Perhatikan Hal Ini Jika Si Kecil Kecanduan Gadget

25 January 2018

Melihat anak kecil lebih sibuk di depan smartphone tidak lagi menjadi hal yang mengherankan saat ini. Mereka lebih senang bermain atau menonton video melalui perangkat smartphone dibandingkan bermain di luar bersama teman-temannya. Hal ini mengakibatkan banyak orangtua yang mengeluh jika si kecil kecanduan gadget, mulai dari tablet, smartphone, bahkan televisi sekalipun.

Memang di era globalisasi saat ini, kita tidak dapat memungkiri bahwa gadget sudah menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Hal ini pun tampaknya juga sudah berdampak terhadap generasi anak. Namun, Anda sebagai orangtua, bisa mengurangi intensitas si kecil bermain gadget. Nah, selain itu, Ayah dan Bunda bisa perhatikan beberapa hal ini jika si kecil kecanduan gadget.

Kurangi Frekuensi Bermain

Kecanduan Gadget

images.parents.mdpcdn.com

Sebagai orangtua dari anak generasi digital, Ayah dan Bunda tidak bisa langsung menyuruh si kecil berhenti memegang dan bermain gadget atau smartphone. Yang bisa Ayah dan Bunda lakukan adalah mengurangi frekuensinya secara bertahap. Menghentikan secara langsung hanya akan membuat si kecil marah dan memberontak. Ayah dan Bunda bisa memberlakukan jam bermain, misalnya si kecil hanya boleh bermain gadget selama 8 jam sehari. Lalu, Ayah dan Bunda pelan-pelan bisa menguranginya menjadi 6 jam dan seterusnya. Tanpa sadar, hal ini akan mengurangi si kecil dari kecanduan gadget.

Ajak si Kecil Bersosialisasi

Kecanduan Gadget

coastalorthopedics.com

Salah satu cara yang Ayah dan Bunda bisa lakukan jika si kecil kecanduan gadget adalah dengan mengajaknya bersosialisasi dengan teman sebayanya. Ayah dan Bunda bisa mengajaknya bermain saat sore hari ke taman dekat rumah atau mengajaknya bermain ke rumah tetangga. Selain itu, Ayah dan Bunda bisa mendorong si kecil melakukan kegiatan yang bisa membuat si kecil lupa dengan gadget, seperti bermain bola, bermain sepeda, atau bermain lego.

Berikan Kegiatan yang Asyik

Kecanduan Gadget

alexandriapianoschool.com

Jika si kecil kecanduan gadget, tidak usah buru-buru panik ya, Ayah dan Bunda. Selain mengajaknya bermain, Ayah dan Bunda juga bisa mengikutkan si kecil dalam beberapa kegiatan yang asyik, seperti les musik. Dalam tahap usia perkembangannya, si kecil membutuhkan kegiatan yang dapat merangsang perkembangan otaknya. Mengenalkan musik kepada si kecil merupakan pilihan tepat untuk kecerdasan si kecil. Selain merangsang perkembangan otak si kecil, musik juga mampu meningkatkan rasa percaya diri dan melatih kesabaran juga, lho.

Berikan Penghargaan

Kecanduan Gadget

smoothparenting.files.wordpress.com

Jika si kecil perlahan-lahan sudah bisa mengurangi bahkan lepas dari gadget, Ayah dan  Bunda jangan lupa untuk memberi si kecil penghargaan ataupun hadiah kecil. Ayah dan Bunda bisa sekadar memberikan si kecil pelukan, ciuman, atau camilan sehat kesukaan si kecil.

Memberikan Contoh untuk Si Kecil

Kecanduan Gadget

mamaandbabylove.com

Pernahkah Ayah dan Bunda mendengar pepatah, “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya?” Hal inilah yang harus Ayah dan Bunda perhatikan. Biasanya si kecil tidak akan mengenal gadget jika Ayah dan Bunda tidak terus-terusan memegang gadget di depan si kecil. Anak kecil merupakan peniru ulung sehingga mereka pun akan mencontoh Ayah dan Bunda. Nah, Ayah dan Bunda tidak ingin ‘kan jika si kecil kecanduan gadget? Mulai sekarang kurangi frekuensi menatap layar smartphone lama-lama jika sedang bersama si kecil. Jadilah panutan yang baik untuk si kecil.

Demikian cara yang harus Ayah dan Bunda lakukan jika si kecanduan gadget. Jangan langsung panik, ya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Bunda, Jangan Salah Memilih Sepatu untuk AnakPerlukah Memberikan Hukuman untuk Anak?

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!