7 Trik Sederhana Agar Anak Gemar Makan Sayur

5 December 2018

Kebanyakan anak kecil tidak suka sayuran. Biasanya kalau ada sayuran di piring, mereka cenderung akan menyisakan atau bahkan memuntahkannya kalau sudah telanjur masuk mulut. Membuat anak gemar makan sayur seakan sangat sulit. Kurangnya asupan gizia kibat tidak mengonsumsi sayuran membuat banyak orang tua khawatir.

Jangan dipaksa, memaksa justru akan membuat anak semakin membenci sayuran. Banyak caraagar anak gemar makan sayuran. Berikut ini 7 trik sederhana yang bisa diterapkan.

Kenalkan Anak pada Sayuran Sejak Dini

Anak Gemar Makan Sayur
feedingmykid.com

Sayur adalah makanan sehat yang bergizi tinggi. Buat anak mengenal itu. Untuk langkah awal tidak perlu memaksanya suka, Anda hanya perlu mengenalkannya dengan cara yang menarik. Dengan begini, si kecil akan mengerti betapa penting dan nikmatnya mengonsumsi sayuran.

Jangan Sembunyikan Sayuran

Anak Gemar Makan Sayur
onceuponafarmorganics.com

Menyembunyikan sayuran adalah solusi jangka pendek yang bisa berakibat fatal untuk jangka panjang. Anak akan beranggapan bahwa ia telah ditipu, hal ini justru berakibat anak semakin tidak suka sayuran.

Perlihatkan dan perkenalkan bahwa sayuran itu enak dan bergizi. Perlihatkan bentuk, rupa,rasa dan aromanya. Jangan justru disembunyikan dalam makanan. Perlahan pasti anak akan menyukai sayuran.

Berikan Penyajian Menarik pada Masakan Sayur

Anak Gemar Makan Sayur
myaccount.news.com.au

Menyajikan sayuran dengan tampilan biasa tentu akan terlihat membosankan. Oleh karena itu, salah satu cara agar anak gemar makan sayuran adalah dengan memperlihatkan hal-hal menarik. Makanan dengant ampilan menarik tentu akan lebih menggugah selera makan. Anak yang semula tidak tertarik menjadi penasaran dan ingin mencicipi masakan Anda.

Jadilah Panutan

Anak Gemar Makan Sayur
losebabyweight.com.au

Anak adalah cerminan orang tua, jadi untuk menarik minat anak Anda juga harus memberikan contoh padanya. Perlihatkan padanya bahwa Anda juga suka sayuran karena enak dan menyehatkan. Cepat atau lambat cara ini akan mampu membuatnya tertarik, bahkan membuat anak gemar makan sayur.

Tawarkan Semua Jenis Sayuran

Anak Gemar Makan Sayur
verywellfamily.com

Anak mungkin tidak menyukai beberapa jenis sayuran. Namun jangan menyerah, sayuran yang sehat dan bergizi sangat banyak jenisnya. Anda bisa memberikannya satu per satu. Bisa saja anak membenci sayur kol tapi sangat menyukai wortel atau bayam. Kuncinya, jangan patah semangat ketika anak berusaha menghindar atau bahkan memuntahkan sayur yang telah Anda masak dengan perjuangan.

Masak Bersama

Anak Gemar Makan Sayur
foodnetwork.com

Masak bersama bisa menjadi salah satu opsi untuk membuat anak gemar makan sayur. Berikan pemahaman dan pengetahuan bahwa memasak sayur hingga bisa dimakan dan nikmat membutuhkan waktu dan perjuangan yang tidak sebentar. Dengan mengetahui proses anak akan lebih menghargai masakan, terutama sayur.

Beri Anak Hadiah

Anak Gemar Makan Sayur
quickanddirtytips.com

Sesekali Anda perlu menjanjikannya hadiah atas usahanya untuk makan sayuran. Tidak perlu berlebihan, Anda bisa memberikannya hadiah sederhana seperti buku cerita yangbaru atau mainan edukatif. Dengan begini anak akan termotivasi untuk selalu menghabiskan sayuran yang ada di piringnya. Dengan begitu, cepat atau lambat hal ini justru akan membuat anak gemar makan sayuran dan mulai terbiasa tanpa diiming-imingi hadiah.

Memberikan pehamanan pada anak tentang pentingnya makan sayur memang sulit, apalagi sampai membuat anak gemar makan sayur. Namun dengan beberapa trik sederhana ini, bukan tidak mungkin anak bahkan akan menjadi ketagihan untuk ingin makan sayur setiap hari.

Nah, tugas orang tua adalah selain memberikan kebutuhan sayuran yang cukup, harus tetap memperhatikan sayuran yang diberikan sehingga tidak sampai memberikan sayuran yang tercemar yang justru berbahaya bagi tubuh si kecil yang rentan terhadap penyakit.

Leave a reply
Ayah dan Bunda, Yuk, Tingkatkan Kreativitas Anak dengan Menggambar7 Cara Membentuk Kepribadian Anak Sejak Dini

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Free Call

We are pleased to answer all your questions

+62 888 1 800 900
Recent Posts
Live Chat via Whatsapp!