Anak Kecanduan Gadget? Lakukan 5 Tips Berikut Ini

27 September 2017

Perkembangan teknologi dan dunia digital yang semakin melesat menjadikan keberadaan ponsel pintar tak bisa lepas dari keseharian kita. Bahkan, kini tidak hanya remaja dan orang dewasa, anak-anak pun sudah tak bisa lepas dari benda ini. Tidak heran, karena dengan satu benda saja, kita sudah bisa mendapatkan berbagai kemudahan. Padahal, tanpa disadari, hal ini akan membuat anak kecanduan gadget.

 

Jika sudah kecanduan, dampak yang akan muncul pun beragam. Anak akan lupa bagaimana caranya bersosialisasi dan bermain bersama teman-teman sebaya, karena saat di luar rumah pun, mereka tak bisa lepas dari ponsel. Tentunya, hal ini akan memberikan pengaruh negatif bagi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, untuk mengatasi anak kecanduan gadget, Anda bisa mencoba tips ampuh berikut.

 

Jangan Memegang Ponsel Saat Sedang Bersama Anak

Jangan Memegang Ponsel Saat Sedang Bersama Anak

Jangan Memegang Ponsel Saat Sedang Bersama Anak

Anak cenderung akan merasa penasaran dengan apapun yang tampak asing bagi mereka. Sebelum anak mengenal ponsel, sebaiknya hindari kehadiran benda tersebut ketika Anda sedang bermain bersama mereka. Jangan sampai waktu yang Anda miliki bersama buah hati menjadi terganggu karena pemberitahuan yang masuk ke ponsel.

 

Berikan Buah Hati Mainan Pengganti

Ajak Anak Main Puzzle

Ajak Anak Main Puzzle

Memang, ada banyak permainan seru yang bisa diunduh dengan mudah melalui ponsel pintar. Tetapi, hal tersebut justru akan menjadi pemicu utama anak kecanduan gadget. Anda bisa menyiasatinya dengan membelikan mainan pengganti, seperti Lego, puzzle bongkar pasang, pasir magnetik, dan lain sebagainya. Meskipun cara ini terbilang kurang efektif, tetapi jika Anda membiasakannya, anak pun akan lupa pada permainan online.

 

Isi Waktu Anak dengan Berbagai Kegiatan Positif

Biarkan Anak Kursrus Bahasa Asing

Biarkan Anak Kursrus Bahasa Asing

Anak akan lebih mudah merasa bosan, terlebih jika memiliki banyak waktu luang. Anda bisa menawarkan berbagai aktivitas positif untuk mengisi waktu luang mereka, seperti ikut kursus musik, bergabung dalam klub olahraga yang mereka sukai, mengikuti kursus bahasa asing, dan lain sebagainya. Berbagai aktivitas tersebut akan menghindarkan buah hati dari efek negatif gadget.

 

Biarkan Anak Bermain di Luar Rumah

Birakan Anak Bermain Di Luar Rumahh

Birakan Anak Bermain Di Luar Rumah

Banyaknya bahaya yang mengancam anak membuat banyak orang tua melarang buah hati mereka untuk berinteraksi dengan dunia luar. Terlebih jika orang tua tidak bisa mengawasi mereka, misalnya ketika Anda tengah bekerja. Akan tetapi, membiarkan anak bermain di luar rumah menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi anak kecanduan gadget. Oleh karena itu, biarkan mereka bermain bersama teman sebaya di luar.

 

Berikan Waktu Anda untuk Bermain dengan Buah Hati

Luangkan Waktu Untuk Anak

Luangkan Waktu Untuk Anak

Tentunya, tak banyak waktu yang bisa Anda habiskan bersama buah hati saat hari kerja. Oleh karena itu, habiskanlah waktu dengan mereka di saat akhir pekan. Anda bisa mengajak mereka memancing, berkemah, berlibur ke tempat favorit atau tempat bermain kesukaan mereka. Dengan demikian, anak tidak akan merasa bosan dan terlupakan karena kesibukan orang tua mereka. Perlu diingat bahwa kesibukan orang tua juga menjadi salah satu sebab utama anak kecanduan gadget.

 

Memberikan fasilitas berupa ponsel tidak salah, karena dengan ponsel, Anda akan lebih mudah berkomunikasi dengan buah hati. Namun, agar fungsinya tepat, sebaiknya jangan berikan ponsel pada buah hati sebelum mereka berusia 17 tahun. Pasalnya, kasus anak kecanduan gadget justru banyak terjadi pada rentang usia tiga hingga 10 tahun. Hal ini disebabkan karena orang tua memperkenalkan ponsel terlalu dini pada anak, atau sibuk dengan ponselnya ketika sedang bersama dengan buah hati.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
5 Permainan Edukatif untuk Anak Usia DiniBegini Cara Efektif Mengajari Anak Membersihkan Kamar Tidur Sendiri
All comments (1)
  • klasiccustom
    21 August 2018 at 21:47

    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat,, Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru? Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ […] Read MoreTerimakasih artikelnya sangat bermanfaat,, Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru? Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya. Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :) Read Less

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!