Penyakit Yang Timbul Saat Berenang

11 December 2019

Anak anak tentu paling senang bermain di kolam renang, dan itu biasanya bisa menjadi salah satu ritual rutin bagi anak dan keluarga di akhir pecan, dan jika memang Anda sering ke kolam renang, maka Anda harus berhati-hati untuk mengawasi anak saat sedang berenang karena bisa saja tertular penyakit.

Ada berbagai infeksi dan penyakit yang bisa mengintai di kolam renang, dan apa yang bisa Anda lakukan agar anak tidak terkena penyakit akibat bakteri atau virus yang berada di kolam renang?

Penularan penyakit infeksi harus Anda ketahui lebih awal karena hal tersebut sangat mudah menyerang anak Anda di kolam renang, dan berikut adalah beberapa penyakit di kolam renang yang bisa menyerang anak Anda ketika mereka sedang bermain air di kolam renang.

Yang pertama adalah diare, diare sangat mudah ditularkan melalui kontaminasi air karena adanya bakteri Cryptosporidium, Giardia, Salmonella, Shigella, Norovirus, dan E.coli. Bakteri dan kuman tersebut bisa mengontaminasi air kolam apabila seseorang yang terkena penyakit tersebut masuk ke dalam kolam renang dan berenang bersama orang lain.

Yang kedua adalah infeksi mata, infeksi tersebut juga bisa disebabkan oleh virus yang sama menyebabkan diare, radang tenggorokan, dan juga flu.

Yang ketiga adalah hepatisis A, penyakit infeksi yang menyerang hati ini dapat menular melalui kontaminasi air.

Ketika Anda melihat anak Anda masih kecil atau masih balita dan masih menggunakan popok, sebaiknya Anda melepaskan dulu popok anak Anda sebelum berenang, dan menggunakan popok di kolam renang, apalagi yang sudah kotor akan membuat kolam renang akan tercemar.

Belum lagi bila anak Anda sedang mengalami diare, bakteri diare tersebut akan sangat mudah menular melalui air, karena itu jika anak Anda mengalami diare, lebih baik larang mereka untuk berenang terlebih dahulu sehingga kondisi-nya pulih.

Mungkin Anda masih bertanya bukankah kolam renang sudah memiliki klorin yang akan membuat bakteri dan virus mati?

Air kolam renang biasanya akan dicampurkan dengan zat klorin yang merupakan zat kimia yang bisa membunuh bakteri dan kuman, kolam renang yang terbuak untuk umum biasanya akan memasukkan banyak klorin di dalam air kolam, tetapi hal tersebut tentu saja tidak cukpu untuk membuat si kecil terhindar dari bakteri penyebab penyakit infeksi, pasalnya zat tersebut membutuhkan waktu minimal sejam untuk membunuh dan menghilangkan bakteri yang ada.

Ketika ada yang mengalami diare masuk ke dalam kolam renang, maka bakteri yang ada di tubuhnya tersebut tidak bisa langsung dibunuh oleh klorin dan akan membuat bakteri tersebut masuk kedalam

tubuh anak atau orang yang baru masuk setelah orang tersebut, dan beberapa jenis bakteri lainnya, akan membutuhkan waktu yang lama untuk dihilangkan oleh klorin tersebut.

Dan bagaimana cara mencegah anak infeksi akibat bakteri di kolam renang?

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah anak Anda mengalami infeksi akibat kontaminasi air yang ada di kolam renang, yakni sebagai berikut:

  • Jangan biarkan anak Anda berenang ketika mereka sedang mengalami penyakit infeksi, seperti diare atau hepatititis A.
  • Jangan biarkan si kecil berenang saat ia memiliki luka terbuka, karena akan mudah terinfeksi penyakit.
  • Bilas tubuh si kecil sebelum dan sesudah dari kolam renang.
  • Lepas popok ketika sedang berenang.

Ketika Anda melakukan itu semua, Anda juga harus memastikan kondisi anak Anda dalam kondisi terbaiknya agar tidak dapat tertular penyakit tersebut.

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Ajarkan Anak Untuk Selalu Bersyukur Sabun Atau Hand Sanitizer? 

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions
+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!