Anak Belum Cas Cis Cus? Pelajari 7 Cara Melatih Bayi Cepat Bicara Berikut Ini

8 May 2018

Salah satu kemampuan anak yang ditunggu-tunggu selain bisa berjalan adalah dapat mulai berbicara. Sayangnya, kemampuan berbicara anak berbeda satu dengan yang lain, ada yang cepat atau sebaliknya. Berikut merupakan beberapa cara melatih bayi cepat bicara yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Berbicara pada anak setiap hari

Melatih Bayi Cepat Bicara

hellosehat.com

Mungkin banyak orang tua terutama ibu yang tidak sadar, bahwa perkembangan bicara dan bahasa anak akan terpicu dengan cepat, ketika ibu ‘cerewet’ sehari-harinya.

Lepas dari sifat orang tua yang pendiam, sikap pasif sangat tidak disarankan. Penerapan termudah melatih bayi cepat bicara adalah dengan memberikan penjelasan pada setiap aktivitas anak, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali.

Sebagai contoh, ketika anak bangun tidur, Anda bisa menyapanya, mengajaknya berdoa, lalu bertanya hari ini anak mau melakukan apa saja. Berbicaralah seolah anak sudah mampu membalasnya.

Menggunakan metode bernyanyi

Melatih Bayi Cepat Bicara

inurdu.pk

Bayi secara alami memiliki kepekaan terhadap bentuk vokal berupa nyanyian. Bila Anda sudah pernah dan rutin memperdengarkan musik positif sejak dalam kandungan, kemungkinan besar anak akan lebih mudah mulai berbicara.

Nada-nada dalam musik atau melodi yang diperdengarkan pada anak membantunya untuk mempelajari bahasa ke depannya. Hal ini dikarenakan adanya penekanan tertentu pada rangkaian kata-kata atau ritme daripada berbicara biasa.

Mengetahui kata pertama untuk anak

Melatih Bayi Cepat Bicara

Wallpapers.99px.ru

Dalam penelitian yang melibatkan anak-anak di negara Jerman, terbukti bahwa 85% bayi akan menyebutkan “mama” sebagai kata pertamanya. Sisanya, akan mengucapkan “papa” sebagai awal mereka berbicara.

Hasil penelitian di Jerman tersebut sebenarnya sangat relevan untuk diterapkan di negara-negara lain, mengingat nama panggilan ibu di berbagai negara hampir tak ada perbedaan.

Di Indonesia, kata “mama” juga menjadi kata favorit pertama yang biasanya muncul lebih dulu daripada panggilan anak ke ayahnya. Selain “mama”, kata pertama anak akan menyesuaikan dengan panggilan anak ke ibunya.

Mempelajari kata-kata apa saja yang mudah diucapkan

Melatih Bayi Cepat Bicara

uzone.id

Faktanya, memang ada huruf-huruf yang ketika disebut dapat dilihat. Misalnya, huruf “M” untuk “mama”, “B” untuk “bola”, dan huruf “P” untuk “pinguin”. Huruf dan kata tersebut memiliki bunyi yang sangat jelas ketika diucapkan.

Jadi, jangan heran apabila anak mudah mengucapkan “mama”, “papa”, atau “bobo” sebagai kata pertamanya. Hal ini karena kata-kata tersebut menggunakan konsonan bilabial dalam pengucapannya.

Bercerita atau mendongeng

Melatih Bayi Cepat Bicara

okeinfo.net

Siapa yang tak suka mendengarkan cerita? Tak terkecuali anak yang sedang belajar berbicara.

Melatih bayi cepat bicara dengan cara mendongeng adalah dengan memperdengarkan atau membacakan sebuah cerita positif secara rutin untuk anak. Anda juga bisa menggunakan karakter fiktif, berupa boneka tangan atau benda apa pun sebagai subjek untuk lebih menarik perhatian.

Bermain bersamanya

Melatih Bayi Cepat Bicara

orami.co.id

Melatih bayi cepat bicara dapat diinisiasi lewat permainan apa pun yang melibatkan orang tua dengan anak. Anda bisa mencoba cara ini dengan menggunakan flash card sederhana yang memiliki gambar-gambar di atasnya.

Anda cukup menyebutkan nama gambar-gambar di flash card tersebut dan meminta anak untuk menirukannya, sekalipun dia belum bisa berbicara sama sekali. Lebih jauh, bila anak sudah mulai bisa berbicara, minta anak sendiri untuk mengucapkan.

Menanggapi ocehan anak

Melatih Bayi Cepat Bicara

orami.co.id

Bila di cara pertama sebelumnya harus aktif mengajak anak berbicara, di poin ketujuh ini, Anda sebaiknya siap sedia untuk menanggapi ocehannya.

Dalam menanggapi ocehan anak yang kemungkinan besar belum jelas, tidak perlu berusaha terlalu keras untuk mengerti. Cukup tersenyum atau tertawa sambil menanyakan apa yang dimaksud dengan ocehannya tersebut.

Itulah 7 cara terbaik melatih bayi cepat bicara yang bisa Anda terapkan segera. Ingat, apa-apa yang Anda katakan terutama ucapan ibu akan tersimpan dalam ingatannya dan akan menirunya suatu saat nanti. Pastikan ajarkan anak kata-kata positif yang dapat mengasah kepercayaan diri mereka di masa depan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Kenali Gejala Demam Berdarah Dengue Pada Anak Sekarang Juga!4 Cara Jitu Mengatasi Anak Ngompol

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!