Sabun Atau Hand Sanitizer? 

Sabun Atau Hand Sanitizer? 

Terkadang ketika sedang berada di tempat umum dan Anda ingin mensterilkan atau membersihkan tangan Anda dengan cepat, Anda biasanya tentu saja ingin meraih hand sanitizer, tetapi apakah Anda yakin dengan efektif-nya sanitizer dibandingkan mencuci tangan menggunakan sabun dan air?

Pembersih yang mengandalkan alkohol tersebut dapat digunakan untuk membersihkan tangan, tetapi tidak bisa digunakan sebagai pengganti sabun dan air. Meski pembersih tangan berbasis alkohol dapat mengurangi jumlah kuman, tetapi tidak bisa mengurangi penyebaran beberapa virus, seperti norovirus.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbandingan yang lebih bersih antara sabun atau hand sanitizer, mari kita lihat dibawah ini:

Pro dan kontra mencuci tangan menggunakan sanitizer

Meski hand sanitizer dapat mengurangi pertumbuhan mikroorganisme tertentu, tetapi ada beberapa pro dan kontra dari para ahli mengenai pembersih tangan berikut ini:

Sedangkan pro dan kontra untuk mencuci tangan memakai sabun dan air adalah seperti ini:

Dan berikut merupakan cara mencuci tangan yang baik untuk Anda:

Jika Anda mencuci tangan Anda memakai sabun dan air, Anda harus memakai teknik yang tepat jika ingin benar dan efisien, Anda harus meletakkan tangan Anda dibawah air hangat, menggunakan sabun, lalu menggosok tangan Anda bersamaan selama 20 detik, Anda sendiri dapat mengukur waktu dengan bernyanyi, setelah itu bilaslah tangan Anda hingga bersih dan gunakan handuk bersih atau pengering tangan untuk mengeringkan tangan Anda.

Dan jika Anda menggunakan sanitizer, maka pastikan sanitizer yang Anda miliki mengandung 60% alkhol, dan jika kurang dari itu, maka sanitizer tersebut tidak akan efektif membersihkan kuman yang ada. Dan jika Anda membersihkannya, gosok tangan Anda selama 15 hingga 20 detiuk hingga tangan mongering, tetapi Anda perlu ingat bahwa tidak semua kuman bisa dibunuh oleh sanitizer.

Maka jika Anda memiliki pilihan untuk mencuci tangan Anda, maka Anda harus memilih mencuci tangan memakai sabun dan air untuk menjadi pilihan pertama Anda. Meski keduanya merupakan hal yang sama-sama bagus, tetapi biasakanlah mencuci tangan Anda memakai sabun dan air, dan jadikan sanitizer sebagai alternative jika tidak ada peralatan untuk mencuci tangan memakai sabun.

 

Exit mobile version