Begini 9 Tips Mengajarkan Anak Puasa Pertama Kali

10 September 2018

puasa ini.Mudah untuk membuat anak belajar puasa pertama kali. Orangtua dapat mencoba tips mengajarkan anak 

Walau anak kecil belum wajib berpuasa, namun mulai menanamkan kebiasaan berpuasa sejak dini sangat baik. Dengan melatih anak puasa sejak kecil, diharapkan nantinya anak terbiasa untuk melakukan ibadah puasa. Namun bagaimana cara mengenalkan puasa pada anak?

Yuk simak tips mengajarkan anak berpuasa berikut ini.

Beri Pengertian Puasa

tips mengajarkan anak puasa

Sumber : hellosehat.com

Orangtua perlu memberikan pengertian pada anak mengapa harus berpuasa. Meskipun anak belum begitu paham, namun dengan memberikan pengertian tersebut diharapkan anak akan lebih terdorong untuk melakukan latihan puasa.

Tidak Harus Puasa Penuh

tips mengajarkan anak puasa

Sumber : abiummi.com

Kita dapat memberi kelonggaran untuk anak saat berlatih puasa pertamakali. Tidak harus berpuasa hingga Maghrib, namun anak bisa melakukannya secara bertahap.

Mungkin pertama kali kita bisa melatih anak berpuasa sampai pukul 10 pagi. Setelah dirasa anak kuat, kita pun dapat mengajak anak meningkatkan durasi waktu puasa hingga pukul 12 siang. Selanjutnya, ketika sudah dirasa kuat, anak pun dapat didorong untuk berpuasa penuh hingga Maghrib.

Berikan Dorongan dan Semangat

tips mengajarkan anak puasa

Sumber : womanblitz.com

Orangtua perlu memberikan dorongan dan semangat saat anak berlatih puasa. Dorongan dari orangtua ini bisa membuat anak merasa senang sehingga anak pun bersemangat untuk menjalankan ibadah ini.

Selain memberi suntikan motivasi, sangat baik jika orangtua memberikan hadiah jika anak berhasil tuntas berpuasa. Sebagai hadiahnya, mungkin kita bisa memberikannya buku atau mainan kesukaan anak.

Siapkan Makanan Kesukaan Anak Saat Berbuka

Tips Mengajarkan Anak Puasa

Sumber : Resep Koki

Untuk menambah semangat anak, kita dapat menyiapkan makanan favorit anak untuk hidangan berbuka puasa. Anak pasti akan merasa bersemangat menjalankan ibadah ini.

Beri Contoh

Tips Mengajarkan Anak Puasa

Abcya4kids.com

Tips mengajarkan anak puasa paling mudah adalah dengan memberinya contoh. Anak adalah peniru ulung. Saat melihat orangtuanya berpuasa, pasti anak ingin tahu apa itu puasa. Kita sebagai orangtua dapat menjelaskannya sekaligus mengajak anak untuk ikut berpuasa.

Kentalkan Nuansa Bulan Puasa

Biar suasana bulan puasa makin terasa, tak hanya mengajak anak belajar puasa, kita pun dapat mengajak anak untuk ikut salat tarawih, mengaji, bersedekah, dan melakukan ibadah lainnya.

Hal ini merupakan tips mengajarkan anak puasa yang sangat efektif. Sebab, anak kita bukan hanya melihat orangtua saja yang puasa, namun  juga orang-orang di sekitar juga berpuasa. Anak pun akan terdorong untuk rajin berpuasa.

Ajak Anak Ngabuburit

Sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba, kita dapat mengajak anak melakukan kegiatan positif seperti menonton film kesukaan, membaca buku, atau bermain.

Kuncinya adalah membuat hati anak senang sehingga puasa bagi anak bukanlah hal yang berat untuk dijalankan.

Berburu Makanan Favorit Anak untuk Buka Puasa

Tips Mengajarkan Anak Puasa

Sumber : Foody.id

Kalau ibu tak sempat menyiapkan makanan favorit anak, kita bisa mengajak anak untuk membeli makanan kesukaaannya itu. Mungkin anak Anda adalah penggemar pizza. Anda dapat mengajak anak Anda membeli makanan tersebut untuk makanan buka puasa. Anak pasti akan senang dan bersemangat melakukan puasa.

Begitulah tips mengajarkan anak puasa yang mudah dipraktikkan. Intinya, kita selalu berusaha untuk membuat kegiatan puasa ini menyenangkan bagi anak.

Berbuka Puasa di Luar Rumah

Sesekali bisa juga kita mengajak anak untuk berbuka puasa di luar rumah. Kita bisa mengajaknya ke tempat makan favorit, mengikuti acara buka puasa bersama, maupun berkunjung ke rumah teman untuk buka puasa bersama.

Banyak tips mengajarkan anak puasa yang bisa kita coba. Selalu tanamkan bahwa puasa itu adalah kegiatan yang menyenangkan dan wajib dilakukan oleh setiap orang Islam. Dengan begitu, anak pun dengan senang hati untuk menjalankannya.

 

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Anak Bertengkar dengan Teman. Haruskah Melerai Mereka?Anak Mendadak Malas Sekolah? Inilah 5 Kemungkinan Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!