Pelihara Binatang Bermanfaat Bagi Kepribadian Anak

5 September 2022

Memelihara binatang merupakan kegiatan yang menyusahkan dan hanya mengotori rumah bagi sebagian orang. Padahal, memelihara binatang di rumah terbukti memberikan manfaat bagi setiap anggota keluarga terutama anak-anak yang sedang dalam masa pengembangan kepribadian.

Bukan sekedar untuk lucu-lucuan saja, ini dia manfaat pelihara binatang untuk kepribadian anak!

 

Melatih tanggung jawab anak

 

Manfaat yang paling terasa ketika memelihara binatang adalah anak jadi terlatih untuk menunaikan tanggung jawabnya. Pasalnya, hewan peliharaan harus rutin diberi makan, dimandikan, hingga dibersihkan tempat tinggalnya. Anak akan belajar menjadi orang yang bertanggung jawab atas hidup binatang tersebut. Perlahan juga anak bisa sadar untuk mengelola waktu harian supaya bisa tetap belajar, bermain, dan mengurus binatang tersebut. Apabila anak Anda masih berusia dini, cukup ajak mereka untuk menuangkan makanan dan minuman ke wadah.

 

Anak tumbuh sebagai penyayang

 

Via Pixabay

 

Ketika kita mengajarkan anak untuk merawat binatang peliharaan setiap hari, anak pun akan tumbuh jadi seorang yang penyayang. Baik itu kepada binatang lainnya atau sesama. Mereka akan tersadar bahwa perilaku menyayangi binatang akan menjadikan binatang tersebut juga menyayangi mereka kembali. Perasaan pun jadi lebih senang. Pribadi yang penyayang tidak muncul begitu saja ketika dewasa. Gunakan masa-masa kecil anak untuk membentuk kepribadian tersebut.

 

Anak terbiasa menjalin hubungan baik

 

Sebagai makhluk sosial, anak harus diajarkan untuk menjalin hubungan baik dengan sesama sejak dini. Memelihara binatang bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk melatih hal tersebut. Ilmuwan dari Universitas Oregon di Amerika Serikat menyatakan bahwa merawat binatang dapat melatih anak untuk terbiasa menjalin hubungan dengan orang di sekitar. Misalnya ketika sedang jalan sore bersama binatang kesayangan, anak juga bisa berinteraksi dengan orang dan membahas binatang kesayangannya itu.

 

Membantu perkembangan belajar anak berkebutuhan khusus

 

Di luar negeri, binatang peliharaan seperti anjing sengaja dilatih untuk menangani anak berkebutuhan khusus. Menurut penelitian dari University of Rostock Jerman, binatang tersebut dapat meningkatkan interaksi sosial anak berkebutuhan khusus. Begitu pula dengan pembentukan rasa empati, peningkatan konsentrasi, perkembangan sensorik dan motorik, hingga menstabilkan emosi anak.

Sayangnya karena di Indonesia belum ada lembaga yang menyediakan anjing untuk kebutuhan ini, Anda perlu lebih cermat saat memilihnya. Konsultasikan kepada dokter anak dan pastikan anjing tersebut relatif lebih jinak serta tidak berpotensi menyakiti anak.

 

Mengatasi stres

 

Merawat, memandikan, bermain, dan membelai hewan peliharaan terbukti merupakan aktivitas yang menyenangkan sehingga stress dapat diatasi. Saat melakukan kegiatan-kegiatan tadi, hormon oksitosin akan meningkat. Hormon ini memiliki peran memberikan rasa nyaman dan bahagia seseorang. Bukan hanya untuk anak-anak, manfaat ini juga bisa dirasakan oleh orang dewasa.

 

Meningkatkan rasa percaya diri anak

 

Via Pixabay

 

Ketika anak rajin merawat dan menyayangi binatang peliharaan, anak akan menjadi seseorang yang bangga terhadap kinerjanya sendiri. Hal ini akan membantu anak untuk memiliki rasa percaya diri yang baik.

Rasa sayang dan kebanggaan akan binatang peliharaan ini juga dapat dijadikan topik pembicaraan yang menyenangkan bagi si anak dan teman-teman. Tanpa disadari, anak pun bisa menambah teman yang memiliki interest sama dan berani untuk bercerita.

 

Memperkuat hubungan antar anggota keluarga

 

Siapa sangka kalau memiliki binatang peliharaan justru bisa memperkuat hubungan antar anggota keluarga. Sederhana saja. Anggota keluarga akan terbiasa bermain bersama dengan binatang peliharaan. Ada pula kegiatan lainnya yang bisa dilakukan bersama binatang dan keluarga seperti jalan sore dan menyisir bulunya. Kerjasama antar anggota keluarga juga bisa ditingkatkan nih berkat hewan peliharaan.

Pada saat memilih binatang peliharaan yang tepat, sesuaikan juga dengan kondisi hunian dan kebiasaan keluarga. Jika jarang ada di rumah, lebih baik pilih ikan atau kura-kura yang bisa ditinggal sendirian. Tapi jika hobi beraktivitas di luar maka anjing bisa jadi pilihan yang tepat. Kalau mau yang berukuran kecil, pertimbangkan kelinci, kucing, burung, atau hamster.

 

 

Leave a reply
Perlukah Membatasi Konten untuk Anak-Anak?Anak Hobi Mengadu, Baik atau Buruk?

Leave Your Reply

Your email address will not be published.

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!