5 Cara Aman Mengajari Anak Berenang

9 April 2019

Di Australia, pelajaran berenang adalah wajib bagi setiap warganya. Alasannya adalah sebagai negara kepulauan, mereka harus siap-siap jika bencana tsunami tiba-tiba datang. Bahkan, mereka sudah mengajari anak berenang sejak anak berusia tiga tahun.

Lalu, bagaimana dengan di Indonesia? Meskipun belum menjadi kewajiban, tidak ada salahnya mengajari anak berenang sedini mungkin. Selain dapat menyehatkan mereka, olahraga ini juga membantu anak agar tidak takut pada air. Bahkan, banyak anak yang kemudian menjadi ketagihan dan tidak mau berhenti.

Tapi, bagaimana cara yang aman untuk mengajari mereka berenang? Inilah lima (5) cara yang bisa diterapkan:

  1. Pastikan mood Anda sedang dalam kondisi stabil.

Mengajari Anak Berenang

kompasiana.com

Sama seperti mengajari anak melakukan hal lain, kegiatan ini juga membutuhkan kesabaran. Apalagi, bisa saja anak untuk pertama kalinya merasa was-was karena takut tenggelam. Buatlah mereka merasa senyaman mungkin dengan mendampingi mereka secara bertahap.

  1. Kenalkan mereka dengan air secara bertahap.

Mengajari Anak Berenang

belajar123.com

Si kecil belum siap terjun ke kolam renang? Tidak masalah. Mengajari anak berenang bisa berawal dari duduk di pinggir kolam dulu. Ajak mereka bermain air dengan tangan dan mencelupkan kaki mereka.

Yang pasti, pilihlah kolam yang dangkal dulu sebagai permulaan. Sesuaikan dengan usia dan tinggi badan anak. Bila anak sudah siap, gandenglah mereka saat masuk ke kolam. Mungkin mereka akan merasa kaget dan menjerit karena kedinginan. Biarkan mereka membiasakan diri dengan berjalan di kolam renang dulu.

  1. Ajak anak untuk membiasakan diri dalam berbagai posisi di kolam renang.

Mengajari Anak Berenang

medium.com

Bila anak sudah mulai lebih percaya diri, ini saatnya mengajak mereka untuk mencoba berbagai posisi. Misalnya: mengambang dan tengkurap. Jangan lepaskan mereka dulu bila belum siap. Bahkan, kalian bisa kembali ke pinggir kolam dulu. Biarkan anak berpegangan pada pinggir kolam dan melatih gerakan kaki mereka.

Untuk mengurangi rasa takut anak, mintalah mereka berpura-pura menjadi superhero atau pesawat terbang. Mereka akan merentangkan tangan sembari tengkurap. Bila mereka sampai tertawa karenanya, berarti mereka sudah merasa nyaman di kolam renang.

  1. Ajari mereka untuk menyelam sedikit. (Hanya bila mereka sudah siap.)

Mengajari Anak Berenang

totstoteens.co.nz

Bila anak termasuk pemberani, Anda bisa langsung mengajari mereka cara menyelam. Tidak perlu langsung secara ekstrim. Anda bisa memulai dengan memberi mereka contoh. Pejamkan mata, lalu benamkan wajah di air selama beberapa detik. Setelah itu, tantanglah anak untuk mencoba cara yang sama.

Bila mereka langsung suka, berarti Anda tidak perlu khawatir. Namun bila mereka belum merasa nyaman atau belum mau melakukannya, jangan dipaksa. Mengajari anak berenang memang tidak bisa hanya sekali. Anda bisa melakukannya lain kali, saat anak sudah merasa lebih siap.

  1. Ajari mereka untuk belajar mengapung.

Mengajari Anak Berenang

pendengarananak.id

Setelah mereka cukup berani menyelam, saatnya mengajari mereka mengapung. Mengapa urutannya seperti ini? Bila anak sudah tidak takut untuk menyelam, mengajari mereka mengapung biasanya lebih mudah.

Ajak mereka untuk berbaring telentang di atas air. Setelah merasa cukup nyaman, mintalah mereka untuk agar melengkungkan punggung. Secara bertahap, lepaskan tangan Anda dari punggung mereka.

Bila anak sudah merasa nyaman dan percaya diri mengambang di air, lepaskan mereka. Biarkan mereka belajar berenang sendiri. Secara bertahap, Anda bisa mengajari berbagai gaya. Untuk jarak berenang, mulailah dari yang terpendek dulu, sampai mereka cukup kuat untuk jarak jauh dan bahkan bolak-balik.

Jadikan kegiatan mengajari anak berenang sebagai proses yang dapat dinikmati. Kegiatan ini juga dapat semakin mendekatkan Anda dengan anak. Kalian bisa sambil berkomunikasi selain bermain air dan berenang.

Leave a reply
5 Cara Menghentikan Kebiasaan Anak yang Suka MemukulSi Kecil Mudah Lupa? Lakukan 5 Trik Ini Agar Selalu Ingat

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!