Anak Suka Melawan, Bagaimana Mengatasinya?

25 November 2017

Beberapa waktu belakangan ini, media sosial dan pemberitaan penuh dengan istilah “kids zaman now”. Ungkapan ini tentu ditujukan untuk anak-anak masa kini, di mana perubahan zaman membuat sikap dan sifat mereka turut berubah, semakin jauh dari kata sopan. Salah satunya adalah anak suka melawan, terlebih pada orang tua dan guru.

Selain pengaruh lingkungan luar, televisi dan teknologi yang semakin berkembang bebas juga menjadi penyebab anak suka melawan. Acara televisi yang semakin tidak mendidik, ditambah dengan kehadiran ponsel pintar, disinyalir membuat anak semakin mudah menyerap informasi, terutama informasi negatif. Apakah Bunda juga mengalaminya? Jika iya, Bunda bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut:

Menasihati Si Kecil dengan Lembut

Nasehat Kepada Anak - 1.bp.blogspot.com

Nasehat Kepada Anak – 1.bp.blogspot.com

Cara ini pasti menjadi yang paling pertama dilakukan Bunda dan Ayah untuk mengatasi anak suka melawan. Dalam menasihati si kecil, sebaiknya Bunda dan Ayah tunggu hingga kondisi emosi dan hati si kecil membaik, agar tidak memicu terjadinya pembangkangan. Gunakan tutur kata yang lembut dan menenangkan ya, Bunda, karena memarahi si kecil yang suka melawan tidak akan membuatnya jera dan berubah.

Hindari Kontak Fisik

Nasehat Kepada Anak - media1.popsugar-assets.com

Nasehat Kepada Anak – media1.popsugar-assets.com

Seringkali, orang tua menegur si kecil yang suka melawan dengan melakukan kontak fisik seperti memukul dengan tangan atau yang lebih parah, dengan benda seperti sapu lidi atau kemoceng. Padahal, cara ini justru akan membuat si kecil menjadi kasar nantinya. Bukan hanya kasar kepada Ayah dan Bunda, bisa jadi si kecil juga akan menjadi ringan tangan terhadap orang-orang yang ada di sekelilingnya.

Ajak Si Kecil Berkomunikasi

Nasehat Kepada Anak - infonitas.com

Nasehat Kepada Anak – infonitas.com

Salah satu penyebab anak suka melawan yang sering dijumpai adalah karena adanya miskomunikasi antara orang tua dan anak. Untuk menghindarinya, ajaklah si kecil berkomunikasi setiap saat. Dengarkan dengan penuh perhatian setiap keluhannya dan apa saja yang menjadi keinginannya. Dengan demikian, Ayah dan Bunda akan bisa lebih memahami karakter si kecil dengan baik.

Bersikap Tegas

Nasehat Kepada Anak

Nasehat Kepada Anak

Terkadang, Ayah dan Bunda perlu bersikap tegas dalam menghadapi anak yang suka melawan dan membantah. Bukan berarti Ayah dan Bunda lantas menjadi galak ya. Tegas di sini adalah memutuskan dengan bijak dan konsisten, apa yang boleh dan tidak boleh untuk si kecil. Selain untuk mengatasi anak suka melawan, sikap tegas ini juga berguna untuk mencegah si kecil menjadi manja dan suka merajuk.

Sediakan Waktu untuk Si Kecil

Nasehat Kepada Anak - fatahasolo.ne

Nasehat Kepada Anak – fatahasolo.ne

Bisa jadi, si kecil yang suka melawan bukan disebabkan karena keinginannya yang tak terpenuhi, melainkan karena Ayah dan Bunda tidak memiliki waktu yang cukup untuk dihabiskan dengan sang buah hati. Apalagi jika Ayah dan Bunda merupakan orang tua yang sibuk bekerja. Tidak ada salahnya mengambil cuti untuk berlibur dengan si kecil kok, karena dengan begitu, si kecil akan merasa diperhatikan dan tidak diabaikan.

Salah satu cara paling mudah untuk menghindarkan anak dari bahaya informasi negatif adalah dengan membatasi acara televisi yang ditontonnya juga penggunaan ponsel pintar. Sebaiknya, dampingi si kecil setiap kali ia tengah menyaksikan televisi, agar Bunda bisa memilah acara apa saja yang boleh dan tidak boleh ditonton.

Ponsel pintar pun sebaiknya diberikan pada anak jika ia telah menginjak usia sekolah menengah atas. Hal ini disebabkan karena pada usia tersebut, anak sudah bisa memilah mana hal-hal baik dan buruk. Bahkan, Bill Gates pun tidak memberikan ponsel kepada semua buah hatinya karena dampak negatif benda mungil tersebut memang begitu besar untuk anak-anak.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Ciri-Ciri Anak Siap Mendapatkan Pendidikan Usia Dini5 Trik Ampuh Atasi Anak Tidak Suka Sayuran
All comments (1)
  • klasiccustom
    21 August 2018 at 22:36

    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat,, Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru? Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ […] Read MoreTerimakasih artikelnya sangat bermanfaat,, Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru? Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya. Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :) Read Less

    Reply

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!