5 Olahan Nasi Praktis untuk Bekal Si Kecil

January 12, 2018

Bagi sebagian besar orang Indonesia, nasi masih menjadi diva makanan pokok hingga saat ini. Nasi memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, serta asam amino yang baik bagi pertumbuhan anak. Selain itu, nasi mengandung karbohidrat yang dapat diubah segera menjadi energi. Hal inilah yang membuat nasi sangat cocok dijadikan menu harian anak. Berikut adalah 5 olahan nasi praktis yang bisa Anda buat untuk bekal si kecil.

Nasi Goreng

Olahan Nasi - i.ytimg.com

Olahan Nasi – i.ytimg.com

Nasi goreng berkembang di Indonesia melalui perantau dari etnis Tionghoa yang berdagang dan menetap di sini. Makanan ini awalnya muncul dari kebudayaan Tionghoa yang tidak suka mengonsumsi nasi dalam keadaan dingin. Mereka juga enggan membuang nasi sisa sehingga menggorengnya untuk dihidangkan di meja makan lagi.

Nasi goreng merupakan nasi yang digoreng menggunakan minyak atau margarin serta diaduk bersama bumbu-bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, kecap, lada, garam, dan bumbu yang lain. Terdapat berbagai ragam resep nasi goreng di masyarakat yang bergantung pada daerah dan bahan atau bumbu yang digunakan. Bahan tambahan lain yang bisa dimasukkan dalam masakan ini, di antaranya adalah daging, sayuran, telur, ikan, dan lain sebagainya.

Anda bisa menyesuaikan resep dan bahan tambahan bergantung selera anak. Dengan proses memasak yang cepat menjadikan olahan nasi ini cocok dijadikan bekal anak ke sekolah.

Nasi Kepal

Olahan Nasi - cdn2.tstatic.net

Olahan Nasi – cdn2.tstatic.net

Nasi kepal merupakan olahan nasi dari Jepang yang lebih dikenal dengan nama onigiri. Di Jepang, onigiri biasa dibuat untuk bekal piknik maupun makan siang. Dahulu, onigiri hanya berupa nasi yang dikepal serta diberi sedikit garam sebagai penambah cita rasa. Sekarang, terdapat beragam jenis onigiri dengan isi yang berbeda-beda bergantung selera pembuatnya. Anda bisa mengisi nasi kepal menggunakan bahan makanan favorit anak untuk meningkatkan selera makannya.

Untuk membuatnya, Anda sebaiknya menggunakan beras Jepang yang mengandung kadar kanji paling tinggi. Ketika matang, nasi yang berasal dari beras ini akan melekat satu dengan yang lain sehingga mudah untuk dibuat menjadi onigiri. Penggunaan rumput laut sebagai pembungkus onigiri ditujukan agar lebih mudah dikonsumsi tanpa ada butir nasi yang menempel.

Gimbap

Olahan Nasi - koreanbapsang.com

Olahan Nasi – koreanbapsang.com

Gimbap merupakan olahan nasi dari Korea yang hampir mirip dengan sushi Jepang. Perbedaan yang mendasar di antara keduanya,  adalah nasi gimbap dibumbui dengan minyak wijen sedangkan sushi menggunakan cuka beras. Di negara asalnya, gimbap terkenal sebagai bekal piknik, mendaki gunung, maupun kegiatan di luar ruangan yang lain.

Bahan pokok yang biasa digunakan untuk membuat gimbap adalah nasi, sayuran, dan daging. Nasi dibumbui dengan minyak wijen dan garam. Untuk isian daging  Anda bisa menggunakan daging sapi, ikan, kepiting, dan tuna. Sedangkan sayurannya, gunakan bayam, wortel, mentimun, dan danmuji (acar lobak). Tata semua bahan di atas rumput laut dan gulung, iris gulungan ini menjadi potongan sekali suap untuk memudahkan anak memakannya.

Kroket Nasi

Olahan Nasi - harianindo.com

Olahan Nasi – harianindo.com

Di Indonesia, kroket biasanya terbuat dari kentang yang ditumbuk halus dengan isian daging cincang dan wortel. Dalam penyajiannya, gumpalan kentang isi tadi dimasukkan dalam kocokan telur dan dilumuri tepung panir kemudian digoreng hingga kecokelatan. Namun, Anda bisa juga menggunakan nasi sebagai bahan utama kroket sebagai pengganti kentang. Untuk isian Anda bebas megkreasikannya dengan bahan-bahan yang ada di dapur.

Panekuk Nasi

Olahan Nasi - rirhikyu.files.wordpress.com

Olahan Nasi – rirhikyu.files.wordpress.com

Panekuk atau pancake merupakan kue dadar berbentuk bundar dan tipis yang biasa disajikan dengan saus buah maupun madu sebagai menu sarapan. Ada juga yang mengonsumsinya dengan irisan daging dan keju. Dengan sedikit perubahan, Anda juga bisa menjadikan nasi sebagai bahan utama panekuk.

Panekuk nasi menggunakan nasi, telur, keju, sayuran, serta garam dan lada hitam. Campurkan semua bahan ke dalam wadah, aduk-aduk hingga tercampur rata. Kemudian panaskan mentega, ambil satu sendok besar adonan dan tekan hingga pipih. Masak tiap sisinya selama 3-4 menit, lakukan hingga adonan habis.

Leave a reply
4 Kudapan Lezat untuk Meramaikan Bazar Sekolah3 Produk Perawatan Kulit untuk Buah Hati

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Contact Us
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!