung saat si kecil enggan menyantap makanannya. Sebagai orang tua, Anda perlu bersabar dalam menghadapi sang buah hati. Jangan sesekali memarahi atau membentak anak karena akan berdampak negatif yang membuat mereka semakin enggan untuk menyantap hidangan yang Bunda siapkan. 

Leave a reply
7 Cara Mengatasi Anak Suka MemukulIngin Memilih Mainan untuk Anak? Tidak Harus Mahal, Berikut Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!