7 Tips Menyenangkan dalam Mengajarkan Anak Sikat Gigi

2 April 2019

Peran orangtua terbesar terhadap buah hati adalah mendidik, tidak terkecuali dalam hal kebersihan diri. Selain menanamkan kewajiban untuk mandi, mengajarkan anak sikat gigi memiliki tantangan tersendiri. Hal tersebut dikarenakan mereka belum merasakan sesuatu yang penting saat melakukan aktivitas tersebut. Agar tidak terkesan memaksa, sehingga si kecil mengambek, terapkan tips menyenangkan berikut.

 

Berikan Kebebasan pada Anak untuk Memilih Sikat dan Pasta Gigi Sendiri

Anak Sikat Gigi

hujandilangit.wordpress.com

Anak-anak lebih tertarik dengan sesuatu yang berwarna-warni atau memiliki bentuk tidak biasa. Untuk menarik minat mereka dalam menggosok gigi, bebaskan mereka memilih sikat dan pasta gigi sendiri.

Ketika menyaksikan iklan di televisi tentang sikat dan pasta gigi anak, tanyakan apakah mereka menginginkan yang ini atau itu. Lakukan sedini mungkin agar mereka terbiasa, lebih baik dimulai ketika dapat memegang benda dengan sempurna. Biasakan dua kali dalam sehari di pagi (10 sampai 15 menit setelah sarapan) dan malam sebelum tidur.

 

Rebut Perhatian Anak dengan Menyanyi dan Mendengarkan Lagu

Anak Sikat Gigi

hellosehat.com

Hal lain yang membuat anak merasa senang adalah menyanyi. Alhasil, pesan-pesan moral di sekolah disampaikan dengan cara tersebut. Jadi, akan lebih baik jika mengajak anak sikat gigi bersama sambil melakukan kegiatan itu.

Sementara jika anak memiliki lagu favorit, entah dari sekolah atau film kartun, putarlah untuk mereka saat menggosok gigi. Durasi dari kedua rangkaian lirik tersebut secara umum selama satu sampai dua menit, sehingga pas untuk mengiringi.

Memberikan Hadiah untuk Anak

Anak Sikat Gigi

hellosehat.com

Sembari menunggu anak semakin dewasa, sehingga memiliki tanggung jawab sendiri untuk menyikat gigi, pertahankan konsistensi mereka dengan memberikan hadiah. Tidak perlu sesuatu yang mahal, cukup menempelkan stiker lucu pada kalender si kecil sebagai tanda keberhasilan. Untuk sesekali, ajak mereka makan es krim atau membeli barang kesukaan.

 

Menggosok Gigi Sambil Bercerita dan Bermain Peran

Anak Sikat Gigi

medicastore.com

Salah satu permainan yang disukai anak adalah bermain peran, karena mereka memiliki tingkat imajinasi tinggi. Oleh karena itu, ajaklah si kecil bertindak seolah-olah sebagai dokter gigi dan pasien, lalu membuat alur cerita di mana menuju ke sebuah kegiatan gosok gigi. Dalam menjalankan tips ini, hindari menyebutkan tokoh yang tidak disukai untuk menjaga semangat mereka.

 

Berikan Pengertian lewat Kartun dan Video

Anak Sikat Gigi

promoindonesia.id

Sembari menumbuhkan kesadaran anak sikat gigi dengan cara membiasakan, berikan pengertian tambahan lewat kartun dan video yang berhubungan dengan hal tersebut. Ketika mereka menyukai suatu tokoh, maka akan dijadikan contoh untuk melakukan kegiatan serupa.

 

Jangan Mempermasalahkan Teknik Menggosok Gigi

Anak Sikat Gigi

Dream.co.id

Kegiatan menggosok gigi memang memerlukan keluwesan gerak tangan. Bagi anak, hal tersebut cukup sulit, sehingga garis gusi dan sisa makanan di celah-celah tidak dibersihkan secara maksimal.

Agar anak senantiasa mencoba, jangan mempermasalahkan teknik menggosok gigi mereka. Biarkan mereka dan bimbing terus sampai sempurna. Dengan begitu, mereka akan terus termotivasi untuk terus mencoba.

 

Mengevaluasi Cara Menggosok Gigi

Anak Sikat Gigi

juragancipir.com

Keberhasilan anak sikat gigi saat didampingi orangtua dan melakukan sendiri bisa saja berbeda. Agar mereka tidak mengambek, karena terlalu sering dikoreksi, biarkan mereka melakukan secara mandiri saat pagi.

Saat menggosok gigi di dalam hari, lakukan evaluasi terhadap kerja mereka tadi. Berikan masukan-masukan sambil mencontohkan cara yang benar di depan cermin agar efektif lantaran anak mengetahui dengan lebih jelas perihal struktur dalam mulut.

 

Mengajarkan anak sikat gigi memang gampang-gampang susah. Hal pertama yang harus ditekankan adalah menumbuhkan kebiasaan, lalu memperdalam teknik dengan cara menyenangkan seperti melalui kartun dan video. Sama seperti pertumbuhan, biarkan mereka mampu melakukan kegiatan ini secara alami.

Leave a reply
Ingin Melatih Anak Menabung Sejak Dini? Ikuti Cara IniTerapkan 5 Kebiasaan ini Sedini Mungkin agar Anak Tidur Nyenyak

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!