8 Tips Kuliah di Luar Negeri, Nomor 4 Nggak Sulit Kok

18 May 2019

Memperoleh beasiswa bukanlah hal yang mudah. Berbagai tes dan uji kompetensi dilakukan untuk menyaring pelajar yang betul-betul berkompetensi tinggi dalam bidang tertentu. Oleh karena itu, diperlukan berbagai macam trik dan tips agar dapat meraih satu dari berbagai beasiswa yang ditawarkan:

1. Berburu Beasiswa

Luar Negeri

pexels.com

Saat ini, Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kementerian Pendidikan Nasional menyediakan Beasiswa Unggulan (BU) yang terbuka lebar bagi siapa saja, mulai dari fresh graduate, pegawai, sampai mereka yang berprestasi dalam bidang tertentu.

BU Kemendikbud ini bukan hanya menawarkan pendidikan di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Bahkan BU Kemendikbud juga menawarkan program double degree antara universitas di Indonesia dan universitas di luar negeri. Jadi, dengan mengikuti program tersebut, kamu bisa mendapatkan dua gelar sekaligus. Jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh BU ini mulai dari S1, S2, sampai S3.

Kamu juga bisa memperoleh beasiswa dari institusi luar negeri karena memang banyak negara yang memberikan beasiswa kepada orang Indonesia. Bila kamu berminat, bisa menghubungi kedutaan besar negara pemberi beasiswa yang ada di Indonesia secara langsung atau juga bisa melalui situs webnya.

2. Menghadapi Ujian Kompetensi Bahasa Inggris

Agar dapat lolos pendaftaran dengan aman, calon mahasiswa yang akan belajar di luar negeri harus mempunyai skor TOEFL minimal 550 atau skor IELTS minimal band 6, tergantung jenis ujian mana yang dipersyaratkan universitas. Namun, ada pula fakultas yang mempersyaratkan nilai lebih tinggi.

Buat kamu yang ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris, bisa bergabung dengan Educenter BSD City yang berlokasi di Tangerang Selatan. Di sini kamu akan dibimbing oleh institusi pendidikan bahasa Inggris terkemuka agar nilai TOELF dan IELTS-mu memperoleh hasil yang memuaskan.

3. Bergabung dengan Uniprep

Luar Negeri

pexels.com

Kamu kamu punya mimpi kuliah di Australia, kamu bisa mengikuti sekolah persiapan. Uniprep adalah UNSW Foundation (The University of New South Wales) yang berlangsung di Jakarta sejak tahun 1994. Setelah menyelesaikan Uniprep, kamu bisa masuk ke kampus UNSW ataupun delapan kampus lainnya yang berada di Australia. Educenter BSD City adalah salah satu tempat Uniprep yang bisa kamu ambil.

4. Menyiapkan Barang Bawaan

Barang-barang yang perlu dibawa saat akan kuliah negeri biasanya: a) Paspor dan visa, b) SIM (Surat Izin Mengemudi) yang nantinya bisa diterjemahkan sebagai bukti bahwa kamu telah memenuhi kualifikasi menggunakan kendaraan bermotor, c) Ijazah, d) Sertifikat IELTS atau TOEFL, e) Pas foto, f) Surat-surat yang dibutuhkan untuk pendaftaran, g) Pakaian, peralatan ibadah, sepatu, dan sandal, h) Makanan, i) Obat-obatan, j)Kosmetik, l) Barang elektronik (Laptop, HP, charger, dll).

5. Tempat Tinggal

Luar Negeri

pexels.com

Pada umumnya, universitas di luar negeri memiliki hostel atau asrama bagi pelajarnya. Keuntungan tinggal di hostel yang berada di lingkungan kampus adalah kemudahan akses untuk kuliah, perpustakaan, laboratorium, dan tersedianya layanan internet. Dengan demikian, kamu tak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi dari tempat tinggal ke kampus.

6. Cara Belajar

Saat kuliah di luar negeri, kamu dituntut untuk benar-benar mandiri dan tidak hanya mengandalkan materi yang disiapkan oleh dosen. Dosen hanya memberikan referensi buku-buku yang harus dipelajari untuk mata kuliah yang dia ampu. Untuk menyiasati cara belajar seperti itu, kamu harus memiliki pengaturan waktu yang baik agar semua tugas dapat diselesaikan tepat waktu.

7. Mengenali Budaya Lokal

Luar Negeri

pexels.com

Sebelum berangkat ke negara tujuan, ada baiknya mencari informasi tentang budaya yang berlaku di daerah tersebut. Seperti bahasa lokal, kebiasaan, cara menyapa, cara berpakaian, bertamu, cara basa-basi dan menolak permintaan, serta adat-istiadat lainnya yang berlaku di negara tersebut.

8. Faktor Finansial

Mahasiswa dengan keuangan mepet harus pandai-pandai mengelola keuangan pribadi saat studi di luar negeri. Pertimbangkanlah setiap uang yang akan kamu keluarkan.

Demikianlah tips-tips kuliah di luar negeri yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat.

Leave a reply
8 Jurus agar Bisa Tembus PTN TopBuah hati Anda terlalu aktif? Jangan Diabaikan, Kenali 7 Gejala ADHD pada Balita

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!