8 Winning Skill Yang Perlu Diajarkan Kepada Anak

19 December 2022

 

Winning skills merupakan istilah untuk kemampuan yang perlu dimiliki anak supaya bisa meraih impian dan menjadi pemenang dalam kehidupannya masing-masing. Kemampuan untuk menang ini merupakan bekal bagi anak di masa depan supaya ia siap menghadapi persaingan di dunia kerja, serta menjalani kehidupan sosial dengan baik.

Setidaknya ada 8 winning skills yang perlu dipelajari oleh anak sejak dini. Kedelapan kemampuan tersebut adalah sebagai berikut:-

 

Attention

 

Kemampuan ini bertujuan untuk mengarahkan perhatian anak kepada sesuatu. Dengan demikian anak menjadi lebih peka terhadap keadaan di sekitar dan bisa mengambil keputusan sebaik mungkin. Skills attention ini banyak dipengaruhi oleh motivasi, harga diri, serta integrasi sensorik.

 

Focus

 

Via Freepik

 

Kemampuan untuk fokus atau konsentrasi merupakan tindakan untuk memusatkan pikiran pada 1 objek atau kegiatan di satu waktu tertentu. Pikiran-pikiran tentang hal lain dibuang jauh-jauh hingga 1 pekerjaan selesai. Kemampuan ini akan membantu anak untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu terbatas sekaligus meningkatkan produktivitasnya. Hasil pekerjaan pun akan maksimal karena anak hanya fokus pada hal tersebut.

 

Memory

 

Tanpa memori yang baik, anak-anak tidak bisa membandingkan dan memanfaatkan pengalaman kehidupan di masa lalu. Kemampuan mengingat yang baik juga bisa membantu anak untuk lancar mengikuti materi pembelajaran, berbahasa asing, memecahkan masalah, refleksi diri, serta mengikuti arahan.

 

Language

 

Skills language yang dimaksud kali ini bukanlah kemampuan anak untuk berbahasa asing. Melainkan kemampuan anak untuk memahami dan menuturkan bahasa sehari-hari. Kemampuan ini akan membawa mereka sebagai pribadi yang mudah memahami perkataan orang lain dan menyampaikan ide-ide cemerlang ke hadapan publik. Jika anak mampu berbahasa dengan baik, maka miskomunikasi dapat diminimalisir.

Untuk mengasah kemampuan anak berbahasa atau berkomunikasi, ajaklah anak berbicara sejak dini. Mulai dari membahas hal-hal yang ia sukai dan minta ia menceritakan momen tidak terlupakan di hari tersebut.

 

Psychomotor

 

Via Freepik

 

Psycohomotor atau psikomotorik dalam winning skills meliputi fungsi motorik, gerakan, tindakan, dan psikologi. Melalui kemampuan ini, anak akan mendapatkan pemahaman tentang ruang, waktu, tubuh, objek, dan situasi yang tengah berlangsung.

Untuk melatih psikomotorik anak, ajaklah mereka untuk banyak beraktivitas di luar ruangan alih-alih bermain dengan gadget sepanjang hari.

 

Logic

 

Logic atau logika adalah kemampuan untuk berpikir dengan metode analisa sebab- akibat secara intelektual dan rasional supaya bisa menemukan solusi terbaik. Dengan demikian anak tidak akan menyelesaikan masalah secara semena-mena dan merugikan orang lain, bahkan dirinya sendirinya. Kemampuan logika ini akan membantu anak jadi pribadi yang lebih bijaksana.

 

Reasoning

 

Reasoning memiliki kaitan erat terhadap kemampuan anak menganalisa sebuah informasi. Anak belajar cara memahami sebuah perkara dan membangun proses berpikir. Jika sudah terbiasa, anak-anak akan lebih terampil menyusun strategi untuk mencegah atau meminimalisir resiko terjadinya sebuah masalah.

 

Decision making

 

Via Freepik

 

Apabila tidak dilatih sejak dini, anak-anak cenderung mengikuti keputusan orangtua saja. Tanpa pertimbangan lagi. Kebiasaan ini akan menjadikan anak kesulitan mengambil sebuah keputusan penting ketika sudah dewasa nanti. Celakanya, mereka berpeluang ikut-ikutan teman atau tren yang berlangsung padahal keputusan tersebut belum tentu tepat. Mulailah ajarkan anak untuk skill decision making dari hal yang sederhana. Misalnya mau makan apa hari ini atau baju apa yang akan dikenakan untuk liburan besok.

Itulah kedelapan skill yang perlu terus dilatih hingga mereka menguasainya dengan baik.

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 1284

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a reply
Anak Belajar Menulis, Ternyata Ini SebabnyaCiri-ciri Anak Jenius

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Live Chat via Whatsapp!