4 Ide Permainan untuk Anak ADHD yang Patut Dicoba Orang Tua

13 August 2019

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) membuat anak-anak berperilaku hiperaktif, impulsif, dan sulit fokus. Selain itu, seperti dipaparkan oleh Shirin Hasan, MD, di situs Kids Health, kondisi medis ini bisa membuat anak mengalami masalah belajar, perubahan suasana hati, dan kecemasan. Untuk mengendalikan perilaku anak yang disebabkan oleh ADHD tentunya dibutuhkan treatment yang tepat. Nah, berikut adalah beberapa ide permainan untuk anak ADHD yang bisa Anda coba di rumah.

1. Petak umpet

Permainan untuk Anak ADHD

pixabay.com

Carol Brady, Ph.D., seorang psikolog anak dari Houston, mengatakan bahwa anak-anak lebih suka membangun komunikasi lewat permainan. Oleh karena itu, orang tua harus mau terlibat dalam permainan anak. Dengan demikian, mereka akan lebih bisa memahami karakter si kecil.
Petak umpet adalah salah satu ide permainan untuk anak ADHD yang bisa Anda coba di rumah. Selain tidak membutuhkan alat atau peraturan yang rumit, jenis permainan ini bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Sebelum memulai permainan, ajak si kecil untuk menentukan peraturan yang harus disepakati semua pihak.

2. Permainan mencocokkan kartu

Permainan untuk Anak ADHD

pixabay.com

Ide permainan untuk anak ADHD yang selanjutnya adalah bermain mencocokkan kartu. Permainan ini dapat membantu mereka untuk fokus pada sesuatu. Aturan mainnya sangat sederhana. Pertama, Anda harus menyiapkan satu set kartu remi.
Kemudian tata kartu di atas meja atau lantai dengan posisi terbuka. Minta si kecil untuk mencari kartu-kartu yang memiliki nilai yang sama. Misalnya saja, tujuh waru dengan tujuh hati, dan seterusnya. Namun sebelum memulai permainan ini, sebaiknya beri contoh terlebih dahulu agar anak menjadi lebih paham.

3. Permainan memori

Permainan untuk Anak ADHD

pixabay.com

Tidak selalu harus mahal atau canggih, ya. Anda bisa melakukan permainan untuk anak ADHD, yang meski sederhana, tetapi tetap seru untuk dicoba. Misalnya saja, Anda bisa mengajak si kecil bermain dengan benda-benda yang ada di sekitarnya. Pertama, pilih enam benda dan taruh mereka di sebuah nampan. Kemudian berikan waktu kepada si kecil untuk menghafal semua benda yang Anda pilih.

Tahap berikutnya adalah minta anak membalikkan badannya, lalu menyebutkan benda apa saja yang sudah dia lihat. Jika jawaban dia benar, biarkan si kecil bermain dengan semua benda yang sudah Anda siapkan tersebut.

4. Perburuan gambar

Permainan untuk Anak ADHD

pixabay.com

Perburuan gambar adalah salah satu ide permainan untuk anak ADHD yang dicetuskan oleh Barbara Sher. Dia adalah penulis dan sekaligus terapis internasional dengan spesialisasi pada pengembangan kecintaan alami anak-anak pada permainan. Menariknya, semua ide permainan yang dia ciptakan memiliki tujuan untuk mengembangkan keterampilan anak dalam aspek motorik, sosial, dan sensorik.
Untuk memulai permainan ini, Anda perlu menyiapkan beberapa potongan gambar yang dapat diperoleh dari koran, majalah, atau mencetak sendiri. Kemudian sembunyikan semua kartu di sejumlah sudut rumah.
Setelah itu, beri anak kartu pertama yang berisi gambar atau simbol yang ada di sekitarnya. Misalnya saja, Anda memberinya gambar meja belajar, dia harus menuju ke objek tersebut dan menemukan kartu kedua.
Begitu terus sampai semua kartu yang Anda sembunyikan ditemukan olehnya. Agar jadi lebih seru, Anda bisa menaruh sebuah hadiah di akhir sesi permainan. Hadiah tersebut akan menjadi harta karun yang ditemukan si kecil apabila dia berhasil menyelesaikan permainan tersebut.
Demikian empat ide permainan untuk anak ADHD yang patut Anda coba di rumah. Tentunya, keterlibatan orang tua dalam aktivitas anak menjadi poin yang paling penting. Pandangan tersebut bahkan telah diperkuat dengan beberapa studi ilmiah. Salah satu di antaranya adalah yang diungkapkan dalam The Harvard Family Research Project. Peneliti dari Harvard University menemukan bahwa semua kegiatan yang dilakukan orang tua bersama anak dapat mendukung pembelajaran si kecil, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Leave a reply
5 Resep Membuat Mainan Anak yang Aman dan Ramah LingkunganHati-Hati, Pola Asuh yang Terlalu Ketat Bisa Picu Efek Negatif Ini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!