Ikuti Nih 5 Cara Mengajarkan Anak Berhitung

3 September 2018

Ikuti Nih 5 Cara Mengajarkan Anak Berhitung

Ingin tahu cara mengajarkan anak berhitung yang efektif? Simak tips berikut ini dan terapkan gaya belajar yang menyenangkan di rumah.

Apakah Anda sebagai orangtua pernah merasa kesulitan untuk mengajarkan anak berhitung? Sebetulnya, hal ini tidak perlu dirisaukan. Setiap anak memiliki minat dan bakat masing-masing. Ada anak yang pandai berhitung, namun ada juga anak yang lebih tertarik pada hal lain seperti menari atau menyanyi. Meski demikian, Anda dapat menggunakan cara mengajarkan anak berhitung berikut ini agar proses pembelajaran di rumah bisa lebih efektif.

Dengan menerapkan cara ini kemungkinan besar anak akan lebih cepat memahami cara berhitung.

Mulai dari Mengenalkan Angka

cara mengajarkan anak berhitung

Sumber : youtube.com

Sebelum mengenalkan cara mengajarkan anak berhitung, terlebih dulu kita harus memperkenalkan angka pada anak. Kita dapat mengenalkan angka dari 1 sampai 10.

Tidak perlu terlalu menekan anak untuk cepat menguasainya. Kita bisa melakukan pembelajaran secara bertahap. Kita dapat menggunakan media pembelajaran atau mainan untuk memperkenalkan konsep bilangan itu dengan mudah.

Upayakan agar proses pembelajaran berlangsung menyenangkan. Kita bisa ajak anak untuk belajar sambil bermain. Misalnya saja, kita bisa gunakan mainan anak untuk mengenalkan konsep bilangan ini. Kita pun dapat juga menggunakan bola-bola kecil, buah- buahan atau benda lainnya. Prinsipnya adalah kita bisa menggunakan benda-benda yang ada di sekitar kita untuk mengenalkan anak dengan konsep bilangan. Dengan demikian, anak pun akan cepat memahaminya.

Pasang Poster Angka di Dinding

Cara Mengajarkan Anak Berhitung

Sumber :Pixabay.com

Untuk mempercepat cara mengajarkan anak berhitung, kita pun dapat menempel poster berisi angka di dinding. Kita dapat mengenalkan angka tersebut satu demi satu.

Hindari memaksa anak untuk cepat menguasainya. Kita dapat melakukannya secara bertahap. Yang penting adalah anak merasa senang saat mengikuti proses pembelajaran ini, sebab itu merupakan kunci utama agar anak bisa mudah memahami pelajaran yang kita berikan.

Menuliskan Angka

Cara Mengajarkan Anak Berhitung

Sumber : Kidslearn.wordpress.com

Setelah anak hafal dengan nama angka dan bentuknya, kita pun dapat memperkuat ingatan anak dengan mengajaknya menuliskan angka. Kita dapat menyediakan buku tulis serta pensil dan mengajarkan anak untuk menuliskan angka tersebut.

Dengan cara ini, anak pun akan makin cepat memahami konsep bilangan. Walau mungkin tulisan anak terlihat lucu, hindari untuk menertawakannya, sebab dikhawatirkan nantinya akan membuat anak merasa malu. Nantinya, lambat laun tulisan anak akan membaik seiring dengan proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Bernyanyi

Cara Mengajarkan Anak Berhitung

Sumber : Toddler | Merries

Untuk memperkuat memori anak mengenai angka, kita dapat menggunakan cara mengajarkan anak berhitung dengan menggunakan lagu. Anda mungkin masih ingat lagu anak “satu ditambah satu sama dengan dua” kan?

Nah, Anda dapat menyanyikannya dan kemudian mengajak anak menirukannya. Anak paling mudah untuk mengingat suatu hal ketika dilakukan sambil bernyanyi. Anda dapat memanfaatkan lagu-lagu anak tersebut untuk memperkuat konsep bilangan pada anak.

Berikan Buku Berhitung

Cara Mengajarkan Anak Berhitung

Sumber : Lori Hatcher – Blogger

Setelah anak memahami konsep bilangan dan berhitung dengan baik, kita dapat membelikannya buku pintar berhitung. Buku ini berisi contoh-contoh perhitungan yang terdapat banyak gambar di dalamnya.

Misalnya ada beberapa gambar buah dan terdapat kolom yang bisa kita isi angka. Nah, dengan cara tersebut dapat membuat anak cepat pandai berhitung.

Dalam cara mengajarkan anak berhitung, prinsipnya adalah hindari memaksa anak terlalu keras. Kita dapat menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak bersemangat untuk belajar.

Dunia anak adalah dunia bermain. Kita dapat mengajak anak belajar sambil bermain. Dengan demikian, anak pun bersemangat untuk belajar memahami angka dan cara berhitung.

Begitulah cara belajar berhitung yang bisa kita terapkan pada anak kecil. Yuk, coba praktikkan pada putra-putri kita!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Anak Suka Melempar Barang? Yuk, Simak 5 Tips Cara Menghadapinya!Bingung Menyiapkan Bekal Sehat untuk Anak Sekolah? Coba 6 Menu Ini!
All comments (1)

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!