Camilan Sehat untuk si Kecil yang Mudah Dibuat di Rumah

December 07, 2017

Pernahkah si kecil malas makan? Gangguan makan pada anak memang merupakan masalah umum yang sering terjadi. Keengganan si kecil untuk makan bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena bosan. Mengonsumsi makanan yang relatif sama dari hari ke hari tentu membuat anak merasa bosan, oleh karena itu orang tua perlu menyiapkan makanan yang bervariasi, termasuk camilan atau makanan kecilnya.
Untuk meningkatkan selera makan anak dan memenuhi kebutuhan nutrisinya, berikut beberapa rekomendasi camilan sehat untuk si kecil yang mudah dibuat di rumah:

Sate Buah

Sate Buah - Toko Mesin Maksindo

Sate Buah – Toko Mesin Maksindo

Anak Anda tidak suka buah? Anda bisa menyulap penampilannya sehingga lebih menarik bagi anak. Anda bisa membuat potongan kecil-kecil beberapa buah lalu menancapkannya pada tusuk sate sehingga menjadi sate buah. Sediakan susu kental manis atau parutan keju untuk melengkapi sajian sate buah ini. Kandungan yang terdapat dalam sajian ini antara lain vitamin, mineral, dan kalsium yang baik untuk tumbuh kembang dan kecerdasan anak.

Nugget Ayam Sayur

Nugget Ayam Sayur - Brilio

Nugget Ayam Sayur – Brilio

Salah satu camilan sehat untuk si kecil lainnya yang cukup mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yaitu nugget ayam sayur. Cara membuat nugget ayam sayur ini juga cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain daging ayam segar, tepung panir, wortel atau sayur lainnya, dan telur. Nugget ayam sayur ini dapat dijadikan lauk maupun dijadikan camilan di sore hari.

Puding Buah

Puding Buah - Doyan Resep

Puding Buah – Doyan Resep

Puding buah merupakan menu camilan sehat untuk si kecil lainnya yang bisa Anda sajikan untuk anak. Bahan yang diperlukan untuk membuat puding buah antara lain agar-agar, susu, gula, dan buah. Buah bisa dipotong kecil-kecil, bisa juga diambil sarinya lalu dimasukkan sebagai salah satu bahan puding. Puding buah ini sangat cocok untuk balita maupun anak-anak.

Roti Gulung Sayuran

Roti Gulung Sayur - Kewpie Indonesia

Roti Gulung Sayur – Kewpie Indonesia

Roti gulung sayuran merupakan salah satu menu camilan sehat untuk si kecil yang mudah dibuat di rumah. Bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu sulit didapat. Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat camilan ini antara lain roti tawar, brokoli rebus, wortel rebus, keju, mayones, dan saus tomat.
Cara membuatnya yaitu campurkan brokoli dan wortel rebus yang telah dicincang dengan saus tomat sebagai isian. Lalu ambil roti tawar dan oleskan mayones di atasnya, selanjutnya letakkan keju. Letakkan isian yang telah dibuat tadi diatas keju lalu gulunglah rotinya. Letakkan gulungan roti ini ke dalam aluminium foil. Diamkan beberapa saat atau masukkan ke dalam oven untuk mendapatkan sensasi rasa roti panggangnya. Sesudah dingin potong roti menjadi irisan tipis-tipis agar mudah dinikmati.

Lumpia Buah

Lumpia Buah - Tastemade

Lumpia Buah – Tastemade

Biasanya lumpia berisi daging, sesekali Anda bisa berkreasi membuat lumpia buah. Cara membuat lumpia buah ini hampir sama dengan membuat lumpia daging, hanya isiannya yang berbeda. Bahan-bahan yang dibuuthkan antara lain kulit lumpia, telur, buah naga yang dipotong kecil-kecil atau buah lainnya, gula bubuk, dan minyak goreng. Lumpia buah ini sangat cocok bagi si kecil yang kurang suka terhadap buah.

Roti Bayam Keju

Roti Bayam Keju - Pixabay

Roti Bayam Keju – Pixabay

Anda juga bisa membuat kreasi camilan sehat untuk si kecil menggunakan bayam yang diolah menjadi roti. Cara membuat roti bayam keju ini sangat mudah. Bayam dikukus lalu diblender bersama susu kedelai. Selanjutnya, siapkan tepung terigu yang telah dicampur dengan soda kue. Lalu campur margarin dan gula pasir dengan mixer hingga berwarna putih. Selanjutnya masukkan telur satu per satu. Kemudian masukkan adonan bayam yang telah dicampur susu kedelai ke dalam adonan. Tuang adonan ke dalam loyang lalu lakukan pemanggangan di dalam oven. Jika sudah kecoklatan, angkat lalu taburi dengan parutan keju. Sangat mudah kan?
Demikian beberapa camilan sehat untuk si kecil yang mudah Anda buat di rumah. Selamat mencoba.

Leave a reply
ORANG TUA HARUS TAHU: MAINAN SLIMECara Mendidik Anak sesuai Bakat

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts